Penyebab Mesin Diesel Bunyi Tek Tek Tek : 4 Penyebab Dan Cara Memperbaiki

Penyebab Mesin Diesel Bunyi Tek Tek Tek - Ada beberapa komponen sebagai penyebab mesin diesel bunyi tek tek tek. Penyebab ini berjalan bukan hanya pada mesin diesel. Tetapi mesin bensin bisa berjalan namun mesin diesel memiliki cycle yang lebih keras dibandingkan mesin bensin. Karena itu mesin diesel berpotensi yang besar berlangsungnya bunyi tek tek tek.

Bunyi kletek-kletek pada mesin mobil bisa menyaratkan ada persoalan serius pada komponen internal mesin dan bisa juga karena banyak hal yang sepele. Karena itu perlu dilaksanakan pengecekan untuk menahan berlangsungnya kerusakan selanjutnya.

Suara yang dibuat seperti ketukan logam ini bisa tampil waktu mesin dihidupkan, ataupun waktu mobil dipacu. Pemilik mobil harus bisa minimum menganalisa bunyi ini bermula darimanakah dan apa pemicunya. Agar semakin terangnya berikut pembahasan berkaitan mesin diesel bunyi tek tek tek.

penyebab mesin diesel bunyi tek tek tek

Penyebab Mesin Diesel Bunyi Tek Tek Tek

1. Celah katup lebar

Salah satunya penyebab munculnya bunyi tek tek tek pada mesin diesel ialah sela katup yang terlampau lebar. Ini bisa terjadi saat mesin dingin dan perputaran idle mesin telah mengeluarkan bunyi. Buat anda yang masih belum ketahui apa itu celah katup. Celah katup adalah satu jarak atau celah di antara batang katup dengan rocker arm. Peran celah ini sebagai batas toleransi pada batang katup waktu memuai, jadi saat mesin panas otomatis ada pemuaian karena batang katup mempunyai bahan logam. Pemuaian ini akan membuat ukuran batang katup semakin memanjang sampai bila tidak ada celah pemanjangan batang katup ini justru akan menekan katup sampai katup akan terus terbuka.

Standar pada celah katup umumnya memiliki panjang maksimal 0,3mm dan celah ini harus di set ulang waktu servis periodik karena celah ini dapat berlainan bertepatan pemakaian. Jika anda melepas proses geprekelan katup waktu servis periodik, karenanya celah katup semakin bertambah lebar. Jika celah katup semakin lebar karenanya suara ketukan antara rocker arm dengan batang katup akan semakin keras sampai terdengar tek tek tek. Proses penyetelan katup ini bisa menggunakan obeng dan kunci ring 10.

Pada mobil berteknologi baru sudah mengimplementasikan proses HLA atau yang sering dikenal sebagai Hydraulic Lash Adjuster di mana proses ini sepertikan celah katup secara otomatis karena itu jika mobil anda menggunakan HLA ini karenanya dapat ditekankan HLA nya lah yang alami kerusakan. Betul-betul persoalan ini terhitung mudah karena tidak memiliki dampak bermakna pada perform mesin. Tapi penyebab mesin diesel bunyi tek tek tek ini hanya dapat didengarkan waktu mesin pada kondisi idle, saat di gas biasanya bunyinya akan hilang.

2. Bantalan Crankshaft Aus

Disamping itu bantalan crankshaft aus dapat jadi penyebab mesin diesel bunyi tek tek tek. Crankshaft atau kutub engkol adalah proses gerakan naik tuun piston jadi gerakan berputar. Pada kutub engkol ini ada dua buah bantalan yaitu main bearing (bantalan kutub engkol pada blok silinder) dan concord bearing (bantalan batang piston pada kutub engkol). Jika diantaranya bantalan alami keausan, karenanya kutub engkol tidak pas di tempatnya sampai walau mempunyai wujud kecil dengan kedatangan RPM mesin yang makin tinggi menjadi penyebab mesin diesel bunyi tek tek tek. Bunyi ini akan terdengar betul-betul jelas terutamanya waktu mesin RPM sedang tinggi dan waktu mesin di gas.

Jalan keluarnya tidak lain dan tidak bukan anda harus mengganti bantalan itu. Penggantian ini direkomendasikan untuk ke bengkel. Karena membutuhkan perform tambahan, karena letak kutub engkol berada di bawah piston sampai harus melepas banyak komponen bawah mesin.

3. Oli Belum Naik

Penyebab mesin diesel bunyi tek tek tek seterusnya adalah waktu oli belum naik. Ini kerap berjalan saat pagi hari atau waktu anda pertama kali nyalakan mesin setelah mesin mati sejauh beberapa hari. Oli mesin tertampung pada bak oli yang mana ada pompa oli yang dipakai untuk mensirkulasi oli ke semua segi mesin.

Tapi pompa oli hanya aktif waktu mesin hidup dan otomatis akan mati jika pada kondisi mati dan tidak akan ada putaran oli dan oli awalannya yang awalannya mengolesi segi kepala silinder akan turun ke bak oli. Karena oli yang ada dalam kepala silinder turun ke bak oli dapat ditekankan kepala silinder jadi kering. Sampai waktu mesin di start untuk pertama kali otomatis akan bunyi tek tek tek. Namun bunyi ini akan hilang dengan sendirinya ketika oli sudah naik.

Proses ini dilihat normal apalagi jika mesin tidak dinyalakan dalam sebulan. Tapi jika saat yang dibikin cukup lama kesempatan volume oli mesin kurang atau ada kerusakan pada putaran oli seperti pompa oli remuk atau jalur oli tersumbat. Jika persoalan ini tampil beberapa ciri-ciri paling sering ditemukan adalah menyalanya tanda oli pada instrument di dashboard dan mesin alami overheat dan cenderung keluarkan bunyi kasar. Jika signal ini tampil sesegera bawa ke bengkel syah dan tidak ditunda.

4. Engine Knocking

Penyebab paling akhir munculnya bunyi tek tek tek pada mesin diesel ialah engine knocking. Engine knocking atau yang sering disebut ngelitik adalah suara sama ketukan logam yang dari pembakaran yang tidak sempurna. Biasanya karena oleh anda menggunakan bahan bakar dengan oktan rendah atau tidak seperti standar yang direkomendasikan pabrikan. Bunyi ini bukan karena oleh komponen aus atau rusaknya segi mesin jadi anda tidak perlu demikian cemas. Beberapa ciri - beberapa ciri knocking adalah berjalan waktu RPM rendah, waktu di gas bunyi tidak demikian terdengar dan bunyi sering terdengar di wilayah blok silinder.

Cara Memperbaiki Mesin Bunyi Tek Tek Tek

Untuk proses memperbaiki mesin diesel yang bunyi tek tek tek bisa dilaksanakan dengan tune up mesin. Beberapa pekerjaan yang bisa dilaksanakan misalnya:

  1. Bersihkan filter oli dengan teratur
  2. Bersihkan busi dari kerak hitam
  3. Pergantian oli dengan teratur
  4. Pakai engine flush saat ingin mengganti oli, engine flush ini berperanan merontokan kerak pada putaran oli. Trick-nya tinggal campur engine flush dalam oli mesin, lalu hidupkan sekitar 5 menit. Kemudian melakukan pengurasan oli, dan isi dengan oli baru.
  5. Mengganti filter bensin, umumnya mobil sekarang ini hanya menggunakan klem sederhana jadi cukup kontributor obeng kita bisa mengganti filter ini sendiri.
  6. Gunakan injector cleaner yang digabung dalam bensin dalam tanki.

Di atas sebagai beberapa penyebab mesin diesel bunyi tek tek tek. Mudah-mudahan bisa menambahkan wacana pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Penyebab Mesin Diesel Bunyi Tek Tek Tek : 4 Penyebab Dan Cara Memperbaiki"