Ciri Selang Radiator Harus Diganti : 8 Ciri Dan Ulasannya

Ciri Selang Radiator Harus Diganti - Selang radiator bila jadi perhatian sepintas memang tidak kelihatan begitu penting. Namun apabila terjadi kerusakan dan tidak diganti akan menyebabkan kerusakan fatal. Lalu apa saja ciri selang radiator harus diganti?

Selang radiator mempunyai peranan penting untuk memperlancar proses pendinginan mesin yakni sebagai tempat mengucurnya air mesin bersuhu panas ke radiator untuk di dinginkan.

Dalam penggunaanya terdapat dua tipe selang radiator yaitu selang besar untuk menyirkulasikan air radiator / coolant. Sementara yang kecil menyalurkan coolant di sejauh intake manifold. Selang radiator bekerja pada temperatur yang lumayan tinggi, karenanya selang ini dibuat dari material karet yang tahan panas. Walau demikian, selang ini dapat aus dengan seiringnya waktu dan perlu diganti.

Tanpa selang radiator yang berperan secara baik, karena itu semua mekanisme pendinginan mesin akan terusik bahkan juga dampaknya dapat membuat mesin rusak kronis.

Karena itu, dalam lakukan pengecekan mekanisme pedingin mesin, karena itu kita perlu untuk mengecek selang radiator ini dengan cermat. Untuk lebih jelasnya terkait ciri selang radiator harus diganti akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

ciri selang radiator harus diganti

Ciri Selang Radiator Harus Diganti

1. Sobek/Pecah

Beberapa ciri paling terang bila selang radiator telah harus diganti ialah saat selang radiator telah sobek atau pecah. Selang radiator yang sobek atau pecah dapat membuat kebocoran air radiator di mana dampaknya dapat membuat kerusakan berat dimesin seperti silinder head bengkok, piston macet dan silinder blok baret.

Selang radiator yang sobek dapat disebabkan oleh bermacam factor misalnya umur penggunaan, tergores benda keras yang lain di sekitar selang, sampai terserang pentalan kerikil tajam saat mengemudi. Bila saat pengecekan selang radiator kelihatan sobek dan pecah, ini telah menjadi tanda untuk menukar selang radiator

2. Keras dan retak-retak

Beberapa ciri selang radiator harus diganti setelah itu saat selang radiator telah kelihatan retak retak atau keras saat digenggam. Selang adiator biasanya dibuat berbahan karet yang dilapis hubungan benang ditengahnyanya.

Bersamaan dengan umur gunakan dan beban kerja karena panas dari air radiator, karet selang radiator ini makin lama bisa menjadi keras, tidak plastis serta kelihatan retak-retak. Pada beberapa keadaan, ombro pernah mendapati, penampilan luar selang masih kelihatan bagus, tetapi saat selang radiator dipijit, selang berasa keras dan berasa banyak retakan disamping sisi dalamnya.

Bila sahabat mendapati keadaan selang radiator yang begitu, karena itu seharusnya ganti selekasnya selang radiator itu sama yang baru.

3. Menggembung saat terserang penekanan

Selang radiator dibikin secara eksklusif hingga tidak gampang berbeda wujud saat terjadi penekanan tinggi di dalam selang. Di dalam selang radiator biasanya ada hubungan benang-benang yang kuat hingga ketika berada penekanan dalam aliranpendingin mesin, selang radiator tidak menggembung.

Bila sahabat mendapati selang radiator menggembung saat terjadi penekanan, ini mengisyaratkan jika hubungan benang di dalam selang telah putus hingga karet selang jadi menggelembung. Ini sudah pasti jangan didiamkan karena selang dapat pecah setiap saat tanpa kita ketahui hingga bisa mengakibatkan mesin overheat.

4. Telah dipakai lebih dari 5 tahun

Beberapa ciri selang radiator harus diganti yang paling akhir ombro kenali ialah saat selang radiator telah dipakai lebih dari 5 tahun. Ya, umur selang radiator biasanya cuman tahan sampai 5 tahun saja.

Lebih dari 5 tahun, umumnya selang akan alami pertanda pengurangan kualitas seperti kears, retak-retak sampai pecah. Karena itu, benar-benar disarankan untuk lakukan pergantian selang radiator saat umur selang telah lebih dari 5 tahun ke atas untuk menghindar pecahnya selang seaktu-waktu tanpa kita ketahui.

5. Indikator temperatur di dashboard menunjukkan temperatur yang tinggi

Selain itu ciri selang radiator harus diganti bisa jadi indikator temperatur menyala. Kerusakan pada sistem pendinginan akan menyebabkan kinerja dari sistem pendinginan tidak maksimal. Hal inilah yang akan menyebabkan lampu indikator menyala.

6. Air radiator / coolant berkurang atau habis

Apabila selang radiator telah mengalami kebocoran maka tentu air radiator akan habis lama kelamaan. Oleh karena itu ciri lain selang radiator harus diganti dapat juga berasal dari air radiator yang cepat habis.

7. Genangan air radiator / coolant di lantai

Kebocoran selang akan menyebabkan timbulnya genangan air radiator pada lantai. Oleh karena itu perlu pengecekan lebih lanjut darimana genangan air radiator di lantai, apakah dari selang atau sistem pendingin yang lain.

8. Mobil overheat  

Ciri lain selang radiator harus diganti adalah timbulnya overheat pada mesin. Kebocoran pada selang radiator dapat menyebabkan proses pendinginan tidak maksimal sehingga temperatur mesin akan meningkat.

Diatas adalah ulasan terkait ciri selang radiator harus diganti. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Ciri Selang Radiator Harus Diganti : 8 Ciri Dan Ulasannya"