Cara Reset ISC Avanza : 2 Cara Dan Ulasannya

Cara Reset ISC Avanza - Salah satunya permasalahan umum yang sering ditemui oleh mobil avanza atau beberapa mobil bersistem EFI yang lain ialah rpm turun naik. Pengatasan umum yang sering dilaksanakan dengan lakukan pembersihan Throttle bodi atau menukar elemen yang namanya Idle Speed Control valve (ISC) motor.

Mekanisme ISC Valve dipakai pada mesin EFI sebagai alternatif skrup ISAS( idle speed adjusting Screw) dan Skrup IMAS (Idle Mixture Adjusting Scre) yang ditata lewat cara manual. Komponen ini dikendalikan secara electronic oleh ECU.

Sesudah dilakukan pergantian ISC valve motor, rpm idling mesin tetap tinggi. Yang umum terjadi ialah rpm mesin tetap tinggi dan tidak ingin turun-turun. Untuk tangani permasalahan ini, salah satunya cara paling mudahnya dengan lakukan reset, baik pada ECU atau ISC nya.

Tetapi awalnya, sebentar sesudah proses bongkar-pasang ISC motor, ECU secara automatis akan lakukan inisialisasi atau penentuan nilai awalnya status ISC valve pada lubang di Throttle bodi. Inisialisasi ISC diikuti dengan timbulnya suara dan getaran dari tubuh ISC yang dapat kita dengar dan rasakan sesudah ISC dipasang. 

Untuk hal tersebut maka perlu cara reset ISC Avanza yang akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

cara reset ISC Avanza

Cara Reset ISC Avanza

Sesudah bersihkan Throtle bodi dan Isc Valve atau sesudah beli isc valve dan menempatkan ISC baru umumnya ujung karet isc yang berperan untuk mengendalikan sela pembukaan aliran udara pada umumnya pada status mundur atau masih ada di belakang, hingga sesudah terpasang dan mesin dihidupkan akan mengakibatkan rpm tinggi tidak dapat turun di bawah seribu, rpm normal avanza xenia saat idle ialah seputar 700 rpm s/d 800 rpm. Karenanya sahabat otomotif harus kerjakan inisiasi Isc valve supaya perputaran idle normal kembali.

1. Menggunakan Kunci Kontak

Berikut cara atau proses inisiasi katup isc ataupun lebih dikenali dengan istilah reset Isc Valve, cara inisiasi ini dilaksanakan bila pertama throttle bodi dibikin bersih atau ditukar, ke-2 ecm atau ecu ditukar dan ke-3 ISC valve dibikin bersih atau ditukar, berikut proses inisiasi ISC valve: 

  • Pertama Putar kunci contact atau switch pengapian ke status On (tidak boleh menstarter mesin) dan nantikan sepanjang 5 detik (kalkulasi sampai perhitungan 5).
  • Seterusnya Putar kunci contact atau switch pengapian ke status OFF dan nantikan kurang lebih sepanjang 15 detik (kalkulasi sampai perhitungan 15).
  • Putar switch pengapian ke status On kembali dan teruskan nyalakan mesin.

2. Melepas Klem Baterai

a. Putar kunci contact ke status OFF

Cara pertama kali yang perlu dilaksanakan sebagai cara me-reset isc avanza dengan memutar kunci contact pada status OFF untuk memutuskan semua saluran listrik dari aki ke elemen kelistrikan yang lain di mobil.

b. Terlepas klem pengikat terminal aki negatif

Sesudah kunci contact di OFF-kan, cara seterusnya yang pelu dilaksanakan ialah melepaskan klem aki negatif. Pakai kunci 10mm untuk mengendorkan baut pengikat klem lalu bebaskan kabel negatif yang melekat di terminal negative accu.

c. Putar kunci contact ke status ON

Saat klem aki negatif telah lepas, putar kembali kunci contact ke status ON. Diamkan sebentar keadaan ini (klem aki negatif lepas, kunci contact status ON) dan tunggu seputar 10-15 detik.

d. Pasang klem aki negatif

Sesudah 15 detik, gunakanlah kembali klem aki negatif dan mengencangkan sesuai peristiwa pengencangan yang disarankan (atau mengencangkan seckupnya). Saat menempatkan klem aki negatif ini, diamkan status kunci contact masih pada status ON.

Saat kita awali tempelkan klem aki negatif ke terminal aki, semestinya pada tubuh ISC ada getaran dan bunyi. Apabila kejadian tersebut terjadi maka ECU sedang melakukan inisialisasi pada ISC hingga ISC bisa kembali bekerja dengan normal.

e. Putar kunci contact ke status START dan nyalakan mesin mobil

Sesudah penempatan klem aki negatif usai, putar kunci contact dari status ON langsung ke status START untuk menstarter dan hidupkan mesin. Bila keadaan temperatur mesin dingin, biasanya akan terjadi kenaikan rpm dari rpm idling sepanjang sesaat dan balik ke status rpm normal (750-850 rpm)

Biasanya cara reset ISC avanza semacam ini bisa menangani menangani permasalahan rpm avanza yang masih tinggi sesudah bongkar-pasang ISC. Tetapi, bila cara reset isc avanza ini masih tidak berhasil dan rpm mesin tetap tinggi, karena itu sebaiknya untuk lakukan pengecekan kembali keadaan penempatan ISC.

Berikut sejumlah kekeliruan yang sering terjadi saat penempatan ISC

  • Karet seal telah hancur dan tidak ditukar baru hingga udara bocor
  • Lubang ISC di throttle bodi ada kotoran hingga menggajal pintle penutup lubang ISC.
  • ISC yang dipakai mempunyai ukuran berlainan hingga tidak sesuai lubang di dalam throttle bodi.
  • Penempatan soket ISC kendor atau mungkin kurang kuat.

Rpm avanza tinggi sesudah tukar ISC kesempatan ini ialah karena ujung karet depan ISC yang baru saja dibeli mempunyai ukuran diameter lebih kecil 0,5 mm dari dari ISC yang lama, dan ini mengakibatkan semakin banyak udara masuk di ruangan bakar hingga rpm idle mesin semakin tinggi dari umumnya.

Diatas adalah beberapa cara reset ISC avanza yang dapat digunakan apabila eror setelah perbaikan atau penggantian ISC. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Cara Reset ISC Avanza : 2 Cara Dan Ulasannya"