Rem Mobil Bunyi : 9 Penyebab Dan Cara Mengatasinya

Rem Mobil Bunyi - Salah satu permasalahan yang terjadi pada sistem rem mobil yaitu bunyi. Bunyi pada rem mobil tentu sangat mengganggu ketika perjalanan. Lalu apa saja penyebab rem mobil bunyi dan bagaimana cara mengatasinya?

Saat Diinjak Rem mobil saat diinjak semestinya dapat berasa pakem, karena pengereman adalah proses penting pada suatu mobil. Kamu harus memerhatikan keadaan rem karena memiliki peran yang besar untuk meredam pergerakan mobil agar stop. Bila tidak dirawat, rem tidak berperan dengan optimal dan memiliki masalah, bahkan juga dapat mengakibatkan kecelakaan.

Tanpa mekanisme pengereman yang bekerja secara baik, karena itu mengemudi juga jadi kurang nyaman dan aman. Masalah yang kronis pada mekanisme pengereman, misalkan rem blong, bahkan juga beresiko tinggi memunculkan kecelakaan jalan raya. Ada pula gangguan-gangguan yang karakternya tidak begitu penting. Diantaranya ialah rem mengeluarkan bunyi saat pedal diinjak.

Bila didiamkan, rem yang mengeluarkan bunyi terang akan mengusik kenyamanan mengemudi. Berikut merupakan ulasan mengenai penyebab rem mobil bunyi dan cara mengatasinya.

rem mobil bunyi

Rem Mobil Bunyi

1. Kampas Rem Tipis

Kampas rem ialah elemen yang memiliki bentuk seperti bantalan. Peranan kampas rem untuk perlambat atau hentikan piringan cakram yang berputar-putar.

Kampas menahan perputaran cakram rem (disc brake) sampai akhirnya stop. Perputaran cakram ini benar-benar kuat hingga sanggup mengurangi permukaan kampas rem.Makin kerap AutoFamily memakai mobil dan mencapai pedal rem, kampas juga cepat tipis.

Di saat bantalan kampas rem tipis, karena itu cakram rem akan bersinggungan langsung dengan sisi besi dari kampas rem. Saat pedal rem diinjak, karena itu muncul suara berdecit.  Bila ini terjadi akan mengakibatkan piringan cakram rem kerap bersinggungan dengan plat pencapit kampas rem. Karena gesekan itu akan mengakibatkan gesekan besi jadi kerap kedengar saat penginjakan rem.

Kampas rem perlu dilaksanakan pengujian minimal setahun sekali. Apalagi mobil yang kerap digunakan lewat lajur berat, macet, dan jalanan turun maka harus dilaksanakan pengecekan bisa lebih cepat.

2. Cakram dan Teromol yang Tidak Rata

Penyebab setelah itu keadaan cakram rem yang tidak rata. Pemicunya ialah kampas rem dan teromol yang kerap bersinggungan secara berkali-kali hingga permukaan jadi kurang rata.

Kecuali memunculkan bunyi yang kurang menyenangkan, cakram dan tromol itu akan membuat mobil bergetar saat pengeraman. Untuk pengatasannya bergantung dengan keadaan cakram atau tromol mobil itu.

Bila tidak begitu kronis bengkel akan lakukan pembaruan dengan membubut agar permukaan cakram rata seperti sebelumnya. Tetapi bila keadaannya telah kronis dapat dengan menukar cakram mobil kamu sama yang baru.

3. Rem Kotor

Makin kerap mobil dipakai kesempatan untuk rem kotor makin besar khususnya saat hujan. Jalanan basah membuat kotoran dan debu mengeras selanjutnya membuat susunan tipis yang menempel pada permukaan kampas rem dan cakram.

Dampaknya saat rem itu diinjak tidak dapat berperan dengan mulus bahkan juga dapat mengakibatkan suara yang cukup bising.

Supaya rem tidak mengeluarkan bunyi dan dapat berperan seperti mestinya, kamu dapat bersihkan dengan cairan khusus pencuci rem.

Untuk hasil optimal, sebaiknya kamu melakukan di bengkel sah Toyota hingga saat ada permasalahan yang lain dapat langsung diperbaiki.

4. Mekanisme Rem Macet

Mekanisme rem macet ini disebabkan karena piston rem yang telah alami kerusakan hingga tidak dapat bergerak secara baik.

Hal tersebut mengakibatkan saat rem dijejak, kampas tidak dapat lakukan penekanan secara baik.

Mekanisme rem yang macet akan mengakibatkan mobil berasa berat karena piston tidak dapat balik ke tempat awal.

5. Tetes Oli

Oli yang menetes bukan hanya mengusik pada proses pengereman, tetapi bisa juga memunculkan bunyi berdecit.

Hal tersebut karena oli dapat membuat kampas dan disc brake jadi lebih licin saat bersinggungan. Untuk menanganinya selalu teratur check oli mobil agar tidak bocor dan merembes kemana saja.

6. Pemakaian kampas rem yang tidak berkualitas

Ketika menentukan kampas rem baru juga seharusnya AutoFamily waspada. Saat ini ada banyak merk kampas rem yang lain.

Bila disaksikan sepintas, memang penampilannya tidak berbeda jauh. Tetapi, untuk masalah kualitas, pasti ada banyak merk yang kwalitasnya lebih bagus bila dibanding dengan merk yang lain.

Panduan aman yang penting diingat ialah selalu tentukan merk sesuai mobil Toyota Anda. Lebih bagus kembali bila AutoFamily memakai suku cadang sah yang dikeluarkan Toyota.

Jangan sampai tergoda dengan kampas rem yang dibandrol harga terjangkau. Harga terjangkau bisa saja karena material yang dipakai tidak mempunyai kualitas optimal, hingga kurang sanggup meredam perputaran piringan cakram rem.

7. Pedal rem kekurangan pelumas

Kecuali kampas dan cakram rem, bunyi berdecit bisa juga tiba dari sisi dalam kabin, persisnya pada pedal rem tersebut. Ya, pedal rem yang kekurangan pelumas rupanya dapat memunculkan decitan saat diinjak.

Untuk menanganinya, Anda cukup memulasi pedal rem dengan pelumas. Bila sulit mencapainya, seharusnya Anda bawa mobil ke bengkel supaya mekanik kelak membedah pedal rem dan memberi pelumas.

8. Terkena air

Penyebab rem mobil bunyi saat diinjak setelah itu karena recikan air. Permasalahan ini biasanya muncul saat musim hujan datang. Di saat musim hujan datang, jalanan bisa menjadi becek atau bahkan juga banjir.

Recikan dari kubangan air di jalan ini selanjutnya berkenaan mekanisme pengereman dan mengurangi pelumas rem.

Keadaan semacam ini sesungguhnya tidak begitu beresiko karena air akan jadi kering sendirinya. Tetapi, sebaiknya untuk memberi pelumas tambahan saat mekanisme pengereman terserang recikan air.

9. Masalah pada mekanisme transmisi

Penyebab paling akhir rem mobil bunyi saat diinjak ialah ada masalah pada mekanisme transmisi. Point ini khusus untuk mobil dengan mekanisme transmisi automatis.

Bunyi berdecit yang ada pada rem disebabkan karena mekanisme transmisi yang ketahan karena Anda mencapai pedal rem. Ini bukan satu permasalahan karena akan raib sendirinya.

Cara mengatasi rem mobil bunyi saat diinjak

Sesudah ketahui apa penyebab rem mobil bunyi saat pedal diinjak, saat ini waktunya mengulas mengenai jalan keluarnya. Penuntasannya pasti berbeda, sesuaikan dengan pemicunya.

Untuk Anda yang alami masalah pada kampas rem, seharusnya selekasnya menukar kampas rem lama sama yang baru. Pilih kampas rem yang berkualitas. Sebaiknya Anda memakai suku cadang yang sah dikeluarkan oleh Toyota.

Tetapi, bila permasalahan berada pada kotoran yang melekat, jalan keluarnya ialah bersihkan permukaan rem, khususnya sisi cakram rem. Bagaimana bila Anda kesusahan untuk bersihkan mekanisme pengereman sendiri?

Langsung tiba ke bengkel supaya permasalahan itu diatasi oleh teknisi yang telah pakar. Mengamplas permukaan kampas supaya tidak slip saat proses pengereman adalah salah satu perawatan untuk mencegah rem mobil bunyi.

Diatas adalah alasan terkait rem mobil bunyi mulai dari penyebab rem mobil bunyi, dan cara mengatasinya. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Rem Mobil Bunyi : 9 Penyebab Dan Cara Mengatasinya"