Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Kunci Kontak Longgar : 3 Cara Dan Perawatannya

Kunci Kontak Longgar Atau Dol - Terdapat beberapa permasalahan yang sering terjadi pada kunci kontak salah satunya yaitu longgar atau dol. Lalu bagaimana cara mengatasi kunci kontak longgar atau dol? Bagaimana cara merawat kunci kontak agar tidak cepat dol atau longgar?

Kunci kontak sebagai sisi penting dalam sebuah kendaraan. dengan kunci kontaklah kita pakai untuk mengoprasikan kendaraan kita, baik itu mobil atau motor.

Sudah pernahkah kalian alami yang saat kunci kontak telah di status on, tetapi anak kuncinya dapat dilepaskan. Semestinya tidak dapat dilepaskan kan, jika itu terjadi maknanya kunci kontaknya mulai aus pada bagian anak kuncinya.

Ini biasa muncul karena umur penggunaan, jadi seharusnya kerjakan pembaruan dan jangan diabaikan. Ngerinya kuncinya lepas saat kita gunakan mengemudi. Untuk lebih jelasnya terkait cara mengatasi dan merawat kunci kontak longgar atau dol akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

kunci kontak longgar

Cara Mengatasi Kunci Kontak Longgar Atau Dol

Terdapat beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi kunci kontak yang longgar atau dol. Kerjakan beberapa cara di bawah ini:

1. Membuat Duplikat Kunci

Kalian tinggal ke tukang duplikat kunci untuk membuat anak kunci baru, umumnya anak kunci yang los itu pada permukaan giginya itu menngalami keausan hingga dia tidak mengigit kembali ke atas gigi pada rumah kunci. Untuk ongkosnya seputar 20-30 per 1 biji kunci.

2. Tukar 1 Set Konci Kontak

Bila menggunakan cara menduplikat anak kunci masih los karena itu lakukan pergantian 1 set langsung kunci kontaknya. untuk harga kunci kontak yang original lumaian mahal, jenis punya New Jupiter MX itu harga seputar 250 ribu, jika yang KW nya umumnya sich murah saja seputar 100 beberapa ribu.

3. Gunakan Karet Pengaman Tabung Gas 3kg

Kemungkinan cara yang ketiga ini sebagai cara yang murah dan meriah, tetapi tidak seluruhnya tipe kendaraan dapat memakai cara yang ketiga ini ya. Seperti Jupiter MX lama itu tidak dapat memakai cara yang ketiga ini ya, cara yang ketiga ini cuman dapat dipakai seperti motor New Jupiter MX, Scoopy, Jupiter Z New dan lain lain. Pokoknya motor yang mempunyai lubang kunci kontak yang semakin besar.

Kalian hanya memakai sel pengaman tabung gas 3kg saja buat amankan kunci kontak supaya tidak terlepas dari tempat tinggalnya saat status ON. Sel tabung gas itu cukup ditempatkan di ermukaan lubang kunci kontaknya saja.

Tips Agar Kunci Kontak Tidak Cepat Longgar

Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk merawata kunci kontak yaitu:

  1. Lakukan perawatan pada kunci kontak, triknya cukup diberi pelumas pada lubang kunci kontaknya. Kalian dapat pakai WD-40 untuk memulasinya. Tidak boleh pakai oli sisa ya, ngerinya kelak justru membuat kotor kunci kontaknya.
  2. Tidak boleh di bebani kunci kontak dengan beban yang berat ya, itu tidak disarankan karenanya dapat menghancurkan gigi yang berada di kunci.
  3. Jika kembali membersihkan upayakan tidak boleh menyirami langsung ke lubang rumah kunci ya.
  4. Masuk/keluar saran anak kunci dengan status yang cocok ya, bila keras tidak boleh diminta. Umumnya jika keras itu ank kuncinya tidak lempeng kembali
  5. Lakukan panduan di atas supaya kunci kontak kendaraan kalian menjadi lebih tahan lama dan tidak gampang longgar. Mudah-mudahan artikel ini berguna.

Diatas adalah ulasan mengenai cara mengatasi kunci kontak los atau longgar dan perawatan kunci kontak agar tidak cepat dol. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Kunci Kontak Longgar : 3 Cara Dan Perawatannya"