Penyebab Motor Ngebul : 8 Penyebab Dan Ulasannya

Penyebab Motor Ngebul - Terdapat beberapa penyebab yang menjadikan motor ngebul atau keluar asap. Asap atau ngebul ini sebenarnya tanda terjadi kerusakan pada motor atau mesin kendaraan. Lantas apa saja penyebab motor ngebul?

Pada motor 4 tidak semestinya tidak keluarkan asap baik bebek, skutik, ataupun tipe sport. Disamping itu pada motor injeksi, performa motor lewat proses komputerisasi sehingga kekeliruan bisa diminimalkan. Pada motor dengan teknologi injeksi mengeluarkan asap, biasanya keluar asap putih. Hal tersebut tampil karena ada kerusakan pada diantaranya pada elemen motor.

Biasanya ada dua asap yang keluar dari knalpot motor yakni asap putih dan asap hitam. Keluarnya asap putih pada motor dapat berawal dari oli, sedang keluarnya asap warna hitam cenderung berawal dari bahan bakar. Keluarnya asap hitam, biasanya terjadi karena ada kerusakan atau salah pengapian.

Oleh karena itu harus dipahami bermacam penyebab motor bisa ngebul atau keluar asap. Sudah pasti ini memerlukan beberapa pengujian elemen mesin. Penyebab motor berasap itu dapat tampil karena beberapa faktor yang mempengaruhi perform mesin. Untuk lebih detilnya berkenaan penyebab motor ngebul atau motor yang keluar asap akan diulas pada artikel di bawah ini.

penyebab motor ngebul

Penyebab Motor Ngebul

Berikut beberapa ulasan terkait penyebab motor ngebul yang umum terjadi :

1. Penggunaan Oli Yang Encer

Oli yang demikian encer akan menyebabkan oli bisa masuk pada celah-celah kecil mesin. Mengakibatkan oli bisa masuk keruang bakar dan turut terbakar dalam proses pembakaran. Oli yang terbakar ini akan mengakibatkan asap keluar dari knalpot motor.

Untuk membenahi motor ngebul karena oli yang encer karena itu perlu mengganti oli motor yang seperti detail SAE. SAE ini adalah badan internasional yang keluarkan standar kekentalan oli. Selain dapat mengakibatkan motor ngebul, oli yang encer bisa mengakibatkan proses pemulasan tidak optimal hingga mengakibatkan bermacam elemen mesin alami kerusakan.

2. Ring Piston Aus

Penyebab yang paling biasa diketemukan saat motor ngebul atau motor mengeluarkan asap putih berawal dari ring seher aus. Hal ini mengakibatkan ring piston tidak bisa jadi perapat di antara piston dengan linner tetapi ada celah yang memungkinkannya oli masuk dalam ruang bakar. Ring piston yang aus betul-betul riskan membuat mesin ngebul.

Jika ring piston aus karena itu perlu dilaksanakan pergantian. Ada dua type ring piston, yaitu ring kompresi dan oli. Peran khusus ring kompresi adalah merapatkan celah piston dan blok silinder. Tujuannya supaya kompresi tidak bocor. Ring oli berperanan untuk meredam masuknya oli dari ruang engkol ke ruang bakar.

Saat kedua ring itu alami keausan karena itu celahnya menjadi membesar. Mengakibatkan oli akan masuk dengan mudah ke ruang pembakaran. Bila ini tidak diatasi, tenaga mesin bisa turun, terutamanya pertamanya kali dinyalakan saat pagi hari. Untuk pembaruan perlu pergantian satu set ring piston.

3. Kerusakan pada Seal Katup

Penyebab motor ngebul umumnya bermula dari bagian atas mesin yaitu katup. Peran dari katup yaitu sebagai pintu yang bekerja masukkan udara untuk pembakaran mesin dan mengatur pembuangan gas dari sisa-sisa pembakaran mesin.

Setiap katup akan tediri dari beberapa seal yang dapat meredam oli bocor ke manifold. Seal klep ialah komponen yang pisah ruang head silinder dan payung klep. Setiap waktu, seal klep bisa robek sampai memudahkan oli masuk di ruang bakar. Namun, seal ini dapat mengalami pengerasan yang membuat daya rapatnya turun

Karena kerusakan seal katup adalah oli pada manifold bisa masuk dengan gampang ke mesin. Untuk membenahi kerusakan itu yaitu dengan pergantian seal katup yang baru.

4. Blok Silinder Baret

Penyebab lain motor ngebul adalah silinder mesin baret. Blok silinder yang baret bisa punya pengaruh mesin ngebul. Ini bisa tampil karena usia pemakaian dan kualitas pelumas yang buruk. Ketika blok silinder mengalami baret, oli motor bisa merembes lewat celah bawah ke ruang bakar.

Kerusakan ini berkaitan pada ring piston yang memiliki masalah. Cara kerja pada ring piston dengan linner sama sama bergersekan. Maka satu waktu kedua komponen itu akan mengalami keausan. Jika komponen linner ini alami keausan , karenanya dapat berjalan seperti oli masuk dalam ruangan bakar. Oli yang masuk keruang bakar itu dapat mengakibatkan knalpot keluar asap.

Pertanda lainnya tampil pada kerusakan linner adalah motor jadi susah untuk dinyalakan waktu status dingin atau pagi hari. Jika silinder alami keausan karena itu perlu lakukan bore up atau membubut ulang linner silinder. Blok silinder betul-betul riskan alami kerusakan karena telat dalam proses penggantian oli. Karenanya perlu kerjakan pergantian oli secara periodik.

5. Packing Kepala Silinder Alami Kerusakan

Packing kepala silinder yang alami kerusakan ditempatkan di tengah ikatan blok dan kepala silinder. Fungi khusus packing kepala silinder ialah rapatkan ruang agar kompresi tidak raib. Disamping itu, packing berguna untuk merapatkan jalur oli dari bak menuju ke silinder.

Saat permukaan packing remuk, kompresi bisa bocor. Dampaknya, oli mengalir keluar jalurnya. Resapan oli di atas packing semakin banyak. Jika didiamkan, oli akan mengalir ke ruang bakar, yang selanjutnya bisa menyebabkan mesin ngebul dalam kurun waktu kedepan.

6. Tangkai Katup Alami Bengkok

Tangkai katup adalah batang yang dibikin dari besi dan berperanan untuk menghubungkan segi klep dengan segi cam. Batang katup ini harus berupa lempeng supaya katup bisa bekerja dengan optimal.

Jika batang katup ini alami kebengkokan karena itu katup tidak bisa kembali ke posisi awal. Lubang katup yang ada seal sudah di mengatur lurus dengan lubang intake. Jika batang ini bengkok karena itu salah satunya seal akan tertekan dan sis lain kendur. Sela berikut yang menjadi jalan oli masuk manifold yang terhubung pada ruang bakar. Oleh karena itu dapat menjadi salah satu penyebab motor ngebul.

7. Peletakan Klep Tidak Cocok

Sama dengan batang katup yang bengkok, peletakan katup yang tidak cocok bisa mengakibatkan motor ngebul atau keluarnya asap dari knalpot motor. Ini karena klep ketahan. Mengakibatkan terjadi kebocoran yang mengakibatkan dudukan katup dan daun katup tidak cocok. Untuk melakukan perbaikan karena itu perlu menyekir katup agar dudukan katup bisa tepat.

8. Knalpot Modifikasi

Penyebab dari motor ngebul atau keluarnya asap dari knalpot ialah salah pemakaian knalpot. Pada beberapa knalpot memiliki proses yang dapat menyemprotkan oli ke knalpot. Hasil dari oli yang disemprotkan ke gas sisa pembakaran akan terbakar, karena suhu gas exhaust yang cukup tinggi hingga knalpot akan mengeluarkan asap putih. Sebagai contoh pemakaian kanlpot racing.

Knalpot racing ada banyak kekurangan. Komponen gas buang knalpot racing menggunakan proses semprot oli ke knalpot untuk ada di suhu yang tinggi. Dampak negatif yang bisa berjalan, oli berpadu dengan sisa pembakaran. Sampai menghasilkan suhu gas exhaust relatif tinggi. Hal tersebut yang menyebabkan kebakaran di bagian dalam knalpot.

Itu beberapa penyebab motor ngebul yang umum terjadi jika terjadi kerusakan pada elemen mesin. Mudah-mudahan bisa menambahkan wacana pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Penyebab Motor Ngebul : 8 Penyebab Dan Ulasannya"