Penyebab Mesin Diesel Pincang : 8 Penyebab Dan Ulasannya

Penyebab Mesin Diesel Pincang - Mesin pincang tidak cuma terjadi pada mesin bensin saja tetapi mesin diesel juga bisa alami persoalan mesin pincang. Kondisi mesin pincang ini berbentuk guncangan mesin yang berjalan waktu mesin hidup. Mesin pincang pada mesin diesel bisa disebabkan karena banyak hal. Lantas apa penyebab mesin diesel pincang?

Kondisi mesin pincang ini mudah ditemukan waktu mesin pada status langsam (idling). Mesin pincang muncul guncangan dan goyangan pada mesin yang lebih keras dari biasanya. Pasti guncangan ini mengakibatkan kendaraan jadi tidak nyaman.

Di saat perputaran mesin dinaikkan, guncangan yang berjalan pada mesin akan semakin menjadi membesar. Namun setelah lewat rpm tinggi detil karena itu guncangan mesin itu akan musnah. Waktu putaran mesin diturunkan, guncangan balik lagi terasa.

Ada banyak penyebab mesin diesel pincang. Untuk lebih detilnya berkenaan penyebab mesin diesel pincang akan dibahas pada artikel di bawah ini.

penyebab mesin diesel pincang

Penyebab Mesin Diesel Pincang

Terdapat beberapa penyebab mesin diesel pincang yaitu:

1. Kompresi ruang bakar rendah

Penyebab mesin diesel pincang yang pertama adalah satu atau beberapa silinder mesin memiliki kompresi yang rendah. Mesin diesel memiliki nilai kompresi yang semakin tinggi dibanding mesin bensin. Tekanan kompresi pada mesin diesel bisa raih 20 sampai 40 kg/cm per silinder mesin.

Persoalan mesin diesel pincang ini bisa berjalan saat satu atau beberapa silinder mesin nilai tekanan kompresinya lebih rendah dari nilai tekanan standard. Sebagai contoh misalkan hanya 2 kg/cm waktu diukur dengan alat kompresi tester. Ada banyak penyebab kompresi pada ruang bakar mesin diesel turun yakni

  • Dinding silinder mesin sudah aus.
  • Ring piston, khususnya ring kompresi yang alami macet, aus sampai tidak dapat rapatkan dinding silinder dari kebocoran 
  • Valve bocor, baik pada intake atau exhaust

Beberapa keadaan seperti pada atas ialah kondisi yang bisa menyebabkan kompresi pada ruang bakar demikian rendah dan menyebabkan tenaga mesin pada silinder yang mempunyai permasalahan itu, sampai waktu mesin hidup, mesin jadi goyang dan pincang.

2. Setel celah katup/ klep tidak cocok

Penyebab mesin diesel pincang salah satunya yakni sela katup / klep yang tidak cocok. Ini umumnya terjadi karena sela katup tidak sesuai standard ataupun lebih kuat dari umumnya.

Celah katup yang demikian rapat akan mengakibatkan valve (katup) sudah tertekan lebih dahulu meskipun cam lobe (tonjolan pada camshaft) belum sentuh pucuknya. Katup yang tetap terbuka dan mengakibatkan kebocoran kompresi mesin. Kebocoran kompresi mesin karena setel celah katup yang tidak cocok berikut yang akan mengakibatkan mesin diesel pincang waktu hidup.

3. Penekanan bahan bakar pada Injektor nozzle mempunyai permasalahan

Tekanan bahan bakar pada Injektor nozzle mempunyai permasalahan adalah penyebab mesin diesel pincang. Mesin diesel membutuhkan penekanan injeksi yang cukup kuat untuk bikin pengabutan bahan bakar agar tercipta pembakaran yang sempurna dalam silinder mesin.

Penekanan bahan bakar pada Injektor nozzle benar-benar mempengaruhi kondisi mesin diesel waktu hidup atau saat ingin dihidupkan (start). Berikut adalah persoalan yang kerap terjadi pada injektor nozzle sampai bisa menyebabkan mesin diesel pincang

  • Injektor nozzle mampet yang menyebabkan bahan bakar tidak dapat diinjeksikan ke ruang bakar
  • Hasil injeksi dari Injektor nozzle tidak berbentuk kabut menyebabkan pembakaran tidak sempurna
  • Injektor nozzle rusak (mesin diesel tipe common rail)

Kondisi Injektor nozzle yang mampet, hasil spray bahan bakar yang tidak sempurna, dan injektor nozzle nya mati, karena itu mengakibatkan mesin diesel pincang, bahkan pada beberapa kondisi yang fatal mesin jadi macet.

4. Injection pump tidak normal

Penyebab mesin diesel pincang yang seterusnya adalah karena injection pump yang abnormal. Injection pump abnormal ini terbagi dalam tekanan bahan bakar yang dibikin dari injection pump menuju injektor nozzle kurang kuat (di bawah tekanan normal) atau komponen injecton pump terjadi keausan sampai perlu ditangani kalibrasi ulang pada injection pumpnya.

Tekanan bahan bakar yang kurang dari nilai tekanan normal yang dibutuhkan mesin karena itu proses pembakaran tidak maksimal. Pembakaran yang tidak sempurna ini akan mengakibatkan mesin diesel pincang dan goyang waktu mesin dihidupkan. Ketidak normalan injection pump ini bisa berjalan karena pemakaian bahan bakar solar berkualitas rendah dan karena saringan solar kotor.

5. Proses Common rail mempunyai permasalahan

Pada mesin diesel yang menggunakan proses common rail memakai bermacam elemen sensor atau aktuator. Karena itu saat diantaranya komponen pada proses common rail ini mempunyai permasalahan karenanya jadi penyebab mesin diesel pincang. Saat berjalan kerusakan pada elemen common rail bisa mengakibatkan mesin jadi pincang atau stop. Karena itu untuk mesin diesel dengan proses common rail perlu dilaksanakan pengujian pada bagian-bagian common rail memakai scanner.

6. Filter bahan bakar tersumbat

Diantaranya penyebab mesin diesel pincang adalah karena filter atau saringan bahan bakar yang tersumbat. Ini mengakibatkan suplai bahan bakar berjalan tidak lancar. Jika didiamkan mesin mobil diesel akan susah dihidupkan. Disamping itu putaran mesin mobil mempunyai bahan bakar solar ini menjadi tidak stabil. Oleh karena itu perlu dilaksanakan pembersihan ataun pergantian unit filter solar.

7. Proses pengapian abnormal

Pada mesin mobil diesel, proses pengapian mempunyai peranan penting untuk hasilkan recikan api busi yang kuat dan stabil, sampai gabungan udara bahan bakar dalam silinder bisa terbakar prima. Sebaliknya jika mekanisme pengapian berjalan abnormal atau tidak stabil, karenanya putaran mesin jadi pincang. Kondisi proses pengapian yang seperti ini umumnya disebabkan karena kerusakan pada jaringan mekanisme pengapian seperti busi pemanas, dan lain-lain.

8. Kesalahan proses kerja mesin

Biasanya, ada empat peralihan proses kerja pada mesin mobil diesel. Proses kerja dimulai dimulai dari cara hirup, kompresi, usaha, dan buang. Jika muncul kerusakan pada salah satunya proses kerja mesin diesel karena itu pembakaran mesin jadi mempunyai permasalahan. Penyebab mesin diesel pincang ini akan mengakibatkan kerusakan pada elemen mesin yang lain.

Di atas adalah pembahasan berkenaan penyebab mesin diesel pincang. Mudah-mudahan bisa menambahkan wacana pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Penyebab Mesin Diesel Pincang : 8 Penyebab Dan Ulasannya"