Motor Ngebul Saat Mesin Panas : 4 Penyebab Dan Ulasannya

Motor Ngebul Saat Mesin Panas - Motor ngebul saat mesin panas adalah salah satu tanda kerusakan pada motor. Hal ini pasti pernah rasakan knalpot ngebul waktu mesin panas oleh pemilik motor. Lantas apa penyebab motor ngebul pada saat mesin panas?

Pada saat kondisi mesin panas kerap kali keluar asap melalui knalpot ngebul warna putih atau hitam. Ini umumnya berjalan saat baru dipanasi. Jika didiamkan dalam periode waktu lama pasti mengakibatkan bermacam persoalan lainnya.

Untuk proses pembaruan pada motor yang berasap saat mesin panas perlu mengenal lebih dulu pemicunya. Ada banyak hal yang bisa punya pengaruh motor ngebul. Hal ini sangat bergantung pada perawatan khususnya motor yang sudah berumur lama.

Motor ngebul biasanya berawal dari adanya oli yang masuk pada bagian ruang bakar mesin. Akibatnya ketika mesin panas akan timbul asap pekat. Untuk lebih detilnya berikut akan diulas berkenaan beberapa penyebab berkaitan motor ngebul saat mesin panas.

motor ngebul saat mesin panas

Motor Ngebul Saat Mesin Panas

1. Volume Oli Terlalu berlebih

Tiap kendaraan memiliki takaran atau ukuran olinya masing. Jika volume oli berlebihan karena itu bisa menyebabkan berlangsungnya asap knalpot pada saat mesin panas.

Pada saat mesin panas karena itu oli akan beralih menjadi encer dan bertekanan agar mengucur ke semua sisi mesin. Jika volume oli berlebihan, karena itu penekanan yang diakibatkan berlebihan hingga perpak atau seal akan alami kebocoran. Mengakibatkan muncul sela yang bisa jadi jalan masuk oli keruang bakar.

Apabila oli melalui sela dan masuk pada ruang bakar akan membuat asap mengebul dari knalpot. Ini disebabkan oleh oli yang turut terbakar saat proses pembakaran terjadi.

2. Klep Motor Hancur

Klep pada motor mempunyai peranan untuk mengendalikan gas buang dan masuk di ruang bakar. Jika pada gas buang masih ada kandungan BBM atau carbon dengan jumlah yang banyak akan disalurkan balik ke intake manifold supaya kembali dibakar.

Jika klep pada motor hancur karena itu oli akan merembes pada ruangan bakar. Oli berikut yang mengakibatkan berjalannya asap mengebul dari knalpot. Jika ini sebagai penyebab motor ngebul waktu mesin panas karena itu perlu dilaksanakan pergantian unit klep.

3. Ring Piston Aus

Pada motor ada dua tipe ring piston, yaitu ring piston kompresi dan ring oli. Ring kompresi memiliki faedah parapat kompresi dalam silinder. Saat itu ring oli berperan untuk meratakan oli pada dinding silinder.

Jika terjadi keausan pada dua elemen ini maka punya pengaruh pada kinerja mesin. Ini karena kompresi mesin akan turun. Disamping itu akan muncul sela di antara piston dengan silinder. Sela ini sebagai jalan masuk oli keruang bakar hingga mengakibatkan motor ngebul atau berasap saat mesin panas.

4. Silinder Baret atau Aus

Linner atau silinder adalah elemen khusus mesin. Peranan dari linner ialah membuat pelindungan di bagian segi dalam silinder blok dari gesekan piston. Waktu mesin nyala, kepala piston akan bergerak naik turun dan maju-mundur. Ini memungkinkannya timbulnya guratan atau baret pada liner silinder.

Guratan ini yang dipakai sebagai jalan masuknya oli pada ruangan bakar. Jika ini terjadi tentu saja akan mengakibatkan motor keluarkan asap saat mesin panas.

Diatas adalah pembahasan berkaitan motor ngebul saat mesin panas. Ada faktor-faktor yang bisa jadi penyebab knalpot motor berasap saat mesin panas hingga perlu pengecekan selanjutnya. Semoga menambah wawasan dan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Motor Ngebul Saat Mesin Panas : 4 Penyebab Dan Ulasannya"