Penyebab Kompresor AC Tidak Berputar : 6 Penyebab Dan Ulasannya

Penyebab Kompresor AC Tidak Berputar - Salah satunya permasalahan AC mobil yang cukup terkenal ialah permasalahan pada bidang kompresor AC yang tidak berputar. Kompresor AC ini bekerja untuk memompa freon agar bersirkulasi, jika kompresor macet automatis freon tidak bersirkulasi mengakibatkan AC tidak dingin. Lalu apa saja penyebab kompresor AC tidak berputar?

Kompresor ac jadi sisi yang paling utama pada mekanisme ac mobil karena disitulah saluran dan perputaran freon (zat pendingin) di pompa dan di perputarankan ke semua mekanisme ac. Komponen ini berperan untuk memompa freon agar bersirkulasi ke semua aliran mekanisme ac di mobil.

Langkah kerja kompresor ac ini diawali pada perputaran pulley kompresor ac yang tersambung dengan pulley crankshaft dengan memakai magnetic clutch supaya ke-2 pulley itu bisa tersambung dan kompresor dapat berputar utuk memompa freon.

Bila kompresor ac mobil ini tidak berputar, maka ac mobil tidak dingin karena sistem AC tidak bersirkulasi. Untuk lebih jelasnya terkait penyebab kompresor AC tidak berputar akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

penyebab kompresor ac tidak berputar

Penyebab Kompresor AC Tidak Berputar

Kompresor AC dibagi jadi dua unit yaitu unit kompresor sebaga penekan dan magnetic clutch sebagai kopling yang tentukan kapan kompresor bekerja dan kapan kompresor diam.

Kompresor yang tidak berputar tidak perlu karena dari compressornya tetapi malah semakin banyak karena dari magnetic clutchnya yang tidak bekerja.

Untuk mengetahui apa magnetic clutch yang hancur atau mungkin kompresor yang hancur, anda dapat dengarkan suara "tek" saat AC dihidupkan. Suara ini tampil karena jaringan di antara pulley dengan magnetic clutch. Jika suara ini tidak tampil saat AC dihidupkan, karena itu ada peluang magnetic clutch yang hancur.

Anda bisa juga memerhatikan RPM mesin. Umumnya jika kompresor bekerja, stasioner mesin akan naik secara automatis. Tetapi jika stasoiner mesin masih konstan walau AC telah ON, dapat ditegaskan magnetic clutch memiliki masalah. Berikut ulsan terkait penyebab kompresor AC tidak berputar:

1. Sekering magnetic clutch putus

Penyebab kompresor ac tidak berputar adalah sekering magnetic clutch putus. Sekering atau fuse sesungguhnya berperan sebagai pengaman piranti dari saluran arus yang berlebihan. Sekering ini akan putus secara automatis jika arus yang mengucur ke magnetic clutch melewati arus yang dibolehkan.

Saat sekering telah putus, karena itu serangkaian kelistrikan ke magnetic clutch juga terputus hingga magnetic clutch tidak bekerja. Umumnya jika sekering putus kita cuman menukar sekering sama yang baru tetapi, sekering yang putus itu mengisyaratkan ada korsleting hanya karena korsleting yang dapat memacu mengucurnya arus yang di luar normal.

Oleh karenanya, saat sebelum anda menukar sekering coba periksa serangkaian kabel magnetic clutch adakah yang mengelupas atau sisi socketnya apa renggang atau gosong.

Sekering akan putus kembali karena korlsetingnya belum diperbarui. Tetapi jika korsletingnya cuman periode pendek contoh karena keciprat air karena itu saat air itu kering, korsleting akan raib sendirinya hingga langsung ditukar sekeringnya juga tidak permasalahan.

Tetapi sebagian orang umumnya menukar sekering itu dengan kemampuan semakin tinggi, argumennya karena jika ditukar dengan kemampuan sama dengan akan putus terus hingga ditukar sama yang semakin tinggi. Penggantian akan membesarkan limit arus yang bisa mengucur, resikonya magnetic clutch akan hancur saat terjadi korsleting dan dapat terbakar.

Jadi jika ada korsleting benahi dahulu, dan jangan sampai menukar sekering dengan kemampuan semakin tinggi.

Sekring magnetic clutch biasanya ada dalam fuse box yang berada di ruangan mesin. Ada banyak code sekring yang dipakai untuk mengisyaratkan sekring magnetic clutch ini, misalnya MGC pada sekring mobil avanza, atau MG CLT pada mobil Agya.

2. Relay Magnetic Clutch Rusak

Yang kedua relay magnetic clutch yang rusak dapat menyebabkan kompresor tidak berputar. Bila sekring magnetic clutch tidak putus, penyebab kompresor ac mobil tidak berputar setelah itu rusaknya relay magnetic clutch. Relay magnetic clutch bekerja secara elektromagnet, saat sakelar ac di kabin di onkan, karena itu arus listrik dengan beban yang semakin besar akan mengucur ke kumparan magnetic clutch di kompresor ac. Dengan demikian, sakelar ac masih aman dan tehindar dari kerusakan karena kelebihan arus listrik.

Saat relay magnetic clutch ini hancur (short, atau kumparan terputus), karena itu arus listrik yang dipakai untuk menarik magnetic clutch supaya bisa melekat pada pulley kompresor jadi terputus. Mengakibatkan kompresor ac mobil tidak berputar.

Untuk ketahui hancur atau tidaknya relay ini, sahabat dapat cobanya dengan mengganti relay yang modenya sama dengan yang umumnya berada di fuse box untuk elemen yang lain. Misalnya relay untuk klakson dapat sahabat berpindah tempatnya ke tempat relay magnetic clutch ini. selanjutnya coba untuk hidupkan ac mobil.

3. Kerusakan pada magnetic clutch AC

Yang selanjutnya penyebab kompresor ac tidak berputar karena ada kerusakan pada devie magnetic clutch tersebut. Ini adalah elemen elektrikal yang mudah hancur, jadi anda tidak perlu pusing kenapa magnetic clutch dapat hancur.

Untuk pastikan apa magnetic clucth hancur, harus dites memakai multimeter. Triknya dengan memeriksa arus input yang ke magnetic clutch. Jika ada arusnya karena itu serangkaian O.K hingga yang hancur ialah magnetic clutchnya.

Jalan keluar kerusakan magnetic clutch itu cuman satu yaitu ditukar, karena elemen ini benar-benar tertutup hingga susah diperbarui.

4. Ada permasalahan pada sensor penekanan AC

Sensor penekanan freon AC ada di bagian selang high pressure (selang berdiameter lebih kecil). Peranan sensor ini sebagai salah satunya pertanda yang mengisyaratkan kapan magnetic clutch ON dan kapan magnetic clutch OFF.

Langkah kerjanya saat AC dinyalakan karena itu magnetic clutch akan ON tetapi saat penekanan freon telah capai optimal, karena itu sensor ini akan menonaktifkan magnetic clutch hingga penekanan freon tidak makin bertambah dan berangsur turun.

Penekanan freon apabila mencapai batas bawah maka sensor akan mengaktifkan magnetic clutch. Akibatnya penekanan freon kembali naik. Proses ini berjalan sepanjang AC mobil dihidupkan.

Kerusakan pada sensor dapat mengakibatkan eror dalam soal aktifasi magnetic clutch. Misalkan saat AC dinyalakan semestinya magnetic clutch ON tetapi sensor penekanan freon eror, sensor itu justru membaca penekanan freon tinggi hingga sampai kapan saja magnetic clutch tidak akan aktif.

Untuk permasalahan ini umumnya akan munculkan check engine pada dasbor mobil anda. jalan keluarnya dengan menukar sensor.

5. Ada permasalahan pada sensor temperatur AC

Selain itu sensor temperatur AC yang rusak akan memengaruhi aktfasi magnetic clutch. Sensor ini berperan sebagai masukan yang mengetahui temperatur di dalam kabin.

Jadi ini hubungan dengan kontrol temperatur AC, jika kita mengatur temperatur AC pada temperatur yang tidak begitu dingin (contoh 30 derajat) karena itu sensor temperatur ini akan menonaktifkan magnetic clutch saat temperatur kabin sudah capai 30 derajat. Dan sensor temperatur kembali akan hidupkan magnetic clutch saat temperatur kabin turun dari 30 derajat.

Kerusakan sensor ini akan mengakibatkan pembacaan temperatur kabin eror, hingga sensor dapat menonaktifkan magnetic clutch secara terus-terusan walau temperatur di dalam kabin sangat panas. Jalan keluarnya sama, dengan lakukan pergantian sensor.

6. Fan belt AC putus

Penyebab kompresor ac mobil tidak berputar yang paling awal ialah putusnya fan belt ac. Fan belt ac ini berperan untuk menyambungkan pulley ac dengan pulley crankshaft pada mesin. Hingga, saat mesin hidup dan berputar, karena itu putarannya dapat dipakai oleh pulley kompresor ac untuk memutar pompa dalam kompressor.

Saat kompresor ac mobil tidak berputar, hal pertama yang perlu ditegaskan ialah keadaan dari fan belt ac. Saat fan belt ac putus, karena itu dapat ditegaskan kompressor ac mobil tidak bisa berputar. Untuk menanganinya terang, sahabat harus menukar fan belt ac sama yang baru.

Apabila fan belt ac tidak putus dan pada keadaan baik akan mengakibatkan kompresor ac mobil tidak berputar.

Diatas adalah ulasan terkait penyebab kompresor AC mobil tidak berputar. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Penyebab Kompresor AC Tidak Berputar : 6 Penyebab Dan Ulasannya"