Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mobil Tidak Bisa Di Starter : 7 Penyebab Dan Cara Memperbaikinya

Mobil Tidak Bisa Di Starter - Kadang mobil tidak bisa distarter atau macet. Hal pasti disebabkan karena bermacam persoalan yang terjadi pada mesin mobil. Lantas apa penyebab mobil tidak bisa distarter?

Mobil tidak bisa distarter adalah persoalan yang sering berjalan dalam satu kendaraan beroda 4. Saat kondisi ini berjalan, karenanya Anda tidak perlu kuatir. Tangani mobil yang tidak bisa distarter betul-betul sering bikin pusing karena ini bisa terjadi karena bermacam penyebab yang penting pengujian.

Walau bagaimanapun sesungguhnya ada berbagai cara yang bisa dilaksanakan untuk memperbaiki mobil yang tidak bisa distarter. Waktu mobil susah distarter, sebagian orang cenderung menyangka bila ada persoalan pada aki. Saat ditangani pengujian, mendadak aki mobil masih pada keadaan bagus dan prima.

Terkecuali aki rupanya ada banyak penyebab lain kenapa mobil susah distarter. Agar mendatang tidak kuatir waktu menghadapai persoalan semacam itu, harus tahu deretan penyebab mengapa mobil tidak bisa distarter yang akan dibahas lebih detil pada artikel di bawah ini.

mobil tidak bisa di starter

Penyebab Mobil Tidak Bisa Distarter

Ada beberapa penyebab mobil yang susah distarter. Ini penting untuk dikenal oleh pemilik kendaraan untuk berjaga-jaga. Berikut sejumlah penyebab mobil tidak bisa di starter:

1. Aki yang mulai kurang kuat

Minimnya daya pada aki atau baterei akan mengakibatkan mekanisme starter tidak bekerja secara baik. Ini karena arus yang diperlukan oleh motor starter tidak bisa tercukupi hingga tidak sanggup memutar flywheel secara baik. Mengakibatkan mobil akan susah berpijar saat di starter.

Karena itu perlu dilaksanakan pengujian pada baterei atau aki secara periodik. Pengujian baterei seperti pengukur tegangan baterei, pengujian jumlah elektrolit baterei, dan keadaan baterei lewat virtual. Ini dilaksanakan untuk jaga kinerja baterei supaya masih optimal.

2. Dinamo starter alami kerusakan

Penyebab mobil tidak bisa distarter diantaranya adalah dinamo starter. Dinamo starter ini ialah komponen yang berperanan gerakkan dinamo mobil untuk bisa hidupkan mobil. Dinamo starter pada mobil berbeda dengan sepeda motor yang umumnya dilengkapi dengan kick starter.

Untuk mobil manual, hidupkan mobil masih bisa ditangani dengan cara didorong. Tapi untuk mobil matik, tidak ada cara lain terkecuali membawanya ke bengkel untuk kerjakan penggantian spare part. Ketika mobil tidak ingin distarter, usahakan tidak boleh memaksakan kendaraan dengan lakukan starting secara berulang kali. Hal tersebut akan merusak dinamo starter pada mobil karena kerja dinamo berat hingga jadi panas dan terbakar.

3. Persoalan Pada Busi

Salah satunya elemen yang mempunyai peranan supaya mobil bisa berpijar saat di starter ialah busi. Bila elemen ini terjadi permasalahan karena itu starter mobil bisa terserang dampaknya. Busi yang kotor atau sudah berusia lama adalah dua faktor pemicunya.

Busi yang kotor bisa merintangi berlangsungnya recikan bunga api yang dibutuhkan agar starter bisa bekerja. Waktu mobil tidak bisa distarter karena itu perlu dilaksanakan pengujian busi yang ada pada ruang mesin. Bila kotor karena itu perlu pembersihan dengan cara digosok menggunakan cairan khusus atau ampelas.

Disamping itu penggunaan busi yang telah berusia atau daya recikan kecil akan memengaruhi saat mobil distarter. Kondisi seperti ini membuat mobil susah distarter saat pada keadaan panas. Waktu mesin sudah dingin, baru starter bisa ditangani. Busi seperti ini harus diganti dengan busi yang bagus supaya memudahkan proses pembakaran terjadi.

4. Alternator Hancur

Penyebab lain mobil sulit distarter ialah alternator yang remuk. Alternator ialah sisi khusus pada kendaraan yang berperanan salurkan listrik ke aki. Jika alternator alami permasalahan karena itu mobil tidak segera dapat berpijar meskipun aki pada kondisi baik.

Alternator tidak mudah alami kerusakan jika tidak dirawat secara baik. Umumnya kerusakan berjalan pada beberapa mobil yang telah berusia lebih dari 8 tahun. Bila menemui kerusakan pada elemen ini karena itu perlu dilaksanakan pengecekan selanjutnya pada bengkel.

5. Aliran Bahan Bakar Mampet

Keadaan mobil susah distarter kerap berjalan waktu mobil sedang panas. Ternyata diantaranya faktor pemicunya ialah aliran bahan bakar yang tidak tersalurkan secara optimal ke mesin. Proses pencampuran bahan bakar dengan udara yang tidak sempurna bisa jadi penyebab lain mobil tidak bisa distarter.

Persoalan mobil sulit distarter karena bahan bakar dapat terjadi di saat pagi hari. Persoalan ini berawal dari pompa bahan bakar (fuel pump) dari bak menuju karburator turun karena kondisi dingin. Cukup mainkan kunci contact untuk memancing supaya pompa bahan bakar bisa bekerja optimal kembali.

6. Koil Memiliki masalah

Koil mempunyai peranan untuk hidupkan starter mobil karena terhitung elemen utama pada mekanisme pengapian. Peranan elemen ini ialah melipatgandakan tegangan listrik dengan skala besar ke aki (bisa raih beberapa ribu volt). Selanjutnya, karenanya arus listrik bisa mengalir ke busi sampai memantik pijaran bunga api.

Jika setiap waktu mobil susah distarter karena itu perlu dilaksanakan pengetesan pada koil. Koil yang remuk bisa ditemui dari temperaturnya yang begitu panas. Jika hal itu terjadi karena itu perlu dilaksanakan pergantian koil.

7. WTS (water temperature sensor)

WTS (water temperature sensor) atau sensor suhu merupakan salah satu penyebab yang membuat mobil susah distarter. Jika WTS alami kerusakan karena itu proses injeksi akan terusik hingga mobil tidak bisa dinyalakan. Jika wts alami kerusakan karena itu cek engine pada dasbor mobil akan berpijar hingga perlu dilaksanakan pengecekan selanjutnya memakai scanner dan perlengkapan lain.

Cara Memperbaiki Mobil Tidak Bisa Distarter

Ada banyak hal yang bisa dilaksanakan saat mobil tidak bisa di starter, salah satunya yakni:

1. Check Kondisi Aki

Langkah pertama yang bisa di lakukan untuk memperbaiki mobil tidak bisa distarter yakni mengecek kondisi aki mobil. Permasalahannya komponen ini ialah segi penting dari proses kelistrikan satu kendaraan. Jadi tanpa aki, mobil tidak akan bisa berperanan. Pengujian ditangani dengan mengecek kondisi tingkat air aki dan memeriksa tegangan listrik.

2. Check Kondisi Fuel Pump

Mobil tidak bisa di starter kadang disebabkan karena fuel pump. Diantaranya cara paling mudah untuk tangani kendaraan beroda 4 yang mempunyai permasalahan dengan memeriksa kondisi Fuel Pump di monitor Multi Information Display (MID) yang berada di dasbor. Ini bisa dilihat dari tanda Check Engine di Speedometer yang ada di MID.

Jika komponen ini kotor, karena itu mempengaruhi mobil waktu distarter. Tapi, untuk memeriksanya secara lengkap, seharusnya jika menggunakan service montir agar bisa dibersihkan dan dikalibrasi ulang sampai mobil bisa balik lagi bekerja secara efektif.

3. Kontrol Keadaan Karburator (Konservatif)

Cara memperbaiki mobil tidak ingin distarter yang lainnya yaitu mengendalikan keadaan karburator. Komponen ini sama kelebihan dengan aki di mana berperanan untuk mengatur putaran udara dan bahan bakar ke saluran hisap mesin mobil. Jika karburator kotor, karenanya kondisi ini akan merintangi proses starting mesin mobil.

4. Check Keadaan Sekring

Saat kendaraan beroda 4 Anda rasakan persoalan di mana mesin tidak bisa berpijar, seharusnya jika memeriksa kondisi sekring. Cara ini ditangani bila Anda telah mengecek komponen aki dan karburator. Sekring sendiri terdiri dua, kutub positif dan kutub negatif. Periksalah kedua kutub ini apa ada kabel yang putus atau tidak.

5. Check Keadaan Dinamo Starter

Terakhir, tutorial memperbaiki mobil tidak ingin distarter yang bisa ditangani sendiri dengan mengecek dinamo start. Segi ini berguna untuk gerakkan roda gila pada dapur pacu kendaraan sampai mesin masih berperanan normal.

Itu banyak hal berkaitan mobil tidak bisa distarter dimulai dari penyebab mobil tidak bisa distarter dan cara menangani mobil tidak bisa distarter. Mudah-mudahan menambahkan wacana pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Mobil Tidak Bisa Di Starter : 7 Penyebab Dan Cara Memperbaikinya"