Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Aki Mobil Tekor : 9 Penyebab Yang Harus Diketahui Dan Ulasannya

Penyebab Aki Mobil Tekor - Peran aki pada kendaraan sangat vital sehingga aki mobil tidak boleh tekor atau ngedrop. Namun karena pemakaian, tentunya aki mobil akan mengalami kerusakan. Lalu apa penyebab aki mobil tekor?

Mobil membutuhkan aki agar bisa berpijar dan berjalan seperti mestinya. Disamping itu pencahayaan dan mekanisme kelistrikan lain membutuhkan aki sebagai suplai saluran listrik. Jika aki mobil tekor atau ngedrop punya pengaruh pada kenyamanan berkendara. Karena itu aki yang kurang kuat atau aki mobil sering tekor bisa mengakibatkan mobil tidak bisa distarter dan mengusik peranan dari kendaraan.

Pemilik mobil pasti pernah rasakan permasalahan tiba-tiba mobil tidak bisa distarter. Hal tersebut bisa tampil karena kondisi aki mobil tidak pernah dilaksanakan pengecekan hingga aki jadi tekor atau ngedrop. Apalagi saat kondisi jarang-jarang dipakai atau terparkir dalam periode waktu lama.

Aki mobil berperanan sebagai sumber listrik untuk semuanya mekanisme pada mobil, seperti hidupkan mesin, AC, perangkat audio, atau lampu. Karena itu, pemilik mobil harus jaga kondisi aki agar tidak tekor atau mempunyai permasalahan. Tapi harus dimengerti bila aki bisa habis karena umur pemakaian.

Ada banyak penyebab yang lain jadikan aki mobil tekor atau ngedrop. Oleh karena itu perlu dimengerti bermacam penyebab aki mobil rusak ini supaya pemilik bisa dengan gampang membenahi aki mobil yang tekor itu. Untuk lebih detilnya berkaitan pembahasan berkenaan penyebab aki mobil tekor akan diulas lebih pada dalam artikel di bawah ini.

penyebab aki mobil tekor

Penyebab Aki Mobil Tekor

1. Mobil Jarang Digunakan

Diantaranya penyebab aki mobil sering tekor adalah karena mobil jarang digunakan. Ini bisa terjadi karena aki tidak memperoleh suplai kelistrikan yang cukup hingga membuat kekuatan aki kurang optimal. Karena itu mobil harus dipanasi dan dibawa perjalan minimnya 1x 1 minggu agar konsumsi listrik ke aki terus optimal yang secara automatis membuat masa menggunakannya makin lama.

2. Penggunaan mobil yang kerap

Penyebab aki mobil tekor lainnya adalah karena intens penggunaan mobil yang tinggi. Mobil yang digunakan secara terus menerus membutuhkan daya listrik yang besar, sampai aki bekerja demikian tambahan yang otomatis akan turunkan umur menggunakannya. Semua komponen mobil betul-betul memiliki masa pakai, dan akan cepat ngedrop bila dipakai secara terus menerus.

3. Air Aki Habis

Berkurangnya air aki ialah hal yang lumrah. Kondisi aki bisa menjadi perhatian pada batas atas dan bawah cairan elektrolit. Apabila cairan mendekati batas bawah maka diperlukan penambahan air accu. Karena setiap waktu mobil digunakan berjalan proses pengisian arus listrik dari alternator ke aki. Di waktu itu air menguap, sampai lama-lama akan berkurang jumlahnya.

Peran air aki adalah menjadi pengantar arus listrik yang disuplai oleh alternator ke sejumlah sel aki. Oleh karena itu, bila sel tidak terbenang air, proses pengisian arus listrik tidak maksimal. Selain itu, sel yang tidak terbenang air, akan cepat ngedrop. Permasalahannya sel itu akan cepat alami oksidasi karena kandungan asam disekelilingnya yang berpadu udara. Menyebabkan, sel cepat ngedrop. Jika sel atau komponen aki ngedrop karena itu menjadi penyebab aki tekor atau ngedrop.

4. Kekuatan Aki Yang Kecil

Saat pilih aki untuk mobil, kekuatannya harus seperti kepentingan kelistrikan mobil yang diperlukan. Bila aki yang digunakan kekuatannya demikian kecil karenanya bisa mengakibatkan over supply yang bisa punya pengaruh usia pakai aki mobil berkurang. Dengan demikian aki jadi lebih cepat tekor.

5. Aksesories Mobil Yang Begitu berlebihan

Memodifikasi mobil kadang menyenangkan untuk sebagian orang. Namun tidak boleh salah karena saat melakukan modifikasi, terutamanya di bagian audio mobil karenanya beban pada aki secara automatis makin bertambah berat. Proses audio pasti membutuhkan daya listrik cukup besar, hingga daya kelistrikan aki jadi lebih cepat tekor atau habis.

6. Penggunaan Lampu Penerangan Yang Tidak Standard

Tidak hanya proses audio, penggunaan lampu yang tidak sama standard menjadi salah satunya penyebab aki mobil sering tekor. Sebelum memodifikasi mobil dengan menambahkan proses audio, lampu HID dan lampu projector, seharusnya kita melihat terlebih dahulu berapakah daya yang dibutuhkan. Sesudah hitung daya yang diperlukan karena itu tinggal pilih kemampuan aki yang sesuai keperluan.

7. Usia atau Umur Pakai Aki Yang Lama

Usia atau umur aki yang makin tua atau lama dipakai mengakibatkan kemampuan taruh dayanya semakin berkurang. Ini mengakibatkan aki jadi lebih cepat tekor. Minimum penggantian aki mobil bisa dilakuakn setiap 2-3 tahun sekali, sampai mobil bisa lepas dari macet karena tidak bisa distarter.

8. Air Aki Kotor

Aki yang mempunyai permasalahan bisa disaksikan dari keadaan air aki yang kotor. Hal tersebut karena kotoran-kotoran yang menumpuk dalam periode waktu lama dan bisa dilihat waktu membuka penutup air aki. Tidak cuma warna air aki yang kotor, dan beberapa sel yang ada di dalamnya bengkok dan ada warna putihnya. Ini pasti mengusik proses penyimpanan daya listrik pada aki dan mengakibatkan aki mobil bisa lebih cepat tekor.

9. Alternator Rusak

Selain itu penyebab aki mobil tekor dapat berasal dari alternator. Alternator adalah piranti yang digunakan sebagai generator yang menghasilkan arus listrik Alternating Current (AC) dan sekaligus menukarnya jadi arus Direct Current (DC). Komponen ini menjadi pembangkit energi listrik yang selanjutnya disalurkan ke aki untuk proses pengisian. Bila alternator atau dynamo ampere ini telah aus, arus listrik yang dibikin jadi tidak stabil. Saluran listrik yang tidak stabil mengakibatkan daya listrik pada proses pengisian aki tidak optimal. Ini mengakibatkan supali listrik dari aki sedikit dan aki mobil lebih gampang tekor.

Na itu beberapa penyebab aki mobil tekor atau ngedrop. Karena itu aki mobil juga harus dirawat agar masih bertahan lama dan lepas dari tekor atau ngedrop. Mudah-mudahan bisa menambahkan wacana pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Penyebab Aki Mobil Tekor : 9 Penyebab Yang Harus Diketahui Dan Ulasannya"