Fungsi Balance Weight Pada Propeller Shaft

Fungsi Balance Weight -  Dalam sebuah propeller shaft terdapat berbagai komponen salah satunya balance weight. Fungsi balance weight sangat penting sehingga hampir pada semua propeller shaft terdapat komponen ini. Lalu apa sih fungsi balance weight? Untuk lebih jelasnya akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.
fungsi balance weight

Fungsi Balance Weight

Fungsi balance weight adalah untuk menjaga poros propeller agar tetap seimbang ketika berputar. Tujuannya adalah agar tidak timbul getaran ketika propeller shaft meneruskan putaran dari transmisi ke gardan. Dengan begitu kenyamanan akan tercipta ketika berkendara.

Balance weight atau yang dikenal dengan bandul penyeimbang ini terpasang pada bagian luar poros propeller. Komponen ini berbentuk seperti plat yang menempel pada poros propeller. Plat ini akan menyeimbangkan berat pada poros propeller sehingga ketika berputar maka propeller shaft akan menjadi lancar dan berat akan merata. Titik berat pada propeller shaft akan seimbang pada setiap sisi.

Kita ketahui bahwasanya propeller shaft akan meneruskan putaran dari transmisi ke gardan untuk mesin berpenggerak belakang. Hal ini dikarenakan terdapat jarak antara gardan dengan transmisi. Oleh karena itu dibutuhkan poros penghubung.

Namun jarak antara gardan dengan transmisi akan berubah ubah. Hal ini disesuaikan dengan kondisi permukaan jalan dan beban kendaraan. Dengan kata lain jarak ini akan berubah panjang dan posisinya. Dengan adanya poros propeller yang dilengkapi dengan universal joint maka masalah ini dapat diatasi.

Namun dikarenakan poros propeller dibuat oleh manusia tentu tidak sempurna. Terkadang satu sisi memiliki titik berat yang lebih besar dibanding sisi yang lain. Akibatnya ketika berputar dia akan cenderung terlempar kebagian sisi yang memiliki titik berat tinggi. Oleh karena itu akan timbul getaran ketika poros propeller berputar.

Hal tersebut yang membuat adanya balance weight yang akan menyeimbangkan titik berat pada setiap sisi propeller shaft. Putaran yang lancar sehingga tenaga yang diteruskan ke gardan akan lebih maksimal.

Diatas merupakan ulasan terkait fungsi balance weight. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Fungsi Balance Weight Pada Propeller Shaft"