Apakah Aki Kering Bisa Di Cas? Berikut Ulasannya

Apakah Aki Kering Bisa Di Cas - Banyak yang berpikir ketika menggunakan aki kering ketika habis tidak bisa digunakan lagi. Tidak seperti aki basah yang dapat di cas ulang. Lantas apakah aki kering bisa dicas?

Walaupun namanya aki kering, namun dalam kinerjanya sebenarnya terdapat cairan didalamnya. Yang membedakan adalah cairan ini dapat bekerja berulang-ulang tanpa habis ketika aki melakukan pengisian dan pengosongan.

Lalu apakah aki kering bisa dicas atau aki yang cuman bisa dipakai 1x. Dalam kata lain apakah aki kering bisa dicas atau diisi ulangi jika daya listrik menyusut. Untuk lebih jelasnya terkait hal tersebut akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini. 

apakah aki kering bisa di cas

Apakah Aki Kering Bisa Di Cas

Baterai atau aki pada kendaraan bisa bertahan dalam waktu lama (sampai 2 tahun) tanpa disambungkan dengan alat charger. Ini sesungguhnya proses pengisian atau pengecesan pada aki kendaraan itu berjalan sejauh mesin hidup. Karena itu daya listrik yang ada pada aki terutamanya aki kering selalu full dan bisa dipakai kembali.

Pada proses pengisian daya listrik pada aki yakni dengan 1 proses yang diberi nama proses pengisian. Faedahnya untuk menukar beberapa energi gerak jadi energi listrik melalui dinamo alternator. Energi listrik yang dibuat oleh alternator selanjutnya disalurkan ke bermacam beban kelistrikan kendaraan dan digunakan untuk mengecas aki.

Proses pengisian aki kering itu sudah berjalan secara automatis oleh proses pengisian pada mesin. Kecuali mesin kendaran stop yang menyebabkan aki tekor. Ini karena proses starter yang dilaksanakan secara berulang-ulang tetapi tidak ada pengisian pada aki kering hingga mengakibatkan daya listrik pada aki kering turun.

Misalkan bila mesin susah hidup (khususnya pada mobil) biasanya kita tetap hidupkan starter sampai berulang-ulang. Lama-lama starter dihidupkan, karenanya daya listrik dalam aki akan semakin terkuras. Bila mesin belum hidup tapi daya listrik dalam aki sudah habis, baru itu perlu ditangani cas ulang menggunakan alat charger.

Secara logika, bila aki bisa dilaksanakan cas secara automatis seharusnya aki bisa bertahan selamanya. Tapi ada satu hal yang perlu dikenang baterei mempunyai masa pemakaian. Ini karena elektrolit dalam aki itu memiliki batas pemakaian, bila semakin sering digunakan karenanya elektrolit aki itu akan semakin kurang kuat. Saat elektrolit aki sudah kurang kuat karenanya aki tidak mampu taruh listrik makin banyak hingga daya pada aki akan cepat habis atau sering disebut hancur.

Tipe Aki Kering

Biasanya, bila elektrolit aki sudah kurang kuat karenanya aki harus diganti. Tapi, tergantung type akinya. Bila aki kering tipe gel karenanya harus diganti akinya, tapi aki kering tipe MF tidak perlu diganti.

1. Aki kering tipe gel

Aki kering tipe gel ialah aki kering yang asli, ini sebab elektrolit pada aki seperti jelly. Bila pada aki biasa, elektrolitnya berupa air zurr tapi pada aki kering elektrolitnya lebih kental seperti jelly atau gel.

Gel ini memiliki peran yang sama dengan air zurr untuk taruh arus listrik. Tapi lama-lama digunakan, gel ini akan semakin jadi kering dan selanjutnya tidak bisa taruh arus listrik. Bila sudah ini, karenanya aki harus diganti satu unit yang baru.

2. Aki MF

Aki kering yang sering disebut sebagian orang sebenarnya tipe aki MF. Hal itu karena bila dilihat luarnya tidak ada perbedaan antara aki kering gel dan aki MF. Yang memperbandingkan hanya harga, aki kering gel bisa dilihat sampai 2 juta rupiah tapi aki MF sekitar 400 sampai 800 beberapa ribu. 

Aki jenis ini sebenarnya aki basah, tapi aki ini dibuat secara tertutup. Ini memungkinkan penguapan air aki jadi minim dan air aki tidak tumpah waktu aki di jungkir balikan. Sampai aki basah ini tidak perlu perawatan alias perawatan free.

Biasanya ada merk VRLA (valve regulated lead acid) atau SMF (sealed perawatan free) pada aki ini. Sama dengan gel, elektrolit aki basah ini akan kurang kuat semakin umumnya aki digunakan. Tapi air aki ini bisa diganti tanpa mengganti unit aki.

Tetapi, kita tidak bisa menggantinya sendiri karena sulit. Aki MF memiliki tutup yang diberi segel menggunakan perekat yang paling dekat. Untuk membukanya perlu teknik khusus dan untuk menyegelnya balik lagi perlu teknik khusus.

Jadi sebagian orang condong tentukan mengganti satu unit aki MF bila sudah tekor dengan bukti sulit untuk diganti airnya. Tapi bila anda datang ke spesialis aki, peluang persoalan itu bisa teratasi.

Di atas adalah pembahasan berkaitan apakah aki kering bisa di cas. Mudah-mudahan bisa menambahkan wacana pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Apakah Aki Kering Bisa Di Cas? Berikut Ulasannya"