Ciri- Ciri Pompa Solar Rusak : 4 Tanda & Ulasannya

Ciri- Ciri Pompa Solar Rusak - Berbagai komponen termasuk pompa solar dapat mengalami kerusakan. Hal ini tentu mengakibatkan pompa solar tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya. Lalu apa saja ciri ciri pompa solar rusak?

Pompa solar ialah komponen khusus pada mekanisme bahan bakar mesin diesel. Elemen ini berperan sebagai penekan bahan bakar, karenanya performnya harus menjadi perhatian. Jika pompa solar itu aus atau rusak, karena itu mengakibatkan mesin diesel susah hidup atau malah tidak bisa hidup sama sekalinya.

Kerusakan pada bagian pompa solar, dapat dilihat hasil dari injeksi nozzle yang kurang kuat. Hal ini dapat dijumpai dari hilangnya bunyi tekanan solar saat mesin diesel dihidupkan. Kebalikannya jika kondisi pompa solar masih bagus, akan terdengar bunyi seperti jangkrik saat mesin hidup.

Selain bunyi tekanan nozzle, pompa solar yang rusak bisa ditemui melalui penanda lainnya. Untuk lebih jelasnya berikut adalah beberapa ciri pompa solar rusak.

ciri ciri pompa solar rusak

Ciri - Ciri Pompa Solar Rusak

Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk mengenal pompa solar mesin diesel yang alami kerusakan. Hal ini penting untuk dimengerti untuk meyakinkan apa permasalahan yang terjadi pada mesin diesel disebabkan karena perform pompa solar yang turun. Berikut ciri-ciri pompa solar rusak:

1. Bunyi Tekanan Nozzle Hilang

Ciri yang pertama dari pompa solar rusak yaitu hilangnya bunyi tekanan solar pada nozzle. Jika, mesin diesel di engkol seperti ketika akan nyalakan mesin, seharusnya bunyi tekanan solar akan terdengar keras. Tetapi jika kondisi pompa solar sudah aus, karenanya bunyi itu tidak terdengar di telinga.

2. Performa Mesin Diesel Turun

Pompa solar rusak mengakibatkan perform mesin turun. Hal ini berawal dari kurang kuatnya tekanan solar yang masuk dalam ruang bakar. Sampai mesin tidak dapat kerjakan pembakaran dengan sempurna. Menyebabkan mesin jadi kurang bertenaga.

3. Mesin Susah Dihidupkan

Ciri selanjutnya dari kondisi pompa solar yang sudah rusak yaitu mesin susah dihidupkan. Peran pompa solar yang turun, akan mengakibatkan solar tidak dapat terpompa secara maksimal. Tekanan solar yang keluar dari bosh pump tidak mampu menekan spring nozzle untuk dikabutkan.

4. Keluar Asap Tebal Jika Mesin Di Gas

Beberapa ciri lainnya dari pompa solar rusak yaitu ada asap tebal yang keluar dari knalpot saat tuas gas dihentakan ke rpm tinggi. Hal ini berawal dari lambatnya tekanan solar yang keluar dari nozzle mengakibatkan performa pompa solar yang tidak maksimal.

Agar lebih yakin kembali, semestinya langsung membongkar bosh pump dan lepaskan pompa solar untuk meyakinkan kerusakannya. Pompa solar yang rusak biasanya akan terlihat aus atau baret pada batang pompa solar. Masalah di atas bisa karena oleh kerusakan nozzle.

Selain itu bisa mengeceknya dengan tutup lubang saluran solar yang berada di pompa solar dengan 2 jari. Seterusnya ambil batang pompa solar keluar atau outlet. Jika kedua jari terasa teresap dan batang pompa solar balik lagi saat dilepaskan, maka dapat dipastikan kompresi pompa solar masih bagus. Jika batang pompa solar tidak balik lagi, karenanya berarti pompa solar telah rusak.

Demikian adalah pembahasan berkenaan ciri - ciri pompa solar rusak. Mudah-mudahan menambahkan wacana pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Ciri- Ciri Pompa Solar Rusak : 4 Tanda & Ulasannya"