Cara Mengetahui Pompa Bensin Rusak : 6 Cara Dan Ulasannya

Cara Mengetahui Pompa Bensin Rusak - Terdapat beberapa cara untuk mengetahui pompa bensin rusak atau tidak. Hal ini dikarenakan pompa bensin yang mengalami kerusakan akan menimbulkan beberapa tanda. Lantas bagaimana cara mengetahui pompa bensin rusak?

Pompa bensin atau fuel pump adalah komponen bahan bakar yang berperan untuk memompa bahan bakar dari dalam bak bahan bakar menuju injektor/karburator. Pompa bensin digerakkan dengan menggunakan motor di dalamnya. Untuk mobil yang menggunakan proses EFI, umumnya pompa bensin sudah ditaruh dalam bak bahan bakar.

Sesungguhnya pompa bensin ini ialah komponen mobil yang cukup bertahan lama dengan usia menggunakannya yang cukup lama. Tetapi kadang muncul persoalan mesin yang kerap berkaitan dengan kerusakan pompa bensin. Sebagai contoh mesin yang kurang bertenaga sampai mesin macet karena pompa bensin yang rusak.

Tetapi kadang kerusakan fuel pump mobil cukup sulit untuk dikenali. Ini karena fuel pump tidak terhubung dengan tanda check engine yang ada di mobil. Jika alami kerusakan, sudah tentu mobil tidak normal saat dikendarai. Oleh karena itu harus dipahami bagaimana cara mengetahui pompa bensin rusak.

cara mengetahui pompa bensin rusak

Cara Mengetahui Pompa Bensin Rusak

Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui pompa bensin yang rusak, diantaranya yaitu:

1. Getaran pompa bensin waktu kunci kontak di ON

Cara pertama yang penting dilaksanakan untuk mengetahui pompa bensin rusak dengan rasakan getaran dan bunyi dengung dari pompa bensin. Triknya yakni cukup putar kunci kontak mobil anda ke status "ON". Kemudian coba dengar dengan jeli pada tempat lokasi fuel tank ada. Jika dari tempat lokasi fuel tank ada terdengar dengungan dan terasa getaran karena itu ini menyaratkan bila pompa bensin sedang bekerja (memompa). Putaran motor yang terjadi pada pompa bensin saat bekerja, kerap munculkan getaran dan dengungan berasa pada bodi fuel tank

Namun kebalikannya, jika tidak ada dengungan dan terasa getaran pada bodi fuel tank karena itu fuel pump tidak bekerja dan tidak memompa bahan bakar ke injektor. Bila bunyi dengung dan getaran pada bodi fuel pump tidak ada/ tidak ada karena itu perlu pengecekan seterusnya yakni buka selang bahan bakar.

2. Saluran Bensin Dari Selang Supply Bahan Bakar

Selang supply bahan bakar adalah selang yang terhubung langsung dengan pompa bensin. Untuk pastikan pompa bensin rusak atau mungkin tidak karena itu bisa menyaksikan saluran suplai bahan bakar lewat selang ini. Untuk mengetahui pompa rusak atau mungkin tidak karena itu selang supply perlu dibuka atau bisa juga dengan membuka selang fuel return.

Sesudah dibuka selanjutnya memutar kunci kontak ke status "ON" dan menyaksikan apa bensin keluar atau mungkin tidak. Jika bensin keluar, pompa bensin bisa dikelompokkan baik, tapi jika tidak ada bahan bakar yang keluar bisa pompa bensin rusak atau ada persoalan dengan fuse / relay pompa bensin.

3. Mesin Brebet

Tanda jika pompa bensin rusak lainnya yaitu mesin brebet. Mesin mobil akan terasa kosong karena tidak bisa berakselerasi pedal gas sudah diinjak. Mesin yang brebet ini karena fuel pump tersumbat karena endapan kotoran yang dari bak bahan bakar. Ini muncul karena dari penggunaan bahan bakar yang kualitasnya buruk.

4. Mesin Sulit Hidup

Disamping itu, mesin sulit hidup dapat digunakan sebagai salah satu cara untuk mengetahui kerusakan fuel pump yang menyebabkan mobil susah hidup. Ini karena bahan bakar yang seharusnya siap tidak ada di mekanisme bahan bakar. Salah satunya pemicunya ialah one way valve yang ada pada motor fuel pump ketahan oleh kotoran sampai tekanan bahan bakar tidak sanggup naik ke aliran bahan bakar.

Selain itu mesin mobil yang susah dinyalakan kerap disebabkan karena spring yang kurang kuat. Bahan bakar yang terlambat masuk di ruang bakar menyebabkan mesin harus menunggu bahan bakar yang kelamaan.

5. Sekering Fuel Pump Terbakar

Sekring fuel pump yang terbakar jadi salah satunya tanda fuel pump mobil alami kerusakan. Sekering yang terbakar disebabkan oleh beban kelistrikan yang begitu besar atau konsleting listrik. Jika ini didiamkan karena itu lama-lama sekering akan putus hingga pompa bensin tidak bisa bekerja. Karena itu perlu mengecek kondisi sekring fuel pump.

6. Emisi Gas Buang Yang Tinggi

Salah satu cara mengetahui pompa bensin rusak yaitu kandungan emisi gas buang yang tinggi. Mobil yang alami kerusakan pada fuel pump kerap memunculkan emisi gas buang yang tinggi pada knalpot. Munculnya emisi ini disebabkan karena imbas dari proses pembakaran yang buruk pada mesin. Ini muncul karena ada ketidaksesuaian jumlah bahan bakar yang dikirim ke ruangan bakar untuk proses pembakaran.

Ketidaksempurnaan proses pembakaran ini menyebabkan uap gas bahan bakarnya ikut terbuang lewat eksahust manifold. Oleh karena itu, anda tidak boleh abaikan bau bensin yang demikian menyerang yang bersamaan dengan asap knalpot.

Di atas adalah pembahasan berkaitan bagaimana cara mengetahui pompa bensin rusak. Ada banyak tanda yang bisa dijumpai jika pompa bensin atau fuel pump alami kerusakan. Mudah-mudahan bisa menambahkan wacana pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Cara Mengetahui Pompa Bensin Rusak : 6 Cara Dan Ulasannya"