Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mesin Diesel Susah Hidup : 7 Penyebab Dan Ulasannya

Mesin Diesel Susah Hidup - Terkadang timbul berbagai masalah pada mesin diesel, salah satunya susah hidup. Hal ini dapat terjadi akibat beberapa faktor. Lalu apa saja penyebab mesin diesel susah hidup?

Mesin diesel pada kondisi normal jika dihidupkan, umumnya perlu 1x start dan memakan waktu lebih dari 30 menit untuk mesin panas. Sementara jika mesin diesel perlu dilaksanakan tiga sampai 5 kali baru hidup bisa saja ada masalah.

Mesin diesel terhitung mobil yang kerap alami permasalahan sulit dihidupkan karena mempunyai efektivitas thermal yang tinggi dibanding mesin dengan memakai bahan bakar yang lain. Oleh karena itu dibutuhkan efisiensi panas yang tinggi.

Mesin yang sulit hidup jika distarter, dapat dirasakan baik mesin diesel konvensional maupun common rail. Tetapi umumnya, diesel commonrail condong rawan alami permasalahan jika tidak dirawat secara benar. Untuk lebih jelasnya terkait penyebab mesin diesel susah hidup akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

mesin diesel susah hidup

Penyebab Mesin Diesel Susah Hidup

Terdapat beberapa penyebab yang mengakibatkan mesin diesel susah dihidupkan yaitu:

1. Tekanan Kompresi yang Rendah

Mesin diesel dapat melakukan proses pembakaran tanpa adanya percikan api. Hal ini dikarenakan kompresi pada mesin diesel yang tinggi sehingga panas yang dihasilkan juga lebih tinggi. Dengan hal tersebut maka solar akan terbakar dengan sendirinya akibat panas mesin.

Jika penekanan kompresi turun, temperatur mesin mengalami pengurangan dan membuat bahan bakar solar susah untuk terjadi proses pembakaran, hingga mesin sulit dihidupkan. Hal yang membuat penekanan kompresi rendah diantaranya yaitu saat kompresi massa udara yang ada dalam ruangan silinder menyusut.

Keadaan ini dapat muncul karena mesin alami kebocoran yang karena klep yang terbuka, dinding silinder alami keausan, ring kompresi alami keausan, dan seal injector hancur. Langkah menanganinya dengan mengantarnya ke bengkel untuk diperbarui. Oleh karena itu tekanan kompresi yang rendah dapat menjadi salah satu penyebab mesin diesel susah hidup.

2. Ada Permasalahan pada Turbocharger

Banyak mesin diesel yang memakai tehnologi turbo dengan penataan khusus (VCDI , VGT, dan VNT) yang umum berada pada SUV bermesin diesel. Manfaatnya untuk mengatur suplai udara supaya tidak alami overboost dan underboost pada keadaan mesin.

Turbo sanggup memberi dana untuk sediakan udara ke mesin, hingga membuat semakin banyak massa udara yang dipadatkan. Jika mekanisme pengontrol ini memiliki masalah, membuat performa mesin tidak maksimal. Umumnya hal yang terjadi underboost atau supply udara turun karena turbo vane yang bekerja sebagai pengontrol boost pressure turbo tidak terbuka. Hal inilah yang menyebabkan mesin diesel susah dinyalakan.

3. Kerusakan pada Busi Pijar (Glow Plug)

Selain itu kerusakan pada busi pijar juga dapat mengakibatkan mesin diesel susah hidup. Saat ingin hidupkan mesin diesel yang dingin, glow socket dapat memberi pemanasan yang cukup dan menebar di ruangan bakar. Jika busi pijar hancur membuat temperatur akhir saat solar diinjeksikan ke ruangan bakar tidak dapat lewat titik bakar solar. Langkah menanganinya lebih bagus selekasnya membawa saja ke bengkel berlangganan Anda untuk memperoleh pengatasan.

4. Masuk Angin

Penyebab susahnya mesin diesel hidup karena "masuk angin". Istilah ini disimpulkan sebagai keadaan ada udara pada mekanisme atau jaringan bahan bakar. Permasalahan ini membuat mobil sulit dinyalakan karena pembakaran mesin diesel tidak memantik api. Maka jika ada udara dalam mekanisme bahan bakar, mesin diesel sulit hidup karena tidak sepertinya volume bahan bakar ke ruangan bakar.

Masuk angin umumnya muncul karena ada saringan solar pada mekanisme bahan bakar alami pergantian atau sempat kekurangan solar, hingga membuat angin masuk di dalam mekanisme bahan bakar.

Tanda-tanda masuk angin ini umumnya karena saat melakukan proses pergantian filter solar. Udara terkompresi, hingga saat pompa bahan bakar solar itu bekerja, penekanan yang dikeluarkan cuman untuk udara saja dan membuat penekanan yang bahan bakar jadi turun," terangnya. Dengan keadaan itu automatis bahan bakar tidak keluar yang membuat mesin susah hidup saat proses start.

Langkah menangani mesin diesel susah hidup jika masuk angin, yaitu yakinkan selang aliran BBM tidak bocor dan solar berisi minimum 1/2 penuh. Selanjutnya turunkan kekencangan baut nepel angin-angin di tabung sedimenter dan melakukan pompa secara terus-terusan sampai solar keluar bersama angin. Kerjakan langkah ini sampai solar yang keluar tidak mempunyai buih kembali. Selanjutnya mengencangkan nepel angin. Jika sudah dilaksanakan semua, nyalakan kembali mesin mobil.

5. Tekanan Bahan Bakar Rendah

Mesin diesel membutuhkan penekanan bahan bakar untuk bikin solar keluar dari injektor. Penekanan bahan bakar yang ada dalam solar sampai 2000 Kg/cm2. Apabila tekanan bahan bakar rendah tentu akan menyebabkan mesin diesel susah untuk dinyalakan.

Pada intinya konsep kerja bahan bakar diesel, yaitu buka noozle yang berada di injektor hingga solar bertekanan tinggi keluar berbentuk kabut tipis. Jika penekanan bahan bakar turun yang umumnya disebabkan karena kerusakan pompa injeksi, karena itu membuat bahan bakar tidak dapat meredam penekanan pecanduan.

Untuk menangani mesin diesel susah hidup ini perlu mengecek keadaan bahan bakar apa volume bahan bakar masih lumayan. Lantas check penekanan bahan bakar, adakah sumbatan yang memberi imbas pada kesediaan bahan bakar ke arah ruangan bakar.

6. Filter solar tersumbat/mampet kotoran

Filter solar tersumbat/mampet kotoran bisa juga jadi salah satunya penyebab mesin diesel susah hidup. Filter solar berperan untuk memfilter kotoran yang terbawa bersama solar dari dalam bak.

Bersamaan umur gunakan dan lama waktu mobil dipakai, makin lama kotoran-kotoran yang disaring dalam filer akan makin banyak dan makin menimbun. Ini akan membuat filter solar jadi tersumbat atau mampet.

Saat filter solar mampet, karena itu solar yang semestinya disedot oleh inejction pump jadi tidak ada. Ini akan berpengaruh injektor tidak bisa menguinjeksikan bahan bakar yang diperlukan mesin. Dampaknya bisa membuat mesin diesel susah hidup.

7. Common Rail terjadi masalah

Hal terakhir yang menjadi penyebab mesin diesel susah hidup ialah common rail mekanisme memiliki masalah. Common rail mekanisme pada mesin diesel dikendalikan secara elektrik, benar-benar berlainan dengan mesin diesel konvensional yang bekerja secara mekanikal.

Mekanisme common rail memakai computer mesin , sensor dan aktuator pada proses kerjanya. Masing masing elemen bekerja secara elektrikal yang cukup rawan pada kerusakan karena panas, kotor, terbakar, dan sebagainya.

Kerusakan yang terjadi dalam mekanisme common rail ini bisa juga jadi penyebab mesin diesel susah hidup. Untuk tentukan penyebab tentunya, kita harus lakukan pengecekan dengan scan tool yang biasanya cuman dipunyai oleh bengkel sah.

Diatas adalah beberapa penyebab dan langkah menangani mesin diesel susah hidup. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Mesin Diesel Susah Hidup : 7 Penyebab Dan Ulasannya"