Cara Memperbaiki Aki Basah : 6 Prosedur & Ulasannya

Cara Memperbaiki Aki Basah - Cara memperbaiki pada aki basah yang telah ngedrop atau rusak dapat dilakukan dengan tujuan sementara. Hal ini dikarenakan pada aki basah akan terjadi kerusakan dalam masa penggunaan tertentu. Oleh karena itu dibutuhkan cara memperbaiki aki basah agar tetap optimal.

Ada banyak penyebab berlangsungnya kerusakan pada aki basah. Hal Ini dapat terjadi akibat dari pemakaian yang salah dan kerusakan pada aki itu dapat berjalan dengan cara alami atau alami karena usia pemakaian yang telah kelamaan dan mengharuskan agar ditukar dengan aki yang baru.

Ketika kerusakan aki basah terjadi umumnya berpikir akan bagaimana cara lakukan perbaikan. Ada banyak panduan atau cara yang bisa dipakai untuk memperbaiki aki basah yang alami kerusakan. Tetapi tidak seluruhnya aki basah bisa berperan kembali normal.

Dalam melakukan cara memperbaiki aki basah kadang berhasil kadang tidak. Hal ini tergantung dengan keadaan tiap komponen aki basah yang diperbarui. Untuk lebih detilnya berikut adalah pembahasan berkaitan cara memperbaiki aki basah yang rusak.

cara memperbaiki aki basah

Cara Memperbaiki Aki Basah

Aki ialah sisi khusus pada sebuah kendaraan, terhitung mobil. Waktu aki rusak karena itu kendaraan pun tidak dapat berjalan. Jika ini berjalan tidak ada cara lain terkecuali lakukan pembaruan. Terlebih jika kendaraan yang digunakan adalah mobil sisa dengan tipe aki basah. Bermakna, aki basah harus segera diperbaiki agar mobil bisa berjalan balik lagi. Lalu bagaimanakah cara memperbaiki aki basah? Berikut adalah penjelasannya:

1. Menyiapkan alat dan bahan

Cara memperbaiki aki basah pada mobil sisa dan mobil baru tidak sangat jauh berlainan. Cara ini akan berbeda jika type aki yang digunakan berbeda (aki basah dan aki kering). Disamping itu proses pembaruan pada aki basah juga bisa berbeda jika kondisi aki sudah alami kerusakan kronis yang penting pergantian komponen.

Proses awalnya yang penting ditangani untuk memperbaiki aki basah adalah mempersiakan alat dan bahan yang diperlukan. Bahan yang jelas harus dipersiapkan yakni aki zuur atau air aki yang memiliki kandungan elektrolit asam sulfat. Alat yang dibutuhkan untuk memperbaiki aki basah seperti obeng, sarung tangan, masker (karena aroma air aki betul-betul menyengat), air panas, air biasa, dan corong kecil.

2. Melepaskan aki basah

Sesudah menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan karena itu cara memperbaiki aki basah setelah itu melepaskan aki. Terlepas terminal aki basah dimulai dari terminal positif lebih dulu baru melepaskan terminal negatif aki. Ini mempunyai tujuan supaya tidak muncul percikan bunga api saat proses pelepasan.

3. Buang air aki basah yang lama

Setelah aki basah dilepaskan karena itu dilaksanakan proses pembaruan aki basah. Pertama bukalah penutup beberapa lubang aki memakai pengungkit seperti tang, kunci, dan obeng agar tidak merusak aturan mesin lainnya. Disamping itu tidak boleh buka penutup lubang aki tanpa alat.

Setelah tutup aki basah terangkat karena itu cairan yang ada pada dibuang keseluruhnya. Usahakan untuk buang cairan itu di posisi yang aman dan jauh dari capaian anak anak. Ini karena cairan aki bisa mencederai kulit jika berjalan contact langsung. Cara amannya yakni dengan meletakkannya dalam tempat khusus seterusnya membuangnya di posisi yang aman.

4. Bersihkan aki basah

Sebelum isi aki basah memakai air aki balik lagi karena itu perlu membersihkannya lebih dahulu. Maksudnya untuk bersihkan semua elemen aki hingga kotoran tidak menghancurkan dan mengusik proses kerja dari aki basah tersebut. Bagaimana cara membersihkan aki? Cara bersihkan aki basah cukup menggunakan air panas yang telah disiapkan awalannya.

Yakinkan tidak ada air aki lama yang ketinggal selanjutnya mengawali proses pembersihan aki basah. Tambah air panas melalui lubang aki basah secara berhati-hati. Setelah air panas masuk di aki, kocok sampai air panas sentuh seluru permukaan aki. Jika di rasa cukup karena itu buang kembali air panas sampai habis. Seterusnya ulangi cara yang sama tapi memakai air biasa. Proses ini bisa diulangi seringkali (4 kali) sampai aki betul-betul bersih. Langkah berikutnya yaitu keringkan aki basah sesaat (3 jam) atau satu hari. Proses pengeringan makin lama makin baik.

5. Isi ulangi aki basah

Bila aki basah sudah terlihat bersih karena itu cara memperbaiki aki basah yang setelah itu isi ulangi aki dengan aki zuur. Tetapi saat sebelum proses pengisian yakinkan tidak ada air yang ketinggal karena dapat memicu reaksi sama air aki. Isi aki memakai aki zuur sampai batas maksimal. Proses pengisian aki basah bisa memakai corong kecil supaya aki zuur tidak meluber ke mana mana.

6. Proses pengisian daya pada aki basah

Setelah aki basah berisi air baru karena itu dibutuhkan proses pengisian daya listrik. Proses pengisian daya pada aki basah ini bisa membutuhkan waktu yang lama, bahkan memakan waktu semalaman dengan memakai batteray pengisi daya. Untuk jaga kosistensi pengisian aki basah ini karena itu bisa memakai arus listrik yang kecil. Sesudah di rasa daya listrik pada aki basah cukup yakni bisa diukur memakai multimeter karena itu tegangan baterei akan ada 12-13 volt.

Di atas adalah pembahasan berkaitan cara memperbaiki aki basah yang sering dipakai pada kendaraan. Proses pembaruan ini bisa dipakai saat aki basah mulai ngedrop. Mudah-mudahan bisa menambahkan wacana pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Cara Memperbaiki Aki Basah : 6 Prosedur & Ulasannya"