Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Jumper Aki Mobil : 8 Prosedur & Ulasannya

Cara Jumper Aki Mobil - Terkadang banyak orang yang melalukan cara jumper pada aki mobil. Meskipun mudah namun cara jumper aki mobil memiliki risiko jika salah dalam prosedurnya. Oleh karena itu penting untuk setiap pemilik mobil agar bisa lakukan prosedur jumper aki mobil dengan cara yang baik dan benar.

Aki memiliki peran yang perlu untuk proses kelistrikan satu kendaraan, baik mobil atau motor. Oleh karena itu, kondisi aki harus selalu prima. Pada mobil, peran khusus aki untuk menyuplai daya listrik untuk beberapa elemen mobil lainnya. Selain itu, ada juga peran aki yang lain, seperti sebagai penyimpan daya listrik dan stabilisator tegangan.

Waktu pemakaian mobil peluang pernah rasakan kejadian di mana mobil tiba-tiba tidak bisa distarter. Kemungkinan masalahnya adalah pada aki yang hancur atau sudah habis umur pemakaiannya. Oleh karena itu diperlukan cara untuk mengakalinya sebentar saat sebelum ke bengkel dan lakukan pergantian aki yang baru. Cara yang digunakan adalah tehnik jumper.

Untuk melakukan cara ini karena itu perlu menyiapkan sepasang kabel jumper di mobil. Hal terpenting saat jumper aki dilaksanakan yaitu cari mobil normal yang seperti dengan mobil kamu yang stop karena biasanya mobil itu memiliki aki dengan tipe voltase yang sama, biasanya 12V.

Cara kerjakan jumper aki mobil ini memerlukan proses-proses yang penting ditangani. Untuk lebih jelasnya terkait keterangan terkait cara jumper aki mobil akan dibahas pada artikel berikut ini.

cara jumper aki mobil

Cara Jumper Aki Mobil

1. Mempersiapkan alat dan bahan jumper aki mobil

Saat sebelum lakukan cara jumper aki mobil yang akan ditangani pada mobil yang macet di tengahnya perjalanan. Salah satunya hal yang penting dilaksanakan adalah menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan saat lakukan jumper aki mobil. Meskipun nampak mudah untuk dilaksanakan jika ada kekeliruan ketika jumper aki mobil akan punya pengaruh fatal. Karena itu perlu disiapkan alat dan bahan yang dibutuhka salah satunya yakni:

  • Jika mobil yang anda kendarai ialah mobil dengan type transmisi automatis karena itu statuskan tuas transmisi berada di status "P"
  • Bila mobil yang anda gunakan type mobil transmisi manual karena itu statuskan tuas transmisi berada di status netral
  • Aktifkan rem tangan atau rem parkir pada mobil.
  • Mematikan semua perangkat kelistrikan yang berada di mobil
  • Melepaskan benda apa yang ada di cigarette lighter seperti bluetooth receiver atau aksesories pengisi energi ponsel untuk meminimalisir berjalannya kerusakan
  • Cari status aki terlebih dahulu dan optimis anda mengenal status terminal positif (+) dan terminal negatif (-)
  • Menyiapkan kabel jumper aki mobil yang memiliki kualitas bagus

2. Pastikan kerusakan mobil sebab aki tekor

Hal pertama yang penting ditangani ketika proses jumper aki mobil yaitu pastikan lebih dahulu bila mobil macet disebabkan oleh aki yang mulai rusak. Pemicu aki mobil hancur dapat karena berbagai tipe faktor dan bisa berbeda antara unit mobil satu dengan unit mobil lainnya.

Untuk mengenal bila mobil macet karena oleh aki yang tekor sesungguhnya cukup mudah. Hidupkan lampu mobil yang jika cahaya lampu cukup terang bermakna aki mobil masih pada keadaan baik. Kebalikannya jika nyala lampu itu redup karena itu bisa ditekankan aki rusak jadi penyebab mobil itu macet dan tidak bisa di starter.

3. Menyiapkan Kabel Jumper dengan Kualitas Bagus

Setelah secara automatis cara jumper aki mobil ini jadi opsi untuk menuntaskan permasalahan. Gunakan kabel khusus yang dipakai untuk jumper aki karena arus listrik ketika hidupkan mobil sangat tinggi hingga perlu kabel dengan bahan cukup tebal. Kabel jumper relatif mudah didapatkan dan ditawarkan di toko aksesories mobil. Kabel itu memiliki ukuran diameter minimal 10 mm untuk menghindari resiko terbakar waktu proses jumper.

4. Pilih mobil yang bagus dengan kekuatan aki yang sama

Selain itu, untuk lakukan jumper aki pada mobil harus ada juga sebuah aki mobil yang memiliki kondisi bagus. Untuk ini bisa anda gunakan aki dari mobil lain atau aki yang lain memiliki kualitas baik dan bagus.

5. Dekatkan Mobil atau Aki yang Bagus ke Mobil macet

Jika sudah menyiapkan semua peralatan yang di butuhkan karena itu mobil atau aki yang sudah disiapkan perlu didekatkan ke mobil yang mecet. Selanjutnya buka kedua kap mobil dengan status sama berjumpa. Kabel jumper aki mobil yang berada di pasar umumnya tidak demikian panjang hingga jarak ke-2 mobil perlu ditata seperti panjang kabel jumper.

6. Menghubungkan ke-2 kutup aki dengan kabel jumper

Pastikan semua kondisi mesin mobil pada keadaan tidak berpijar. Selanjutnya memperhatikan posisi dari terminal positif dan negatif dari ke-2 aki. Biasanya, dua terminal aki terdapat lambang positif (+) dan negatif (-). Tanda lain ada di penutup warna merah di kutub positif. Jika kutub terminal baterai kotor karena itu perlu dibikin bersih lebih dahulu dengan kain lap.

Hubungkan kabel jumper warna merah ke kutub positif (+) aki yang normal (mobil A). Lalu sambungkan kabel jumper warna merah lainnya pada kutub aki yang mempunyai permasalahan (mobil B). Seterusnya pasang kabel jumper negatif ke kutub negatif aki mobil A dan pasang sisi satunya kutub negatif aki mobil B.

7. Hidupkan Mobil

Kemudian mulai nyalakan mesin mobil yang macet. Melakukan dengan perlahan, tidak boleh demikian cepat dan seakan di paksa. Seharusnya setelah mobil yang macet sudah berpijar karena itu nantikan dahulu kurang lebih 1 sampai 2 menit agar kondisi mesin normal kembali. Kemudian baru melepaskan kabel jumper yang dipakai.

8. Melepas Kabel Jumper

Untuk melepaskan kabel jumper aki saat mobil berpijar harus secara waspada dengan status lepas kabel negatif mobil B, seterusnya lepas kabel negatif mobil A. Seterusnya lepas kabel positif dengan status yang sama seperti kabel negatif.

Di atas ialah keterangan terkait cara jumper aki mobil. Cara jumper aki mobil ini dapat digunakan saat keadaan darurat. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Cara Jumper Aki Mobil : 8 Prosedur & Ulasannya"