Cara Memperbaiki Aki Kering : 8 Prosedur & Ulasannya

Cara Memperbaiki Aki Kering - Terkadang kita menemukan cara memperbaiki aki kering pada tukang service khusus aki. Walaupun hal ini jarang karena banyak anggapan bahwa aki kering tidak dapat diperbaiki. Lalu bagaimana cara memperbaiki aki kering?

Sesungguhnya cara memperbaiki aki kering yang mudah dan baik. Tapi penting dipahami jika memperbaiki aki kering bukan berarti membuat aki itu menjadi seperti baru. Proses pembaruan ini cuman akan kembalikan sedikit dari kinerja aki kering tersebut.

Cara pembaruan aki kering bisa ditangani hanya pada kondisi detil atau sebentar. Jika sanggup bertahan dalam saat yang lumayan lama, ini karena komponen aki kering yang pada keadaan baik.

Ada banyak cara yang bisa dilaksanakan untuk memperbaiki aki kering. Prosedur ini harus diikuti agar proses perbaikan dapat berjalan lancar dan berhasil. Untuk lebih detilnya berkenaan cara memperbaiki aki kering akan diulas lebih pada dalam artikel di bawah ini.

cara memperbaiki aki kering

Cara Memperbaiki Aki Kering

Terdapat beberapa langkah atau cara yang dapat dilakukan ketika proses perbaikan aki kering, di antaranya yaitu:

1. Menyiapkan Alat dan Bahan

Hal yang penting dilaksanakan pertama kalinya saat akan memperbaiki aki kering yakni menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan agar saat mulai membedah aki kita tidak perlu ke sana-kemari hanya untuk mencari alat yang bisa digunakan untuk memperbaiki. Ada banyak alat dan bahan yang dibutuhkan salah satunya yakni:

  • Air aki khusus untuk pengisian aki baru (bukan isi ulang)
  • Obeng minus untuk membuka penutup aki
  • Kain atau lap untuk mempertimbangkan tetes aki yang tumpah
  • Alat suntik untuk tambahkan air aki ke box aki kering
  • Sealent atau juga bisa menggunakan lem plastik/lem tembak untuk balik lagi menyambung segi penutup aki

Optimis seluruh bahan atau alat siap hingga dalam kerjakan cara memperbaiki aki kering ini bisa berjalan dengan baik dan lancar.

2. Melepas Aki kering dari Mobil/Motor

Cara memperbaiki aki kering yang pertama adalah melepas aki dari motor atau mobil. Proses melepaskan aki yakni dengan melepas kutub positif (+) untuk menghindari munculnya percikan api karena reaksi sentuhan logam dan kutub negatif (-). Disamping itu proses melepaskan aki ini mempunyai tujuan supaya tidak menghancurkanan elemen kelistrikan yang lain ada pada kendaraan.

3. Bersihkan Aki kering

Sesudah aki dilepaskan karena itu setelah itu bersihkan segi luar aki. Ini mempunyai tujuan agar saat diawali proses perombakan aki dan membedahnya, tidak ada kotoran yang masuk dan justru mengusik proses memperbaiki aki kering. Bersihkan dengan cara mengusapnya dengan kain lembut. Yakinkan tiap bagian body aki dibikin bersih secara rata dan tidak ada kotoran yang ketinggalan.

4. Membedah Penutup Aki kering

Cara pembaruan aki kering seterusnya yakni dengan membedah cover atau tutup aki segi atas sampai terbuka. Pada mumnya cover atau penutup pada aki kering ini sedikit kuat dan susah dibuka, hingga perlu kontribusi obeng. Disamping itu proses ini harus dilaksanakan secara berhati-hati agar kondisi aki tidak lebih hancur. Karena ada kesalahan yang tidak diinginkan bisa mengakibatkan kondisi aki semakin remuk.

5. Isi Air Aki (zuur)

Seterusnya cara dasar pada proses pembaruan aki kering, yaitu isi air aki (zuur). Persiapkan kain lap dan alat suntik dan optimis lubang karet pada aki sudah sepenuhnya terbuka. Tambah air aki ke suntikan dan isi setiap lubang sampai 1 cm. di bawah lubang aki.

Cara ini dilaksanakan secara berulang-ulang sampai semua lubang karet berisi air aki. Kemudian tutup balik lagi lubang karet dan yakinkan tertutup dengan rapat. Ini mempunyai tujuan supaya udara tidak bisa masuk ke aki kering.

6. Tempatkan Penutup Aki kering

Jika semua lubang karet sudah tertutup dengan rapat karena itu bisa dilaksanakan pengeleman menggunakan lem yang sudah dipersiapkan untuk tutup kembali cover yang sudah kalian buka menggunakan obeng di atas. Di saat pengeleman yakinkan tidak ada segi yang ketinggal agar tidak ada udara yang bisa masuk atau keluar.

7. Isi Daya Listrik Aki kering

Sesudah pengisian dilaksanakan karena itu dilanjutkan dengan isi tegangan daya atau listrik aki. Ini dibutuhkan pada cara memperbaiki aki kering supaya aki bisa simpan daya kembali. Ada dua cara yang umum digunakan yaitu isi aki dengan charge/listrik listrik dan isikan dengan jumper.

Cara ini memakai satu alat untuk isi arus listrik pada aki atau yang lebih dikenali dengan batteray pengisi daya. Dan sama misalnya dengan charge handphone, pada pengisian daya aki kering ini menggunakan satu alat yang dibikin dari adaptor. Tetapi kekuatan ampere yang dijual jauh makin besar hingga dapat bisa lebih cepat proses pengisiannya.

Disamping itu proses pengisian daya listrik aki bisa dilaksanakan dengan cara jumper aki. Hanya agar bisa kerjakan cara ini di perlukan aki yang lain pada keadaan baik dan sehat sudah pasti. Cara mengisinya benar-benar mudah karena kalian perlu menjumper aki dengan menggunakan kabel dari kutub (+) aki lain ke kutub (+) aki yang telah di benahi dan kutub (-) aki lain ke kutub (-) ke aki yang telah di benahi. Seterusnya nyalakan mesin dan diamkan sampai 30 menit atau 1 jam.

8. Pengetesan Aki kering

Cara paling akhir untuk proses pembaruan aki kering ialah pengetesan aki kering tersebut. Dalam proses pengetesan memerlukan satu alat ukur agar dapat mengenal apa aki yang telah diperbarui apa sudah berisi daya atau belum. Bila sudah berarti proses cara memperbaiki aki kering di atas sukses. Tapi bila tidak ada pengubahan karena itu aki kering itu telah di haruskan untuk di ganti. Jika cara di atas sukses dan aki bisa digunakan untuk hidupkan mobil atau motor karena itu biarkan sampai 15 sampai 30 menit dalam status stasioner agar tegangan baru bisa sepertikan dengan kondisi kendaraannya.

Diatas adalah pembahasan berkaitan cara memperbaiki aki kering. Mudah-mudahan bisa menambahkan wacana pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Cara Memperbaiki Aki Kering : 8 Prosedur & Ulasannya"