AC Mobil Tidak Keluar Angin : 4 Penyebab Dan Cara Mengatasinya

AC Mobil Tidak Keluar Angin - Terdapat beberapa permasalahan pada sistem ac mobil salah satunya yaitu ac mobil tidak keluar angin atau angin ac yang keluar kecil dari dasbor ac mobil. Lalu apa penyebab AC mobil tidak keluar angin?

Dari berbagai pengalaman terdapat dua jenis AC mobil tidak keluar angin yaitu

1.Dari awalnya ac hidup sudah tidak keluar angin
2.Awalnya ac hidup ada keluar angin tapi makin lama angin tidak keluar

Kedua hal diatas tentu memiliki beberapa penyebab yang berbeda. Untuk lebih jelasnya terkait AC mobil tidak keluar angin baik dari penyebab maupun cara mengatasinya akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

 ac mobil tidak keluar angin

Penyebab Dan Cara Memperbaiki AC Mobil Tidak Keluar Angin

1. Sekering Putus

Sebagai sebuah rangkaian kelistrikan maka sistem AC memiliki sebuah pengaman yaitu Fuse. Fuse ini bisa menjadi salah satu penyebab angin tidak keluar atau berhembus dari blower. Check sekring yang ada di dalam rumah fuse,makin lebih nikmat jika peranan sekring masih tercatat contoh di tutup kotak sekring karena tidak perlu meraba sekring yang mana putus,tinggal dicari sekring AC-Blower atau ada mobil memakai nama sekring Heater.

2. Circuit Terbuka Pada Blower

Selain itu penyebab AC mobil tidak keluar angin yaitu adanya circuit terbuka (kabel putus) yang mengarah ke blower AC. Untuk memperbaikinya yaitu dengan melihat arus yang masuk dan mengalir melalui masing masing blower kecepatan. Apabila tidak ada arus maka cek hubungan kabel menggunakan multimeter. Apabila tidak ada hubungan maka perlu dilakukan penggantian kabel.

3. Resistor Blower Rusak

Permasalahan ac mobil tidak keluar anginnya saat sakelar ac(saklar blower) diputar pada status 1,2 dan 3. Dan sudah pasti penyebab tidak keluar angin pada blower kecepatan 1, 2 dan 3 ialah kerusakan pada resistor blower atau pada resistor blower ada sisi yang putus.

Letak resistor blower ada di dalam rumah blower di bawah dasbor samping kiri ada di belakang laci, resistor blower dibaut memakai dua buah skrup, resistor blower mempunyai 4 biji kabel.

Apabila Resistor blower dibuka akan nampak sensor suhu dan ukur memakai ohm mtr. atau avo mtr. di titik A dan B (saksikan gambar dibawah), pada permasalahan ini muncul karena sensor suhu pada resistor blower itu putus. Hingga mengakibatkan arus listrik berhenti tidak mengucur ke sakelar blower pada panel ac.

Cara mengatasi resistor blower itu supaya berperan kembali dan supaya ac 123 pada panel ac keluar angin dari dasbor dengan menukar sensor itu atau jika masih sangsi, coba jumper langsung sensor temperatur itu pada kaki A dan B (saksikan gambar di atas) memakai kabel dengan disolder, selanjutnya pasang lagi resistor blower itu ditempatnya, selanjutnya check apa blower ac perputaran 1, 2 dan 3 keluar angin

4. Evaporator Kotor

Yang terakhir penyebab ac mobil tidak keluar angin yang kerap dijumpai dikarenakan karena evaporator yang kotor. Kotornya evaporator kecuali merintangi saluran udara yang dapat dilihat memakai airflow mtr akan memengaruhi cut off dari kompressor ac. Hal ini terjadi karena sensor suhu di evap tidak akan terwujud temperatur cut off.

Jika ini teradi kompressor ac terus akan bekerja,lama-lama tercipta gumpalan- gumpalan es di evaporator yang berpengaruh merintangi embusan udara dari blower.Hingga angin tidak keluar dari grill ac didashboard,tapi jika didengar ada suara angin dalam dasbor yang mengendap.

Untuk persoalan semacam ini dapat dilakukan perlakuan sementara,yakni setel temperatur penataan pada status minimum maknanya sama dengan mematikan kompressor ac terus tujukan kecepatan angin pada status maksimal agar gumpalan es di evaporator mencair.Demikian es telah mencair angin perlahan-lahan akan keluar melalui grill ac.

Untuk menahan hal di atas terjadi saat hidupkan ac upayakan setel suhu kurang lebih 3/4 dari setel temperatur aksimum (saksikan gambar di bawah di bagian temp) atau mengambil status maksimal di mana kompressor ac ingin untuk on dan off secara automatis.

Sudah pasti jika evaporator ac telah kotor jalannya ialah dilakukan pembersihan,jika untuk ac mobil yang masih belum di melengkapi dengan saringan evap lebih bagus kembali jika dibuat atau di pasang saringan evap atau filter kabin.

Diatas adalah ulasan terkait AC mobil tidak keluar angin mulai dari penyebab dan cara mengatasinya. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "AC Mobil Tidak Keluar Angin : 4 Penyebab Dan Cara Mengatasinya"