Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Ring Piston Kompresi 1 Dan 2 : 5 Perbedaan & Ulasan

Perbedaan Ring Piston Kompresi 1 Dan 2 - Pada piston terdapat dua buah ring kompresi yang memiliki beberapa perbedaan. Hal ini dikarenakan karakteristik keduanya juga berbeda. Lalu apa sih perbedaan ring piston kompresi 1 dan 2?
 
Ring piston pada kendaraan mempunyai peranan penting supaya mesin dapat terus bekerja dengan kinerja optimal, efisien dan efektif. Ring piston untuk mobil dengan mesin 4 cara biasanya mempunyai 3 tipe ring piston yakni ring kompresi 1 , ring kompresi 2 dan ring oli.
 
Dalam praktiknya, untuk membandingkan ring pison di antara ring piston kompresi 1 dan 2 benar-benar termasuk cukuplah memusingkan, pasalnya ke-2 ring ini sekilas nampak sama. Ini akan berlainan bila dibanding dengan ring oli. Ring oli mempunyai design dan wujud spesial hingga dia lebih gampang untuk diperbedakan.
 
Bila dalam penempatannya berlangsung kekeliruan ketika menentukan dan menempatkan status ring piston (di antara ring 1 dan ring 2 kebalik), karena itu saat mesin dihidupkan, mesin langsung akan tampil masalah seperti boros oli, ngebul, tampil noise, tidak ingin langsam, dan lainnya yang pada akhirnya akan bikin rugi waktu, ongkos dan tenaga.
 
Oleh karena itu jangan sampai terbalik terkait pemasangan ring piston kompresi ketika melakukan proses overhoul. Untuk lebih jelasnya terkait perbedaan ring piston kompresi 1 dan 2 akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.
perbedaan ring piston kompresi 1 dan 2

Perbedaan Ring Piston Kompresi 1 Dan 2

​​​​​​​1. Ring piston kompresi 1

Sebelum mengulas perbedaan ring piston kompresi 1 dan 2, makin lebih arif jika mengenali perbedaan peranan ke-2 nya lebih dulu. Dengan mengenali perannya makaakan memahami kenapa penempatan ring piston ini jangan sampai salah. Ring piston kompresi 1 bertanggungjawab untuk menahan berlangsungnya kebocoran udara. Selain itu, elemen ini berperan selaku penyalur panas dari kepala piston ke dinding silinder.

Dengan ke-2 perannya itu maka ring piston kompresi 1 akan di dapatkan dibagian formasi ring piston atas. Posisi ini terdekat dan ke arah ruangan bakar mesin. Ciri ciri ring piston kompresi 1 mempunyai bentuk pinggiran luar yang mana sudutnya sejajar dan rata dengan dinding silinder. Dengan bekal memiliki bentuk tersebut maka ring piston 1 akan optimal dalam proses menyalurkan panas.

2. Ring piston kompresi 2

Dapat disebutkan jika perbedaan ring piston kompresi 1 dan 2 berada pada peranan. Jika ring piston 1 bekerja selaku pencegah kebocoran udara, karena itu ring piston 2 ialah lapisan ke-2 untuk menahan kebocoran udara yang bisa lolos dari sela ring 1. Berarti, ring piston 2 ini ialah membantu peranan ring piston 1 untuk pastikan tidak ada udara yang bisa lolos proses dari kompresi.

Tetapi tidak hanya berarti peranan ring piston 2 ini hanya selaku simpatisan. Elemen ini bekerja untuk menyapu dan membersihkan sisa oli atau minyak pelumas yang ada di dinding silinder supaya tidak menerobos masuk di dalam ruangan bakar. Ciri ciri ring piston 2 mempunyai pojok pinggiran yang berbentuk tirus atau meruncing yang mana waktu penempatan terpasang dibagian bawah.

3. Perbedaan ring piston kompresi 1 dan 2

Nah, apa saat ini Anda telah lebih tahu perbedaan ring piston kompresi 1 dan 2? Jika belum, berikut perbedaan ke-2 nya dalam satu kolom untuk mempermudah Anda.

a. Ring Piston Kompresi 1

  • Terpasang di bagian teratas pada posisi nomor satu.  
  • Waktu diraba, pinggiran luarnya berasa lembut dan rata. 
  • Sisi pinggir luar ring piston memiliki bentuk rata, sedang pinggir dalam tirus. 
  • Warna silver atau abu-abu atau berwarna chrome
  • Terdapat tanda spesial R, N, T, TOP disamping atas ring dekat sama jarak atau satu warna cat di pinggiran ring.

b. Ring Piston Kompresi 2

  • Terpasang di bagian ke-2 , pas di bawah ring piston kompresi 1.
  • Waktu diraba, pinggiran luarnya berasa lembut tetapi sedikit ada rasa tajam, terutamanya sisi yang mengarah ke bawah. 
  • Sisi pinggir luar ring piston memiliki bentuk tirus, sedang pinggir dalamnya rata. 
  • Warna kehitam-hitaman dan lebih gelap dibanding ring piston kompresi 1.
  • Terdapat tanda spesial seperti 2R disamping atas ring dekat sama ring jarak. Juga bisa 2 warna cat di pinggiran ring. ​​​​​​​

Rupanya gampang untuk memahami perbedaan ring piston kompresi 1 dan 2 dalam mesin mobil. Ke-2 nya mempunyai ciridan wujud yang lain walau perannya hampir serupa, untuk menahan kebocoran udara waktu proses kompresi. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

1 komentar untuk "Perbedaan Ring Piston Kompresi 1 Dan 2 : 5 Perbedaan & Ulasan"

  1. Bang mau tanya ni ring metic 4 tak ada 2 warna :
    1 warna merah tembaga ada tanda hurup A bagian sisi luarnya ke 2 sisi tumpul
    2 warna putih biasa ada tanda hurup ATG di ke 2 sisi luarnya tajam .

    BalasHapus