Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fungsi Drive Shaft : 3 Fungsi & Ulasannya

Fungsi Drive Shaft - Pada mesin FF atau penggerak depan maka fungsi propeller digantikan oleh drive shaft. Oleh karena itu fungsi drive shaft sangatlah penting pada mesin penggerak depan. Lalu apa saja fungsi drive shaft?
 
Drive shaft adalah elemen dari mekanisme drive train yang lebih dikenali dengan panggilan as roda. Drive shaft sendiri lebih akrab diketemukan pada beberapa mobil berpenggerak roda depan atau pendorong empat roda yang memakai suspensi Independent.

Untuk mendapati letak drive shaft ini termasuk gampang. Cukup merunduk ke kolong mobil kemudian melihat kearah tengah poros roda mobil dari sisi dalam. Dengan beitu akan menyaksikan sebuah poros yang menyambungkan roda mobil dengan transmisi. Komponen inilah yang dikenali dengan panggilan drive shaft.

Tanpa adanya peranan drive shaft, maka kendaraan tidak dapat bergerak. Untuk lebih jelasnya terkait fungsi drive shaft akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

fungsi drive shaft


Fungsi Drive Shaft

1. Melanjutkan tenaga putar dari transmisi ke roda

Fungsi drive shaft yang paling penting pada mekanisme drive train ini untuk melanjutkan tenaga putar yang dibuat transmisi untuk di lanjutkan jadi perputaran roda. Drive shaft akan melanjutkan tenaga dan kecepatan putar yang telah dibuat dari transmisi. komponen ini menjadi kutub penyambung yang akan menyambungkan transmisi dengan roda.

Karena beban putar dan hentakan yang paling kuat karena berat kendaraan dan hentakan transmisi, karena itu drive shaft ini harus dibikin bermaterial yang kuat dan tahan pada hentakan dan perputaran tinggi.

Biasanya drive shaft dibuat dari tangkai besi baja yang paling kuat dengan setiap ujungnya memakai ball gabung yang kuat. Ball gabung yang dipakai masuk ke kategory Constant Velocity Gabung yang terdiri kembali jadi beberapa mode.

Untuk sisi luar yang tersambung dengan roda biasanya memakai Birfield joint. Sementara untuk sisi dalam yang tersambung dengan transmisi biasanya memakai tripod joint.

2. Memberi elastisitas pada roda untuk mengarah ke bermacam pojok belok

Tidak seperti Axle shaft yang karakternya kaku dan sering dipakai pada mobil berpenggerak belakang, drive shaft pada mobil pendorong depan sanggup memberi elastisitas roda untuk mengarah ke bermacam pojok belok.

Komponen ini mempunyai tingkat elastisitas yang tinggi baik saat membelok atau saat suspensi mengarah ke atas dan kebawah seperti saat berjalan di jalan gelombang.

Saat roda membelok, karena itu drive shaft gabung segi dalam akan berubah sedikit keluar buat menyamakan pergerakan roda membelok, begitupun saat roda bergerak keatas atau kebawah, karena itu drive shaft ini memberi kebebebasan gerak namun sanggup memutar kutub roda secara baik.

Ini karena pada setiap ujungnya yang terkait dengan roda dan transmisi dia memakai Constant Velocity joint (CV joint) yang sanggup memberi gerak bebas pada sudut yang lumayan besar terhitung diantaranya berubah untuk perpanjang lengan drive shaft beberapa centi.

3. Tempat Reluctor ring ABS terpasang

Fungsi drive shaft yang lain sebagai tempat reluctor ring untuk mekanisme Antilock Braking Sistem (ABS). Pada mekanisme ABS, sensor ABS akan membaca kecepatan putar setiap roda lewat sensor ABS yang bekerja bertepatan dengan reluctor ring.

Reluctor ring adalah ring bergerigi pada elemen ABS yang berperan untuk memberi input signal untuk sensor ABS mengenai berapakah kecepatan putar roda. Reluctor ring ini biasanya terpasang pada drive shaft gabung sisi yang dekat sama roda mobil.

Jadi, bila mobil anda diperlengkapi dengan mekanisme ABS, karena itu saat melakukan pergantian drive shaft gabung ini harus memerhatikan barang substitusinya, apa diperlengkapi dengan reluctor ring atau mungkin tidak. Apabila salah menukar bisa menyebabkan lampu ABS pada instrument dasboard berpijar.

Diatas merupakan pembahasan terkait fungsi drive shaft pada kendaraan. Semoga dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Fungsi Drive Shaft : 3 Fungsi & Ulasannya"