Penyebab Mesin Motor Ngelitik : 4 Penyebab & Cara Mengatasinya

Penyebab Mesin Motor Ngelitik - Mesin motor ngelitik merupakan salah satu pertanda terjadi kerusakan pada mesin kendaraan. Hal ini dapat terjadi akibat beberapa faktor. Lalu apa saja penyebab mesin motor ngelitik?

Terkadang timbul suara ngelitik dari mesin motor terutamanya saat dikemudikan di medan yang naik saat digas. Hal ini tentunyag cukup mengusik sekalian membuat sang sopir berasa khawatir. Harus dipahami dahulu jika bunyi ngelitik yang keluar dari mesin itu disebut dengan engine knocking atau detonasi mesin.

Engine knocking ialah proses pembakaran yang berjalan tidak serempak pada satu waktu pada sebuah silinder. Pada keadaan normal, pembakaran mesin harus terjadi secara serempak saat busi berpijar diakhir langkah kompresi (saat status piston 8 derajat saat sebelum TMA). Tetapi, detonasi akan terjadi jika ada dua ataupun lebih pembakaran yang terjadi saat sebelum busi berpijar. Dalam kata lain, suara ngelitik ini dikarenakan oleh ada pembakaran awal yang terjadi saat sebelum busi berpijar.

Apabila keadaan ini didiamkan maka akan membuat motor jadi gampang rusak. Oleh karena itu dibutuhkan cara mengatasi berbagai penyebab mesin motor ngelitik itu. Untuk lebih jelasnya terkait penyebab mesin motor ngelitik akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

penyebab mesin motor ngelitik

Penyebab Mesin Motor Ngelitik

Ada beberapa faktor penyebab mesin motor keluarkan suara ngelitik dari bagian mesinnya. Hal itu diantaranya seperti yang akan dibahas di bawah ini.

1. Nilai oktan rendah

Penyebab mesin motor ngelitik dapat dipacu sebab pemakaian bensin dengan kandungan nolai oktan yang kurang cocok atau rendah.

Nilai oktane ialah satu nilai yang memberikan kekuatan bensin bertahan tidak untuk terbakar sendirinya pada penekanan udara tertentu. Makin besar nilai oktane bensin, karena itu makin tinggi kekuatannya bisa bertahan pada penekanan udara tinggi. Mesin yang mempunyai rasio kompresi tinggi itu harus memakai bensin beroktane tinggi. Jika tidak, karena itu knocking akan terjadi.

Knocking muncul karena bensin tidak bisa bertahan saat sebelum piston capai penekanan paling tingginya. Saat sebelum busi berpijar bensin akan terbakar secara automatis dan memunculkan suara ngelitik.

Biasanya, motor produksi tahun 2015 ke atas, mempunyai penekanan kompresi tinggi dengan rasio 10:1. Dianjurkan memakai bensin dengan oktan RON 90 seperti Pertamax atau Pertamax Plus.

2. Kotoran di ruang bakar

Selain itu adanya kotoran yang melekat di ruang bakar mesin motor juga dapat menjadi salah satu penyebab mesin motor ngelitik. Deposit karbon atau kotoran dalam jumlah yang banyak dapat mengonsumsi ruangan di mekanisme pembakaran yang mengakibatkan volume ruangan bakarnya jadi tipis.

Hal ini akan membuat penekanan kompresi mesin jadi lebih tinggi sebab volume ruangan bakar yang lebih kecil akan membuat perbedaan kompresinya semakin tinggi. Oleh karena itu, meskipun dalam masalah ini memakai bensin sesuai data kompresi mesin, knocking tetap terjadi. Sudah pasti, keadaan semacam ini dipacu sebab ada penekanan kompresi mesin naik semakin besar dari umumnya.

Maka dari itu selalu check kebersihan pada mekanisme ruangan bakarnya dengan cara teratur lakukan pembersihkan sisi filter sampai pada mekanisme pembakaran. Selain itu dapat memakai carbon cleaner untuk membersihkannya.

3. Filter Udara Dilepas

Di lain sisi, penyebab yang menjadi penyebab mesin motor ngelitik ialah sebab sisi penyaring udara dilepaskan hingga membuat berlangsungnya engin knocking jadi lebih besar.

Keadaan semacam ini akan membuat boros bahan bakar. Meskipun terdapat dampak positif ketika melepaskan atau buka penyaring udara ini akan punya pengaruh pada saluran udara di luar yang lancar masuk di dalam mesin.

Namun apabila kebanyakan udara yang masuk di sisi mesin pasti sebanding dengan makin bertambahnya udara yang perlu mendapatkan kompresi. Bila tidak memakai bensin beroktan tinggi karena itu penekanan kompresi akan memacu munculnya suara ngelitik.

Jalan keluarnya, ada dua opsi.

  • Pertama, anda dapat menempatkan kembali penyaring udara motor (jika sekarang ini keadaan filter motor terlepas)
  • Ke-2 , anda masih dapat open filter tetapi perlu rekonsilasi pada bensin yang dipakai. Pakai bensin dengan oktane semakin tinggi.

4. Karena aktivitas bore up yang tidak sesuai dengan penghitungan

Bore up kerap dilaksanakan untuk mengangkat tenaga mesin secara instan tanpa penggantian satu unit mesin. Kelebihan bore up ini ialah perform yang dibuat dapat bertambah secara tetap.

Jika bore up tidak dilaksanakan dengan penghitungan yang cocok maka membuat mesin ngelitik. Saat sebelum lakukan bore up, karena itu rasio kompresi mesin motor biasanya berkisar di antara 9 sampai 11 : 1.

Saat bore up maka akan membesarkan volume silinder tanpa membesarkan volume ruangan bakar. Hal itu akan membuat rasio kompresi mesin bertambah tinggi. Sebab makin besar volume silinder membuat udara yang masuk (udara yang akan dikompresi) jadi lebih banyak. Namun tempat udara dikompresi ini (ruangan bakar) volumenya masih sama. Hingga terjadi penimbunan udara yang semakin banyak dan memunculkan penekanan kompresi yang semakin besar.

Jalan keluarnya, anda harus cermat dan mempertimbangkan berapakah tambahan diameter silinder yang akan dibore up. Yakinkan dari hasil aktivitas bore up ini tidak membuat rasio kompresi mesin bertambah di atas 13 : 1.

Cara Mengatasi Mesin Motor Ngelitik

Di bawah ini ialah langkah-langkah terintegrasi yang disebut sisi dari cara mengatasi mesin motor ngelitik. Diantaranya sebagai ini.

1. Memakai nilai oktan yang terlalu tinggi

Salah satu cara untuk mengatasi mesin motor ngelitik adalah dengan selalu memakai bahan bakar dengan kandungan kandung oktan tinggi. Pemakaian bahan bakar oktan tinggi ini ditujukan agar pembakaran yang terjadi jadi lebih prima hingga knocking mekanisme pada mesin motor jadi bisa dijauhi.

Di lain sisi, tidak dapat disangkal juga jika pemakaian bensin beroktan tinggi akan menahan munculnya gesekan saat mekanisme pembakaran berjalan. Maknanya jika dengan Anda memakai bahan bakar oktan tinggi karena itu jadi salah satunya jalan keluar terbaik untuk menahan munculnya suara ngelitik dari dalam mesin, khususnya saat digas pada rpm tinggi.

2. Membersihkan filter udara & ruang bakar

Selain itu, Anda pun diwajibkan untuk teratur mengecek keadaan penyaring udara sampai di bagian ruangan pembakaran. Hal Ini dapat dilakukan sebagai cara mengatasi mesin motor ngelitik. Sebab, tidak dapat dipungkiti jika jika ada kotoran yang melekat di mekanisme pembakaran maka membuat volume ruangan bakar dari mesin motor jadi penuh hingga bisa memacu kompresi yang semakin lebih tinggi.

Keadaan semacam itu, bila tidak dihindari maka memacu suara ngelitik saat digas. Jadi, selalu check keadaan filter udaranya dan yakinkan betul-betul bersih supaya tidak ada kotoran yang masuk di dalam mekanisme pembakaran. Hal ini adalah salah satunya cara yang efisien buat menahan munculnya suara dari mesin motor, khususnya saat digas saat naiki medan naik yang terjal.

3. Perawatan Secara berkala

Selanjutnya, janganlah lupa selalu untuk lakukan servis teratur pada motor Anda secara periodik sebagai cara mengatasi mesin motor ngelitik. Saat servis dilaksanakan karena itu beberapa elemen permesinan, terhitung mekanisme pembakaran dan penyaring udara akan dilihat dan dibikin bersih oleh teknisi.

Di mana, dua elemen ini adalah elemen khusus yang memengaruhi ada suara menggelitik saat motor digas. Jadi, tidak boleh sangsi untuk lakukan servis secara periodik sesuai standard pabrik. Hal ini adalah cara protektif atau penjagaan berlangsungnya engine knocking yang terjadi saat motor digeber tinggi.

Dengan lakukan servis teratur, tentunya keawetan motor selalu terlindungi, tidak kecuali di bagian mekanisme pembakaran dari motor tersebut.

Diatas adalah ulasan terkait penyebab mesin motor ngelitik dan cara mengatasi mesin motor ngelitik. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Penyebab Mesin Motor Ngelitik : 4 Penyebab & Cara Mengatasinya"