Tanda Throttle Body Bermasalah : 5 Tanda Beserta Ulasannya

Tanda Throttle Body Bermasalah - Throttle body terkadang akan mengalami masalah yang menyebabkan mesin menjadi tidak normal. Hal ini tentunya akan menimbulkan berbagai tanda atau gejala. Lalu apa saja gejala atau tanda throttle body bermasalah?

Throttle body adalah salah satu komponen dari sistem pemasukan udara atau intake air system. Supaya performa mesin bisa maksimal karena itu kombinasi udara serta bahan bakar yang masuk ke dalam ruang bakar harus sesuai dengan jumlah atau kombinasi yang pas.

Throttle body ini lah yang berperan untuk mengendalikan jumlah udara yang masuk ke dalam ruang bakar sesuai besarnya bukaan throttle waktu pedal gas diinjak. Waktu pedal gas diinjak karena itu udara bersih yang awalnya telah disaring oleh penyaring udara akan masuk di dalam intake air chamber lalu ke intake manifold dan ke ruang bakar untuk masing-masing silinder mesin.

Selain itu pada throttle body dipasang katup ISC (Idle Speed Control) untuk mengatur jumlah udara yang masuk sepanjang kendaraan ada untuk status idle atau stasioner. Disamping itu, throttle body juga dipasang sensor TPS (Throttle Position Sensor) yang berperan untuk mensensor bukaan katup throttle.

Bila throttle body ada kerusakan maka dapat mengganggu performa mesin sebab suplai udara ke dalam ruang bakar tidak pas sesuai dengan kebutuhan mesin. Kerusakan atau permasalahan pada throttle body akan menimbulkan berbagai tanda yang dapat dirasakan serta diamati. Untuk lebih jelasnya mengenai tanda throttle body bermasalah akan dibahas pada artikel berikut ini.


tanda throttle body bermasalah

Tanda Throttle Body Bermasalah

1. Lampu Check Engine Menyala

Pada throttle boody terdapat beberapa sensor yang memiliki fungsi yang penting pada kendaraan. Apabila komponen ini bermasalah tentunya akan menyebabkan check engine menyala dikarenakan ECU mendeteksi terdapat kerusakan pada rangkaian sistem throttle body. 

Oleh karena itu perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut atau scanning menggunakan scanner untuk mengetahui apakah throttle body bermasalah atau tidak.

2. Perfoma Mesin Menurun

Throttle body digunakan untuk mengatur jumlah udara yang masuk kedalam ruang bakar sesuai denan kebutuhan mesin. Apabila terjadi permasalahan pada komponen ini tentunya akan menyebabkan jumlah udara yang masuk ke ruang bakar tidak sesuai. Dengan kata lain air fuel ratio tidak sesuai dengan keadaan mesin yang sesungguhnya dan dapat menyebabkan proses pembakaran tidak maksimal.

3. Mesin Terasa Kurang Bertenaga

Proses pembakaran yang tidak maksimal akan menyebabkan tenaga yang dihasilkan juga tidak maksimal. Salah satu penyebabnya adalah throttle body yang bermasalah sehingga ketika jalan menanjak kendaraan terasa loyo ketika digas. Oleh karena itu perlu pemeriksaan dan perbaikan secara berkala agar komponen ini dapat berfungsi secara maksimal.

4. Tarikan Mesin Berat

Permasalahan yang sering terjadi pada throttle body adalah tertutup kotoran. Hal ini tentunya akan menyumbat saluran masuk udara. Akibatnya pedal gas sudah di injak mentok namun top speed yang dihasilkan cuman mentok diangkan 70-80 km/jam saja. Oleh karena itu salah satu tanda terdapat permasalahan pada throttle body adalah tarikan mesin yang berat.

5. Putaran Idle Atau Langsam Tidak Konstan

Pada throttle body terdapat idle speed sensor atau ISC yang digunakan untuk mengatur putaran mesin saat posisi idle. Apabila terjadi permasalahan tentunya dapat menyebabkan putaran stationer menjadi tidak konstan. 

Diatas merupakan pembahasan mengenai tanda throttle body bermasalah. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Tanda Throttle Body Bermasalah : 5 Tanda Beserta Ulasannya"