Vacuum Gauge: Fungsi, Dan Cara Menggunakan

Vacuum Gauge - Vacuum gauge adalah salah satu alat ukur pneumatik. Vacuum gauge sering ditemukan di workshop otomotif karena memiliki fungsi yang penting. Lalu apa saja fungsi dari vacuum gauge? Bagaimana cara menggunakan vacuum gauge?

Vacuum gauge digunakan untuk mengukur kevakuman yang terjadi pada kendaraan. Kevakuman merupakan kebalikan dari tekanan. Artinya kevakuman dapat terjadi apabila tekanan lebih kecil daripada tekanan udara luar. Untuk lebih jelasnya mengenai fungsi dan cara menggunakan vacuum gauge akan dibahas pada artikel berikut ini. 


Fungsi Vacuum Gauge

Pengukur vakum atau vacuum gauge sering digunakan untuk menghitung kevakuman yang terjadi pada intake manifold, pompa bahan bakar, dan lain sebagainya. Vacuum Gauge atau alat pengukur vakum merupakan salah satu alat ukur yang memiliki fungsi sangat penting bagi operator atau teknisi. 

Sampai saat ini vacuum gauge masih digunakan untuk proses diagnosa kerusakan yang terjadi pada mesin maupun sistem tenaga lainnya. Meskipun beberapa alat vacuum gauge sudah dimodifikasi sehingga memudahkan dalam proses penggunaannya.

Bagian Vacuum Gauge

Vacuum gauge secara umum terdiri dari beberapa bagian. Bagian bagian vacuum gauge terdiri dari:

vacuum gauge

  1. Vacuum and Pressure Gauge memiliki fungsi sebagai alat utama untuk mengukur seberapa besar tingkat kevakuuman yang ada pada mesin kendaraan.
  2. Rubber Hose, merupakan salah satu bagian dari vacuum gauge yang berfungsi sebagai selang penghubung antara bagian yang diukur dengan vacuum pressure gauge.
  3. Universal Adapter, adalah sebagai penghubung antara selang dengan bagian benda yang akan diukur tingkat kevakumannya.
  4. Fitting, bagian dari vacuum gauge yang berfungsi sebagai penghubung apabila lokasi yang diukur lebih dari satu saluran.
  5. Tapered Hose Adapter berfungsi sebagai penghubung selang dengan lokasi benda yang akan diukur.

Lokasi Penempatan Vacuum Gauge

Vacuum gauge tidak dapat diletakkan atau dipasang pada area sembarang di mesin. Hal ini bertujuan untuk menjaga agar hasil pengukuran tetap akurat. Namun umumnya untuk penempatan vacuum gauge perlu diperhatikan bahwasanya kevakuuman diambil dari intake manifold yang ada di belakang throttle valve (katup fas). Biasanya aliran atau kevakuman yang diambil berasal dari 2 tempat, yakni:

1. Selang Vacuum Advancer

Vacuum gauge dapat terpasang antara selang karburator yang ke arah vacuum advancer pada distributor. Namun perlu diperhatikan bawhasanya pemasangan vacuum gauge pada selang vacuum advancer harus dilakukan secara hati hati.. Diperlukan selang bagi (T Fitting), sehingga vacuum advancer dapat bekerja sebagaimana mestinya serta vacuum gauge dapat juga melakukan pembacaan kevakuman. 

vacuum gauge

2. Selang Brake Booster (Booster Rem)

Aliran kevakuman yang menuju ke booster rem dapat juga kita pakai untuk posisi penempatan vacuum gauge. Apabila kita akan memasang vacuum gauge di posisi ini maka cukup melepas selang yang ke arah booster rem dan memasangkannya untuk vacuum gauge.

vacuum gauge

Cara Menggunakan Vaccum Gauge

1. Penggunaan Vaccum Gauge Waktu Mesin Mati

  • Hidupkan mesin serta diamkan mesin capai temperatur normal operasi, selanjutnya matikan mesin..
  • Lepas saringan udara (Air Filter). Kendorkan idle speed screw sampai throttle valve tertutup dengan rapat. Bila karburator diperlengkapi idle air bleed screw, putar sekrup (searah jarum jam) sampai aliran tertutup rapat. Namun perlu di perhatikan, ketika memutar skrup penyetel perlu dihitung seberapa besar putaran yang dilakukan pada skrup penyetel sehingga dapat dikembalikan dengan mudah.
  • Jika kendaraan diperlengkapi dengan idle stop solenoid, maka perlu membebaskan kabel selenoid lewat konektor
  • Jika mesin diperlengkapi dengan skema PCV (Positive Crankcase Ventilation), maka perlu dilakuan pembebaskan katup PCV di bagian penutup kepala silinder serta sumbat sisi bawah katup dengan tape atau bahan yang lain dapat dipakai.
  • Menggunakan selang yang disiapkan, sambungkan vacuum gauge ke intake manifold.

2. Penggunaan Vaccum Gauge Waktu Mesin Hidup

  • Hubungkan vacuum gauge untuk aliran vakum di intake manifold
  • Jalankan mesin untuk temperatur normal operasi serta kecepatan idle.

Cara Membaca hasil pengukuran Vaccum gauge

Untuk pembacaan vacuum gauge sebenarnya sangat mudah sekali. Angka atau tingkat kevakuman ditunjuk oleh jarum penunjuk dengan satuan ln Hg.

  1. Lihat pemilihan jarum ukur.
  2. Baca hasil pengukuran, hasil pengukuran dalam in Hg
    vacuum gauge

Diatas merupakan pembahasan mengenai vacuum gauge baik fungsi vacuum gauge maupun cara menggunakan vacuum gauge. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Vacuum Gauge: Fungsi, Dan Cara Menggunakan"