Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soket CDI Grand/Supra Series : Warna Kabel Dan Fungsinya

Soket CDI Grand/Supra Series - Unit CDI menjadi salah satu komponen penting pada sepeda motor termasuk honda grand. Didalamnya terdapat soket dengan beberapa pin atau terminal yang memiliki fungsi berbeda-beda. Lalu apa saja fungsi dari soket CDI grand?

Unit CDI adalah salah satunya elemen pada mekanisme pengapian tipe Elektronik CDI (Capacitor Discharge Ignition). Pada dasarnya CDI berperan selaku pengontrol waktu memerciknya bunga api pada busi. Percikan api busi ini yang dipakai untuk membakar bahan bakar pada langkah pembakaran. 

Unit CDI pada honda grand memiliki beberapa kesamaan dengan beberapa unit CDI yang dipakai pada sepeda motor honda lainnya seperti: 

  1. Honda Star
  2. Honda Astrea Prima
  3. Honda Legenda
  4. Honda Supra Series
  5. Honda Revo
  6. Honda Win 100

Untuk dapat berfungsi sebagaimana mestinya, maka pada unit CDI memiliki beberapa soket atau terminal. setiap soket CDI pada honda grand ini memiliki fungsi yang berbeda-beda serta dihubungkan ke beberapa komponen lain pada sepeda motor. 

Oleh karena itu jangan sampai terjadi kesalahan ketika merangkai skema pengapian CDI pada honda grand dan berbagai jenis sepeda motor lainnya. Untuk lebih jelasnya berikut merupakan skema CDI Grand dan soket CDI grand atau supra series.


Soket CDI Honda Grand / Supra Series

Sebenarnya soket CDI pada honda grand atau supra series sangat sederhana. Pada unit CDI terdapat lima soket atau pin sebagai berikut:

soket CDI grand
Keterangan:

  1. Input Spul (Warna Kabel Hitam - Garis Merah) 
  2. Koil Pengapian  (Warna Kabel Hitam - Garis Kuning) 
  3. Input Kunci Contact / Ignition Switch (Warna Kabel Hitam - Garis Putih)
  4. Massa / Ground (-) (Warna Kabel Hijau)
  5. Pulser / Pick Up Coil (Warna Kabel Biru - Garis Kuning)

Skema CDI Honda Grand / Supra Series

Apabila dilihat dari dalam maka skema CDI pada Honda Grand atau Supra series sebenarnya sangat sederhana. Didalamnya hanya terdiri dari beberapa komponen elektronika seperti koil, dioda, dan resistor. Untuk lebih jelasnya perhatikan skema CDI Grand atau supra berikut ini:

skema CDI grand

Diatas merupakan pembahasan mengenai soket CDI Grand atau Supra Series serta skema CDI Grand atau Supra series. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Soket CDI Grand/Supra Series : Warna Kabel Dan Fungsinya"