Penyebab Aki Tidak Bisa Menyimpan Setrum : 7 Penyebab Dan Analisinya

Penyebab Aki Tidak Bisa Menyimpan Setrum - Terdapat beberapa permasalahan pada aki kendaraan, salah satunya adalah aki tidak bisa menyimpan setrum. Kerusakan ini dapat terjadi akibat beberapa penyebab. Lalu apa saja penyebab aki tidak bisa menyimpan baterai?

Sering kali penyebab aki tidak bisa menyimpan setrum ialah karena komponen-komponen dalam aki telah alami kerusakan yang cukup kronis. Komponen aki akan bereaksi secara kimiawi dengan arus listrik yang ada hingga aki bisa menyimpan listrik atau mengeluarkan listrik pada waktu diperlukan.

Oleh karena itu aki sangat penting untuk dirawat dengan perawatan yang betul hingga aki masih bisa menyimpan setrum atau daya listrik. Untuk lebih jelasnya penyebab aki tidak bisa menyimpan setrum akan dibahas lebih lengkap pada artikel berikut ini.


Penyebab Aki Tidak Bisa Menyimpan Setrum
penyebab aki tidak bisa menyimpan setrum

1. Air Aki Pernah Habis

Kerusakan yang bisa menjadi penyebab aki tidak bisa menyimpan setrum ialah karena air aki pernah kering dalam periode waktu lama. Hal ini dapat terjadi pada aki tipe basah yang mana menggunakan air aki. Air aki atau elektrolit ini yang akan menyebabkan terjadi proses pelepasan dan penyimpanan daya listrik.

Saat air aki ini habis atau kering karena itu komponen aki akan menjadi kering. Selain itu juga akan mengganggu proses pelepasan dan penyimpanan daya listrik. Selain itu, semakin lama air aki kering, akan menimbulkan kerusakan cell atau elemen aki yang menyebabkan kerusakan aki secara permanen.

2. Tidak Menggunakan Air ACCU

Selain itu penggunaan air accu yang tidak tepat juga akan menjadi salah satu penyebab aki tidak bisa menyimpan setrum. Pada aki terdapat dua jenis air accu yaitu accuzur dan air accu. Accuzur di isi pertama kali ketika aki akan digunakan. Sementara itu untuk menambah elektrolit maka diisi menggunakan air accu.

Kedua jenis air accu tersebut harus digunakan sepanjang aki dipakai sebab dalam cairan itu mempunyai beberapa unsur kimia yang dibutuhan ketika aki bekerja. Apabila menggunakan jenia air yang lain akan menyebabkan kerak yang lama kelamaan akan membuat elemen aki rusak.

3. Aki Digunakan Dalam Jangka Waktu Yang Sudah Lama

Aki memiliki batas usia pakai tergantung dari tingkat penggunaannya. Semakin sering digunakan maka batas usia pakai juga semakin pendek. Pada umumnya usia pakai aki 2-5 tahun. Selebihnya perfoma aki akan menurun karena proses kimia yang terjadi pada baterai juga akan menurun dan menyebabkan aki tidak dapat menyimpan setrum.

Umur aki juga ditentukan dari perawatan yang dilakukan. Apabila perawatan baik dan sistem pengisian pada kendaraan bekerja dengan maksimal maka usia atau umur pakai aki juga akan semakin lama.

4. Overcharge

Penyebab aki tidak bisa menyimpan setrum salah satunya yaitu terjadi overcharging. Hal ini diakibatkan oleh kinerja sistem pengisian yang tidak baik. Overcharge yang terlalu berlebih akan membuat aki panas dan airnya mendidih.

Saat overcharging berlangsung maka air aki akan menguap dan mengering. Dampaknya akan terjadi kerusakan pada elemen aki. Kerusakan elemen aki maka daya listrik yang dialirkan tidak akan disimpan oleh aki.

5. Terminal Aki Kurang Kencang Atau Terlepas

Terminal aki yang kurang kencang menyebabkan suplai daya listrik yang terjadi pada proses pengisian tidak dapat mengalir sempurna ke aki. Hal ini akan menimbulkan proses pengisian tidak maksimal. Apabila hal ini terjadi dalam jangka waktu yang lama akan menyebabkan daya listrik pada aki akan habis.

6. Konsleting Pada Aki

Untuk penyebab yang sering berlangsung ketika aki tidak menyimpan setrum, bisa saja berlangsung seandainya ada arus listrik yang tidak berlangsung dan tidak sampai ke aki motor atau arus pendek pada bagian aki motor.

Nah masalah ini muncul karena ada satu posisi listrik pada sepeda motor dan sentuh dibagian bodi atau berbentuk benda padat yang lain di kendaraan. Karena itu ini akan memacu korslet pada arus pendek dan aki motor tidak bisa menyimpan setrum.

7. Kerusakan Komponen Sistem Pengisian

Sistem pengisian yang mengalami kerusakan tentunya akan membuat suplai daya listrik dari sistem pengisian tidak akan maksimal. Akibatnya elemen baterai akan mengalami kerusakan akibat daya listrik yang dipakai tidak sebanding dengan daya listrik yang mengisi aki.

Diatas merupakan pembahasan mengenai penyebab aki tidak bisa menyimpan setrum. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Penyebab Aki Tidak Bisa Menyimpan Setrum : 7 Penyebab Dan Analisinya"