Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fungsi Dan Macam Macam Mal Pada Gambar Teknik

Fungsi Dan Macam Macam Mal - Mal adalah salah satu peralatan yang sering digunakan pada gambar teknik. Mal gambar teknik ini berperan penting dalam membantu proses menggambar agar menghasilkan gambar yang rapi dan jelas. Lalu apa fungsi mal gambar teknik? Apa saja macam macam mal gambar teknik? Untuk lebih jelasnya mengenai fungsi mal dan macam macam mal akan dibahas lebih lengkap pada artikel berikut ini.

Fungsi Mal

Fungsi Mal adalah untuk mempermudah dan mengefisienkan waktu dalam pekerjaan gambar teknik berbentuk lingkaran-lingkaran kecil, ellips, segienam dan garis -garis lengkung yang lain. Mal gambar ini berguna untuk membantu dalam proses menggambar wujud atau bentuk tertentu yang sulit digambar hanya menggunakan peralatan standar. 

Mal gambar ini membuat proses pengerjaan gambar menjadi lebih cepat. Selain itu gambar yang dihasilkan akan lebih rapi dan lebih mudah dipahami. Pada umumnya mal yang banyak digunakan saat ini dibuat dari plastik dan mika yang bening, dan ukuran dibikin berdasar standard yang ada.

Macam Macam Mal

Terdapat beberapa macam mal yang digunakan pada gambar teknik. Macam macam mal tersebut terdiri dari.

a. Mal Huruf

Mal huruf merupakan salah satu macam mal yang sering digunakan pada gambar teknik. Mal huruf yakni alat yang dipakai untuk membuat huruf dengan mediatoran pen/rapido. Mal huruf sering digunakan untuk membuat keterangan gambar pada etiket. Mal huruf memiliki ukuran 0.25, 0.35, 0.5, 0.7, 1,4, dan 2 mm.

macam macam mal

b. Mal Busur

Mal busr adalah salah satu macam mal pada gambar teknik yang digunakan untuk membuat lengkungan-lengkungan yang teratur, misalkan lengkungan parabola, hiperbola dan lain-lain. Mal ini berperan untuk menggambarkan garis-garis lengkung spesial yang tidak dapat digambarkan oleh periode dan alat yang lain, seperti garis lengkung grafik dan diagram.

macam macam mal

c. Mal Elips

Mal elips sering digunakani untuk membuat beberapa bentuk elips. Sebagai contoh penggunaan mal elips adalah gambar selinder, cincin, kutub dan beberapa bentuk yang lain.

macam macam mal

d. Mal Lingkaran

Mal lingkaran dipakai untuk membuat lingkaran-lingkaran kecil, lingkaran kecil yang bisa dibuat dengan memakai mal lingkaran dimulai dari diameter 1mm s/d 36 mm. Pada mal lingkaran setiap ukuran lingkaran yang ada di mal lingkaran telah ada empat garis sumber mal lingkaran dengan garis sumbu gambar yang sudah dibikin pada kertas itu.

macam macam mal

e. Mal Spesial (Tanda-Tanda)

Mal spesial terdiri dari berbagai wujud spesial/lain memiliki beracam-macam wujud, misalkan untuk simbol-simbol pembuatan, sinyal pembuatan, anak panah dan sebagainya. 

macam macam mal

Diatas merupakan pembahasan mengenai fungsi mal dan macam macam mal yang digunakan pada gambar teknik. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Fungsi Dan Macam Macam Mal Pada Gambar Teknik"