Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Fuel Pump Tidak Bunyi: 5 Macam Penyebab Dan Analisisnya

Penyebab Fuel Pump Tidak Bunyi - Fuel pump terkadang mengalami kerusakan, salah satunya tidak berbunyi. Penyebab fuel pump tidak bunyi ini bisa bermacam-macam. Oleh karena itu perlu dilakukan pemeriksaan secara mendalam untuk mengetahui penyebab fuel pump yang tidak bunyi.

Dalam kendaraan injeksi, fuel pump atau pompa bensin merupakan salah satu komponen penting. Fuel pump ini berfungsi untuk memompa bensin dari tanki ke injektor. Selain itu fuel pump juga diguakan untuk meredam desakan bensin supaya selalu konstan sesuai dengan kebutuhan mesin.

Oleh karena itu kerusakan pada fuel pump dapat menyebabkan kendaraan injeksi macet. Fuel pump yang tidak bunyi bisa jadi salah satu indikator kerusakan pada rangkaian fuel pump kendaaan. Namun untuk lebih jelasnya mengenai penyebab fuel pump tidak bunyi akan dibahas lebih lengkap pada artikel berikut ini.


penyebab fuel pump tidak bunyi

Penyebab Fuel Pump Tidak Bunyi

1. Sekering Putus

Dalam sebuah rangkaian kelistrikan termasuk fuel pump pasti terdapat sekering atau fuse. Fuse ini berfungsi sebagai pengaman dari konsleting listrik maupun arus berlebihan. Dengan begitu pompa tidak akan terbakar akibat arus yang berlebihan tadi.

Oleh karena itu yang pertama perlu dicurigai sebagai penyebab fuel pump yang tidak bunyi adalah sekering atau fuse. Untuk pengecekan sangat mudah yaitu menggunakan multimeter posisi tahanan dan hubungkan kedua kaki fuse. Apabila tidak terdapat hubungan maka dapat dipastikan sekering putus dan perlu dilakukan penggantian.

2. Kunci Kontak Terbakar

Kunci kontak berguna untuk mengalirkan arus listrik dari baterai ke fuel pump ketika mesin digunakan. Oleh karena itu semakin lama mesin menyala semakin lama pula kerja dari kunci kontak. Apabila kondisi ini terjadi secara terus menerus ditambah adanya arus yang berlebihan maka dapat menyebabkan kunci kontak terbakar dan gosong.

Selain itu konsleting listrik juga dapat menyebabkan terminal pada kunci kontak menjadi gosong. Hal ini tentu akan mengganggu proses aliran arus listrik dari baterai ke fuel pump. Namun masalah ini tidak akan terlihat secara visual namun perlu dilakukan pembongkaran terlebih dahulu pada kunci kontak.

Apabila kondisi ini terjadi maka perlu dilakukan pembersihan dengan menggunakan amplas sampai bekas terbakar hilang. Dengan begitu tidak ada hambatan yang menyebabkan arus listrik sulit mengalir ke fuel pump.

3. Kerusakan IC Pompa

Pompa bensin itu mempunyai IC atau regulator yang mengendalikan waktu aktif pompa saat kunci kontak diposisikan ON dan mengendalikan kerja fuel pump sesuai dengan kebutuhan yang dibutuhkan mesin. IC fuel pump biasanya menjadi satu dengan pompa bahan bakar sehingga perlu melepas fuel pump terlebih dahulu.

Untuk memeriksa IC itu sebenarnya cukup susah dikarenakan terdapat beberapa kombinasi komponen elektronik seperti resistor, transistor, dan lain sebagainya. Namun untuk mudahnya maka cukup memeriksa termninal yang menuju IC fuel pump.

Pada socket terdapat dua terminal baterai yaitu  (+) serta massa (-). Pastikan ketika posisi kunci kontak ON terdapat arus yang mengalir pada socket tersebut. Untuk lebih mudahnya dapat menggunakan multimeter. Apabila terdapat arus kemungkinan kerusakan pada IC pompa. Namun apabila tidak ada arus dapat dipastikan kerusakan pada rangkaian sebelum fuel pump.

4. Kabel Fuel Pump Terputus

Untuk memeriksa kabel pompa apa putus atau tidak dapat menggunakan multimeter. Caranya sangat mudah yaitu tinggal menghubungkan kabel merah ke positif kabel dan hitam ke sisi negatif. .

Memposisikan kunci konta ON maka semestinya tegangan yang bisa dibaca 12 volt, tetapi jika tidak ada, karena itu ada kabel yang putus. Atau langkah lain kalian bisa mengurut kabel pompa untuk cari tahu mana kabel yang putus. Hal ini perlu dilakukan secara teliti sehingga kabel yang putus dapat ditemukan.

5. Elemen Fuel Pump Rusak

Paling akhir penyebab kerusakan fuel pump yang tidak bunyi adalah dari pompa itu sendiri. Umumnya saat motor pompa rusak diawali dengan tekanan bahan bakar yang kurang dari standar. Selain itu aliran bahan bakar biasanya terlambat sehingga menyebabkan kendaraan susah menyala. Oleh karena itu perlu dicek kondisi fuel pump apakah telah mengalami kerusakan atau tidak.

Namun pada umumnya apabila terdapat kerusakan pada fuel pump harus diganti satu unit. Dengan kata lain tidak dapat diganti per komponen fuel pump.

Diatas merupakan pembahasan mengenai penyebab fuel pump tidak bunyi. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Penyebab Fuel Pump Tidak Bunyi: 5 Macam Penyebab Dan Analisisnya"