Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal 4 Perbedaan Katup In Dan Ex

Perbedaan Katup In Dan Ex - Katup terdiri dari dua jenis yaitu katup in dan ex. Keduanya memiliki beberapa perbedaan yang mendasar. Oleh karena itu jangan khawatir apabila katup in dan ex tertukar. Lalu apa saja perbedaan katup in dan ex?

Katup pada kendaraan memiliki fungsi sebagai saluran untuk memasukan udara dan bahan bakar serta mengeluarkan gas sisa pembuangan. Baik katup in dan ex memiliki fungsi yang sangat penting pada kendaraan. Tanpa adanya katup in dan ex maka mesin tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya. Untuk lebih jelasnya mengenai perbedaan katup in dan ex akan dibahas lebih dalam melalui artikel berikut ini.


perbedaan katup in dan ex

Perbedaan Katup In Dan Ex

1. Fungsi Katup

Perbedaan pertama dari katup in dan ex adalah fungsinya. Katup ini memiliki fungsi untuk mengatur masuknya campuran udara dan bahan bakar didalam ruang bakar. Artiya katup in berguna untuk mengatur air fuel ratio tergantung kebutuhan mesin kendaraan.

Sementara itu katup ex memiliki fungsi untuk mengatur keluarnya gas sisa pembakaran. Gas sisa pembakaran yang terdiri dari karbon monoksida, dan partikel gas lainnya harus dibuang. Hal ini bertujuan agar proses pembakaran berikutnya berjalan maksimal.

2. Diameter Katup

Selain fungsi, perbedaan kedua dari katup in dan ex adalah diameternya. Secara visual katup in memiliki diameter yang lebih besar dibanding katup ex. Hal ini bertujuan agar campuran bahan bakar dan udara yang masuk kedalam ruang bakar dapat maksimal tergantung kebutuhan mesin.

Sementara itu katup ex dibuat lebih kecil daripada katup in. Hal ini dikarenakan gas sisa pembakaran memiliki tekanan yang tinggi sehingga dapat keluar sendiri melalui celah katup ex saat membuka. Selain itu gas sisa pembakaran juga di dorong oleh piston. Tentunya berbeda dengan katup in yang hanya memanfaatkan kevakuman silinder mesin.

3. Tanda Katup

Cara paling mudah untuk melihat perbedaan katup in dan ex adalah melihat tanda yang terdapat pada permukaan katup. Pada bagian bawah terdapat tulisan in ataupun ex. Tulisan in menandakan katup tersebut adalah katup in atau katup masuk. Sementara itu tulisan ex menandakan katup ex atau katup buang.

4. Bahan Katup

Katup in biasanya dibuat dari bahan baja campuran yang membuat katup in lebih mudah ditarik oleh magnet. Berbeda dengan katup ex yang terbuat dari baja campuran nikel dengan kandungan yang lebih banyak. Hal ini bertujuan agar katup buang lebih tahan terhadap panas dan pemuaian kecil.

Diatas merupakan pembahasan mengenai perbedaan katup in dan ex pada mesin kendaraan. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Mengenal 4 Perbedaan Katup In Dan Ex"