Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Fungsi Kunci Momen (Torque Wrench) Dan Cara Menggunakannya

Fungsi Kunci Momen - Kunci momen atau torque wrench adalah salah satu peralatan penting pada industri otomotif. Hal ini dikarenakan fungsi kunci momen atau torque wrench yang sangat penting. Tanpa adanya kunci ini maka kendaraan tidak dapat terangkai dengan baik.

Kunci momen sering ditemukan dalam proses perakitan kendaraan ataupun perawatan dan perbaikan kendaraan. Kunci momen memiliki fungsi untuk mengencangkan baut atau mur dengan skala atau ukuran momen tertentu. Untuk lebih jelasnya mengenai fungsi kunci momen dan jenis jenisnya akan dibahas lebih lengkap pada artikel berikut ini.

Pentingnya Kunci Momen

Baut / mur memiliki spesifikasi, spesifikasi ini diperlukan tergantung pada ukuran / kekuatan. Misalnya, mengatur mur roda bila tidak sesuai dengan spesifikasi ada dua kemungkinan, yaitu: jika terlalu longgar, potensi akan terlepas, namun apabila terlalu ketat dapat menyebabkan baut atau mur patah.

Untuk mencegah baut tegas / mur yang terlalu ketat atau terlalu longgar, dapat menggunakan sebuah kunci momen. Dengan kunci momen, proses mengencangkan sekrup secara bertahap untuk menghindari berbagai hal yang tidak di inginkan seperti patah dan lain sebagainya.

Fungsi Kunci Momen

Fungsi kunci momen atau torque wrench adalah alat khusus yang digunakan untuk mengencangkan baut atau mur pada kendaraan dengan skala atau momen tertentu. Selain itu dengan menggunakan kunci momen maka dapat diketahui seberapa besar momen puntir yang diberikan pada baut atau mur. 
 
Dari hal tersebut maka dapat diketahui bahwasanya dengan menggunakan kunci momen, kekencangan sebuah baut atau mur dapat dibatas sesuai dengan spesifikasi dari baut itu sendiri. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya kerusakan pada baut akibat momen puntir yang berlebihan.
 
Kunci momen atau torque converter biasanya berbentuk batang yang memiliki setelan serta pada bagian ujungnya terdapat bagian yang di hubungkan dengan kunci shock. Dengan begitu kunci momen dapat digunakan pada berbagai baut atau mur kendaraan.
fungsi kunci momen

Bagian Kunci Momen

Secara umum kunci momen atau torque converter hanya terdiri dari 4 komponen utama. Komponen kunci momen tersebut adalah

1. Handle

Handel pada kunci momen memiliki fungsi sebagai pegangan saat mengencangkan baut atau mur pada kendaraan. Handel pada beberapa jenis kunci momen juga berfungsi sebagai penyetel kekuatan puntir.

2. Skala

Skala memiliki fungsi untuk mengetahui seberapa besar momen puntir yang diterima oleh baut atau mur saat mengencangkan menggunakan kunci momen. Pada beberapa jenis kunci skala dapat disetel secara langsung sebelum menggunakan kunci momen.

3. Lengan

Lengan merupakan bagian dari kunci momen yang digunakan untuk menghubungkan gagang dengan kepala kunci momen. Selain itu juga digunakan untuk meneruskan momen puntir dari gagang ke kepala kunci serta membatasi sesuai dengan setelan kunci momen.

4. Kepala

Kepala kunci momen digunakan untuk menghubungkan kunci momen dengan mata shock. Hal ini berguna agar kunci momen dapat digunakan pada berbagai ukuran dan spesifikasi baut mur.

Cara Menggunakan Kunci Momen

terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan ketika menggunakan kunci momen. Untuk lebih jelasnya berikut cara menggunakan kunci momen yang benar.
cara menggunakan kunci momen

1. Mengendorkan Mur Penyetel

Langkah pertama yang harus dilakukan ketika menggunakan kunci momen atau torque converter adalah mengendorkan mur penyetel skala puntir yang terdapat pada kunci momen. Setelah itu sesuikan skala momen dengan spesifikasi pada baut. 
 
Untuk baut atau mur dengan tingkat kekencangan yang tinggi maka penyetelan skala momen dilakukan secara bertahap untuk mencegah terjadinya kerusakan pada baut atau mur. Selain itu pastikan penyetelan skala benar benar sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkan.

2. Mengunci Mur Penyetel

Untuk mencegah skala penyetelan pada kunci momen berubah maka setelah melakukan penyetelan perlu dikunci kembali mur penyetelnya. Proses penguncian mur penyetel tergantung dari jenis kunci momen yang digunakan.

3. Mengencangkan Mur Dan Baut Dengan Kunci Biasa

Kunci momen hanya digunakan sebagai alat terakhir untuk mengencangkan baut atau mur. Hal ini untuk menjaga penyetel momen pada kunci dol atau rusak. Oleh karena itu sebelum menggunakan kunci momen maka baut atau mur perlu di kencangkan terlebih dahulu menggunakan kunci biasa.

4. Memasang Kunci Shock Pada Kunci Momen

Untuk membuat kunci momen agar dapat digunakan pada berbagai ukuran baut mur maka pada bagian kepala kunci momen dapat dirubah ukurannya sesuai dengan kebutuhan. Pada bagian kepala kunci momen dapat dipasang kunci shock dengan berbagai ukuran. Sesuaikan ukuran kunci shock dengan kebutuhan baut mur yang akan dikencangkan dengan kunci momen. 

5. Memasang Kunci Shock Pada Baut/Mur

Setelah menemukan kunci shock yang sesuai maka shock dipasangkan ke baut atau mur yang akan di di kencangkan. Pastikan seluruh sisi mur dan baut tercover oleh kunci shock sehingga tidak melukai atau menyebabkan kerusakan pada baut atau mur.

6. Memutar Kunci Momen Sampai Berbunyi Klik

Memutar kunci momen searah jarum jam. Pastikan sampai terdengar suara klik pada kunci momen. Suara klik ini berfungsi sebagai pertanda bahwa baut atau mur sudah kencang sesuai dengan momen pengencengan yang dibutuhkan.
 
Diatas merupakan pembahasan mengenai fungsi kunci momen (torque converter) dan jenis jenis kunci momen. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Mengenal Fungsi Kunci Momen (Torque Wrench) Dan Cara Menggunakannya"