Mengenal 4 Ciri Motor 4 Tak Yang Harus Diketahui

Ciri Ciri Motor 4 Tak - Secara umum terdapat dua penggolongan motor yaitu 2 tak dan 4 tak. Namun pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai motor 4 tak baik pengertian motor 4 tak maupun ciri ciri motor 4 tak.

Motor 4 tak adalah motor yang memiliki 4 langkah untuk menghasilkan satu usaha. Terdapat beberapa ciri ciri motor 4 tak. Untuk lebih jelasnya mengenai motor 4 tak akan dibahas lebih lengkap pada artikel berikut ini.

Pengertian Motor 4 Tak

Motor 4 tak atau 4 langkah adalah salah satu jenis motor yang membutuhkan 4 kali langkah piston atau dua kali putaran crankshaft untuk setiap siklus kerjanya. Hal ini dikarenakan setiap langkah piston dibagi dan dibatasi secara jelas mulai dari langkah hisap, langkah kompresi, langkah usaha, dan langkah buang.
ciri ciri motor 4 tak

Ciri Ciri Motor 4 Tak

Terdapat beberapa ciri motor 4 tak yang dapat diperhatikan secara langsung. Untuk lebih jelasnya berikut merupakan ciri ciri motor 4 tak.

1. Siklus Kerja

Pada motor 4 tak setiap siklus kerja terdapat 4 langkah piston. Setiap langkah memiliki fungsi tersendiri yatiu langkah hisap, langkah kompresi, langkah usaha, dan langkah buang. Artinya untuk menyelesaikan satu siklus kerja piston akan bergerak naik turun sebanyak 2 kali.

2. Katup

Salah satu ciri,pada motor 4 tak yaitu pemasukan dan pembuangan sudah memiliki batasan yang jelas atau tidak menjadi satu. Oleh karena itu pada motor 4 tak terdapat minimal dua buah klep atau katup yaitu katup masuk dan katup buang. 

3. Bahan Bakar

Salah satu ciri motor 4 tak adalah dapat dilihat dari bahan bakarnya. Pada motor 4 tak tidak membutuhkan oli samping. Oleh karena itu bahan bakar yang digunakan murni bahan bakar tanpa adanya campuran bahan lainnya.

4. Gas buang

Gas buang adalah salah satu ciri motor 4 tak yang dapat diamati secara visual. Selain itu hal ini juga yang membuat motor 4 tak banyak diminati orang. Proses pembakaran pada motor 4 tak lebih sempurna dibanding motor 2 tak. Oleh karena itu gas buang yang dihasilkan akan lebih bersih sehingga tidak akan menghasilkan asap putih maupun kanduangan gas lainnya.

5. Cincin Pelumas

Dikarenakan pada motor 4 tak menggunakan bahan bakar murni maka diperlukan pelumas yang akan melumasi setiap bagian motor 4 tak. Oleh karena itu dibutuhkan ring pelumas yang akan meratakan pelumas mesin ke dinding silinder mesin sehingga tidak mudah terjadi keausan. 

Diatas merupakan pembahasan mengenai motor 4 tak mulai dari pengertian motor 4 tak dan ciri ciri motor 4 tak. Untuk mengetahui cara kerja motor 4 tak dapat melaui link berikut ini. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Mengenal 4 Ciri Motor 4 Tak Yang Harus Diketahui"