Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Camshaft Dan Crankshaft (Lengkap)

Perbedaan Camshaft Dan Crankshaft - Camshaft serta crankshaft adalah elemen utama pada satu motor bakar. Camshaft serta crankshaft sama-sama terkait dalam lakukan transisi usaha (pembakaran) untuk mesin. Keduanya memiliki manfaat dan fungsi yang sama pentingnya.

Walaupun secara visual berbeda, namun terkadang banyak yang salah penyebutan mengenai kedua jenis poros baik camshaft maupun crankshaft. Oleh karena itu pada artikel berikut ini akan dibahas mengenai perbedaan camshaft dan crankshaft. 


Perbedaan Camshaft Dan Crankshaft
perbedaan camshaft dan crankshaft

1. Camshaft

Camshaft atau kerap disebutkan dengan noken as ialah sisi mesin yang berputar-putar, berperan untuk mengatur gerakan katup inlet serta outlet. Tetapi, untuk motor bakar diesel, camshaft ini berperanan selaku pengontrol cara injection pump dalam mendesak bahan bakar.

Camshaft ini  mempunyai benjolan (lift) untuk batangnya. Benjolan itu berperan selaku timing cara katup. Sama karena itu katup inlet bisa terbuka saat katup toko tertutup atau kebalikannya. Serta ada 1 titik di mana ke-2 katup akan tutup dengan bertepatan.

Camshaft biasanya dibuat dari kombinasi cast iron, carbon steel atau alumunium alloy yang dibuat demikian rupa hingga berupa batangan silinder dengan panjang spesifik serta mempunyai beberapa bagian dengan wujud spesial berbentuk lobe serta journal. Lobe, berperan untuk mendesak klep, sedang journal berperan selaku tempat kutub camshaft ber-rotasi.

Supaya camshaft bisa berputar-putar, camshaft dikaitkan dengan crankshaft memakai timing belt, timing chain atau timing gear. Di sini, perputaran camshaft akan mengikut perputaran crankshaft yakni saat crankshaft berputar-putar 2x perputaran karena itu camshaft akan berputar-putar 1x perputaran (untuk mesin 4 tidak). Sedang untuk mesin 2 tidak, karena itu 1 perputaran camshaft sama dengan 1 perputaran crankshaft.

2. Crankshaft

Crankshaft atau kutub engkol atau kruk as ialah kutub penting yang tersambung dengan connection rod (batang piston). Peranan crankshaft ini ialah mengganti pergerakan turun naik piston jadi perputaran mesin. Perputaran tersebutlah nanti yang kaan menggerakan beberapa bagian yang lain, seperti camshaft, balancer, pompa oli, serta roda edan.

Crankshaft mempunyai nama yang lain yang lebih dekat dipakai di kelompok pebengkel seperti kruk as atau kutub engkol. Crankshaft adalah bagian utama untuk mesin yang berperan untuk mengganti gerak turun naik piston jadi pergerakan berputar-putar.

Komponen ini terdapat pada bagian bawah blok mesin persisnya di bawah silinder. Jadi, bila kita pengin mengenali letak cranksahft satu mesin, karena itu lihatlah di bagian bawah dalam silinder bloknya.

Crankshaft dengan akan langsung tersambung dengan piston lewat connecting rod atau stang seher. Jadi saat mesin kerja serta membuahkan ledakan dalam tempat bakar, karena itu tenaga yang dibuat akan menggerakkan piston ke bawah. Pergerakan piston ke bawah ini akan menggerakkan connecting rod serta mengeser crank pin hingga crankshaft bergerak dengan arah berputar-putar.

Oleh karena itu, crankshaft ini akan berputar-putar jika untuk tempat bakar mesin berlangsung usaha (power). Hasil putaran berikut yang selanjutnya dipakai untuk memutar camshaft, memutar transmisi, sampai ke roda.

3. Perbedaan Camshaft Serta Crankshaft

Untuk lebih jelasnya mengenai perbedaan camshaft dengan crankshaft akan dibahas lebih lengkap yaitu:

  • Camshaft berputar-putar 1x sedang crankshaft berputar-putar 2x untuk 1 setiap transisi kerja pada mesin.
  • Dimensi camshaft biasanya lebih kecil dengan diameter yang kecil pula sedang crankshaft mempunyai dimensi yang lebih besar.
  • Crankshaft ditempatkan cuman pada bagian bawah silinder blok mesin, sedang camshaft lebih fleksibel. Ada camshaft yang terpasang pada bagian silinder kepala (Silinder head) serta ada juga camshaft yang terpasang di blok mesin.
  • Camshaft berperan untuk mengendalikan gerakkan membuka tutup katup (valve) intake serta exhaust sama firing order sedang crankshaft berperan untuk mengkonversi pergerakan piston mundur-maju dalam silinder mesin jadi pergerakan berputar-putar.

Demikian artikel mengenai perbedaan camshaft dan crankshaft yang banyak ditemukan pada mesin kendaraan. Semoga dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Perbedaan Camshaft Dan Crankshaft (Lengkap)"