Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fungsi Kunci Pas (Open End Spanner) Dan Cara Menggunakan

Konten [Tampil]
Fungsi Kunci Pas - Dalam perawatan dan perbaikan kendaraan dibutuhkan berbagai peralatan tangan salah satunya yaitu kunci pas atau open end spanner. Kunci pas atau open end wrench ini sangat umum ditemukan pada bengkel otomotif. Hal ini dikarenakan fungsi kunci pas yang sangat diperlukan untuk proses perawatan kendaraan.

Kunci pas pada umumnya terbuat dari bahan chrome vanadium. Setiap ujungnya membentuk rahang dengan sudut 15 derajat. Namun pada beberapa kunci khusus biasanya dapat membentuk sudut hingga 90 derajat. Rahang kunci pas memiliki perbedaan ukuran pada setiap ujungnya. 

Setiap ukuran pada rahang kunci pas menunjukan ukuran dari kepala baut atau mur yang dapat dikerjakan. Satuan ukuran pada rahang kunci pas adalah metrik (mm) ataupun inch. Ukuran kunci pas terdiri dari 6 mm sampai 36 mm. Walaupun ada beberapa ukuran yang memang tidak digunakan yaitu 31,33, 34, dan 35.

Penggunaan yang sangat sering membuat seorang mekanik harus mengetahui fungsi kunci pas serta cara menggunakannya. Untuk lebih jelasnya mengenai kunci pas atau open end spanner baik dari fungsi kunci pas dan cara menggunakan kunci pas akan dibahas pada artikel berikut ini.

Fungsi Kunci Pas

Fungsi kunci pas atau open end spanner adalah untuk mengendorkan atau mengencangkan baut atau mur yang memiliki momen pengencangan tidak terlalu kuat. Hal ini dikarenakan pada salah satu sisi mur tidak tercover oleh sisi kunci pas sehingga kemungkinan lepas lebih besar ketika digunakan untuk baut yang memiliki momen tinggi. 
 
Meskipun tidak memiliki kemampuan untuk melepas dan mengencangkan baut atau mur dengan momen tinggi namun kunci pas memiliki beberapa keuntungan. Kunci pas memiliki kecepatan untuk mengendorkan dan mengencangkan baut atau mur. Selain itu karena bentuk kunci pas yang pipih dapat digunakan untuk lokasi yang sempit atau ruang terbatas.
 
Oleh karena itu penggunaan kunci pas atau open end spanner harus disesuaikan dengan fungsinya. Hal ini bertujuan agar pekerjaan dapat berjalan lebih efektif dan efisien.
fungsi kunci pas

Cara Menggunakan Kunci Pas

Cara menggunakan kunci pas sebenarnya hampir sama dengan kunci lainnya. Namun terdapat beberapa prosedur yang harus dilakukan agar alat dan bahan yang dikerjakan selamat. Dengan begitu kunci pas dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Untuk lebih jelasnya berikut cara menggunakan kunci pas yang benar atau sesuai dengan prosedur:
  1. Memastikan ukuran rahang pada kunci pas yang digunakan harus sama dengan ukuran kepala baut atau mur yang akan dikerjakan. Misalkan ukuran kepala baut 12 mm maka kunci pas yang digunakan juga harus berukuran 12 mm. 
  2. Setelah menentukan ukuran rahang kunci pas yang sesuai maka langkah kedua adalah memposisikan kunci pas lurus serta benar dengan kepala baut atau mur. Jangan sampai posisi kunci pas miring. Hal ini dikarenakan dapat menyebabkan kunci terlepas dan dapat merusak kepala baut maupun permukaan rahang dari kunci pas.
  3. Langkah ketiga dalam menggunakan kunci pas atau open end spanner adalah memposisikan kunci pas dengan rahang yang besar pada bagian atas. Setelah posisi benar maka kunci pas ditarik ke bawah. Jangan menggunakan kunci pas dengan cara mendorongnya.
  4. Apabila tidak kuat untuk mengendorkan kepala baut atau mur jangan menggunakan sambungan pipa atau lain sebagainya. Hal ini dikarenakan dapat merusak baut maupun kunci pas itu sendiri. Apabila tidak kuat disarankan menggunakan kunci lain yang memang memiliki kemampuan untuk melepas baut dengan momen tinggi.

Perawatan Kunci Pas

Untuk menjaga fungsi dari kunci pas agar tetap digunakan dalam jangka waktu yang lama maka perlu dilakukan perawatan. Untuk lebih jelasnya berikut beberapa cara perawatan kunci pas.

  1. Membersihkan kunci pas setelah digunakan dari kotoran maupun debu yang menempel.
  2. Menyimpan kunci pas pada tempat penyimpanan yang kering.
  3. Memeriksa secara berkala apabila terdapat keausan maka segera ganti dengan yang baru.
Diatas merupakan pembahasan mengenai kunci pas baik fungsi kunci pas serta cara menggunakan kunci pas yang benar. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Fungsi Kunci Pas (Open End Spanner) Dan Cara Menggunakan"