Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fungsi Kunci Inggris, Bagian, Ukuran, Dan Cara Menggunakan (Adjustable Spanner)

Konten [Tampil]
Fungsi Kunci Inggris - Kunci inggris atau yang dikenal dengan adjustable spanner atau adjustable wrench adalah salah satu jenis alat tangan atau hand tools. Kunci inggris adalah sebuah peralatan tangan yang memiliki fungsi untuk mengendorkan dan mengencangkan baut dan ukurannya dapat disesuaikan dengan ukuran mur/baut. 

Mengingat sering ditemukannya kunci inggris dalam workshop otomotif, maka perlu diketahui berbagai hal mengenai kuci inggris.. Untuk lebih jelasnya mengenai fungsi kunci inggris, bagian, dan cara menggunakan akan dibahas pada artikel berikut ini.

Fungsi Kunci Inggris

Fungsi kunci inggris adalah untuk melepas dan mengencangkan baut/mur ketika ukuran kunci pass atau ring tidak ada yang sesuai. Kunci inggris ini dapat kita gunakan ketika tidak ada kunci yang sesuai dengan kita butuhan. Oleh karena itu kita dapat menggunakan kunci inggris atau adjustable spanner ini.
 
Walaupun begitu kunci ini tidak boleh digunakan untuk baut atau mur dengan beban yang berat. Hal ini dikarenakan dapat merusak bagian permukaan baut ataupun kunci itu sendiri. Oleh karena itu kunci inggris berfungsi sebagai pengganti darurat saja.
 
Cukup dengan memutar skrup penyetel, maka ukuran rahang dari kunci inggris akan berubah sesuai dengan yang kita butuhkan. Apabila memutar searah jarum jam maka rahang akan menjadi sempit. Sebaliknya apabila skrup penyetel diputar berlawanan arah jarum jam maka rahang akan membuka atau semakin lebar.
fungsi kunci inggris

Bagian Kunci Inggris

Kunci inggris atau adjustable spanner terbagi menjadi beberapa bagian utama. Bagian-bagian kunci ingris yaitu

1. Rahang Diam

Rahang diam pada kunci inggris menyatu dengan gagang atau lengan. Rahang diam adalah bagian dari kunci inggris yang diam atau statis pada saat skrup penyetel diputar.

2. Rahan Geser

Rahang geser disatukan dengan rel yang akan berubah ubah apabila skrup penyetel diputar. Hal ini yang menyebabkan ukuran rahang kunci inggris dapat berubah ubah sesuai kebutuhan.

3. Skrup/Ulir Penyetel

Skrup atau ulir penyetel merupakan bagian dari kunci inggris yang berfungsi untuk menggeser ukuran rahang geser agar sesuai dengan ukuran mur atau baut. Skrup atau ulir penyetel ini dapat diputar ke kiri dan ke kanan.

4. Lengan/Gagang 

Lengan atau gagang berfungsi sebagai pegangan atau gagang saat kunci inggris di putar.

Ukuran Kunci Inggris

Kunci inggris terdiri dari beberapa ukuran. Ukuran kunci inggris ini mulai dari 4 inch (114 mm) hingga 24 inch (612 mm). Ukuran ini merupakan ukuran panjang dari kunci inggris. Sementara itu untuk ukuran bukaan dari rahang kunci inggris atau adjustable spanner adalah 13 mm sampai 62 mm.
 
Untuk mempermudah, berikut merupakan ukuran kunci inggris baik panjang maupun pembukaan rahangnya.
ukuran kunci inggris
Sebagai contoh, rahang ukuran 8 inch dapat digunakan untuk membuka baut atau mur berukuran 24.05 mm. Apabila melebihi ukuran tersebut maka tidak dapat dijangkau oleh kunci inggris dengan ukuran 8 inch. Ukuran rahang terbuka merupakan ukuran maksimum untuk kepala baut atau mur yang dapat ditarik dengan kunci inggris tersebut.

Cara Menggunakan Kunci Inggris

Dalam penggunaan kunci inggris harus benar-benar memperhatikan prosedurnya dikarenakan posisi rahang yang dapat digeser-geser. Hal ini bertujuan agar kunci inggris dapat digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama. 
cara menggunakan kunci inggris
Berbagai kesalahan dalam penggunaan kunci inggris dapat menyebabkan berbagai kerusakan baik alat, bahan, ataupun penggunanya. Oleh karena itu perlu diketahui bagaimana cara menggunakan kunci inggris atau adjustable spanner yang benar. Berikut cara menggunakan kunci inggris yang benar:
  1. Menyetel rahang geser sesuai dengan ukuran kepala baut atau mur. Untuk menyetel rahang geser kunci inggris dapat memutar ke kiri untuk menutup dan ke kanan untuk membuka rahang geser. Pastikan posisi rahang dapat menyentuh semua sisi baut atau mur dengan rapat. Dengan kata lain posisi baut atau mur terletak pada pangkal rahang.
  2. Setelah sesuai perhatikan juga posisi rahang. Selalu gunakan rahang tetap sebagai tumpuan atau dengan kata lain posisi rahang tetap selalu berada diatas tergantung arah putaran kunci.
  3. Memutar lengan kunci inggris dengan cara menarik. Jangan sekali kali memutar kunci inggris dengan cara mendorong karena dapat menyebabkan kecelakaan kerja.

Perawatan Kunci Inggris

Dalam perawatan kunci inggris sebenarnya hampir sama dengan alat handtools lainnya. Walaupun begitu perawatan kunci inggris atau adjustable spanner harus sesuai dengan prosedur agar alat dapat awet dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Berikut cara merawat kunci inggris atau adjustable spanner:
  1. Membersihkan kunci inggris atau adjustable spanner dari kotoran
  2. Memberikan sedikit pelumas pada bagian kunci inggris yang bergerak.
  3. Menempatkan kunci inggris pada tempat yang kering agar tidak mudah terjadi karat. 
  4. Menggunakan alat sesuai dengan prosedur yang benar.
Diatas merupakan pemabahasan mengenai fungsi kunci inggris, bagian, ukuran, dan cara menggunakannya. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Fungsi Kunci Inggris, Bagian, Ukuran, Dan Cara Menggunakan (Adjustable Spanner)"