Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal 9 Komponen Shock Depan Motor

Konten [Tampil]
Komponen Shock Depan - Shock depan merupakan salah satu komponen pada sistem suspensi pada kendaraan. Shock depan ini terdiri dari beberapa komponen yang memiliki fungsi yang berbeda beda. Lalu apa saja komponen shock depan?
 
Shockbreaker depan motor sebenarnya memiliki fungsi yang sama seperti shock breaker pada umumnya. Fungsi utama shock depan motor untuk meredam getaran, menopang kendaraan, menambah traksi, dan memelihara geometri kendaraan.

Perbandingan antara komponen shock mobil dan motor jauh berbeda. Apalagi komponen shock depan sepeda motor yang memiliki konstruksi yang berbeda. Untuk lebih jelasnya mengenai komponen shock depan pada sepeda motor akan dibahas pada artikel berikut ini.

Komponen Shock Depan Motor

Terdapat beberapa jenis komponen shock depan pada sepeda motor. Untuk lebih jelasnya berikut merupakan pembahasan mengenai komponen shock depan motor.
komponen shock depan

1. Silinder Garpu

Silinder garpu merupakan salah satu bagian dari shock depan pada sepeda motor. Silinder garpu berfungsi untuk case atau wadah dari berbagai komponen shock depan motor. Di dalam silinder garpu ini terdapat minyak hidrolik yang digunakan sebagai media peredaman. Oleh karena itu perlu dilakukan perawatan agar silinder garpu tetap dalam kondisi yang baik.

2. Seal Oli

Dalam pengggunaan hidrolik atau oli maka seal merupakan komponen yang sangat penting. Seal oli pada shock depan motor berfungsi untuk menjaga oli shock agar tidak keluar dari silinder garpu. Seal ini juga berfungsi sebagai perapat agar kotoran tidak masuk ke dalam shock.

Seal oli memang jarang mengalami kerusakan. Kerusakan terjadi apabila umur seal oli sudah cukup lama sehingga memang sudah saatnya dilakukan penggantian. Selain itu kotoran dan debu juga dapat mempercepat kerusakan pada seal oli.

3. Cincin Stopper

Cincin stopper memiliki fungsi untuk menahan oli agar tidak bergerak ke atas yang diakibatkan oleh tekanan minyak shock. Minyak shock yang mengalami kejutan akan terkompresi yang menyebabkan terjadinya perubahan tekanan. Perubahan tekanan ini harus diredam agar minyak tidak keluar dari silinder garpu.

4. Seal Debu

Selain seal oli, pada shock depan motor juga terdapat seal debu yang berfungsi untuk mencegah kotoran dan debu masuk ke dalam silinder garpu. Apabila kotoran dan debu masuk kedalam silinder akan merusak bagian silinder garpu dan dapat menimbulkan kebocoran serta kinerja shock tidak maksimal.

5. Tabung Garpu

Tabung garpu memiliki fungsi untuk membuat sekat atau ruang antara silinder garpu dan ruang didalam garpu tersebut. Namun tabung garpu ini hanya akan ditemukan pada kendaraan yang sudah memakai shock depan jenis twin tube atau dua tabung.

6. Torak Garpu

Torak garpu adalah satu komponen shock depan pada sepeda motor yang berfungsi sebagai piston yang akan mengompresi minyak shock yang ada didalam silinder garpu. Torak garpu akan membagi shock menjadi dua yaitu bagian diatas torak dan bagian dibawah torak. Hal ini yang akan menyebabkan minyak shock berpindah dari bawah torak ke bagian atas torak maupun sebaliknya untuk menyerap oksilasi yang dihasilkan oleh permukaan jalan.

7. Pegas Reaksi

Pegas reaksi memiliki fungsi untuk menerima dan menyerap kejutan atau oksilasi yang dihasilkan oleh permukaan jalan. Selama melewati jalan yang tidak rata maka pegas reaksi akan terus menyerap getaran atau kejutan. Oleh karena itu kerja dari pegas reaksi sangatlah berat.

8. Pegas Garpu

Selain pegas reaksi, terdapat pegas garpu yang merupakan bagian dari shock depan pada sepeda motor. Pegas garpu sebenarnya memiliki fungsi yang hampir sama dengan pegas reaksi. Namun pada pegas garpu akan menerima dan menyerap kejutan yang terjadi akibat torak garpu yang bergerak keatas. Oleh karena itu pegas garpu akan bekerja apabila torak mulai bergerak keatas sehingga torak akan tertahan.

9. Baut Garpu

Baut garpu berfungsi untuk menutup lubang yang terdapat diatas torak garpu. Tujuannya agar tidak terjadi kebocoran minyak atau oli shock. Baut garpu juga berfungsi sebagai tempat dari ring oli atau oil seal.

Diatas merupakan pembahasan mengenai komponen shock depan pada sepeda motor. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Mengenal 9 Komponen Shock Depan Motor"