Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Ukuran Etiket Pada Gambar Teknik (Ukuran, Dan Posisi)

Konten [Tampil]

Ukuran Etiket - Etiket pada gambar teknik memiliki ukuran tertentu yang perlu diperhatikan. Ukuran etiket ini disesuaikan dengan jenis etiket yang digunakan maupun ukuran kertas gambar. Semakin besar ukuran kertas maka ukuran etiket semakin besar.

Etiket pada gambar teknik berisikan berbagai informasi mengenai keterangan gambar. Oleh karena itu peranan etiket pada gambar teknik sangatlah penting. Untuk itu etiket harus memiliki ukuran yang proporsional sehingga keterangan gambar dapat dengan mudah dipahami. Untuk lebih jelasnya mengenai ukuran etiket pada gambar teknik akan dibahas pada artikel berikut ini.

Ukuran Etiket Pada Gambar Teknik  

Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan ketika membahas mengenai ukuran etiket pada gambar teknik. Berikut merupakan pembahasan mengenai ukuran etiket pada gambar teknik.

1. Posisi Etiket

Pada gambar teknik, sebelum melakukan proses penggambaran pada kertas perlu diketahui mengenai batas wilayah kerja gambar. Wilayah kerja gambar ini dibatasi oleh garis tepi. Batas garis tepi ini terdiri dari batas kiri kanan atas dan bawah. Batas sebelah kiri biasanya dibuat lebih besar sehingga gambar tidak tertutupi ketika dijilid.

Selain itu pada penggunaan posisi kertas gambar terdapat dua jenis yaitu landscape dan potrait. Oleh karena itu posisi etiket juga harus menyesuaikan dengan posisi kertas gambar. Untuk kertas gambar ukuran A4 hanya boleh menggunakan posisi potrait. Sementara itu untuk kertas A0-A3 dapat menggunakan kedua posisi. Untuk lebih jelasnya mengenai posisi etiket dapat melihat gambar berikut ini.

posisi etiket

2. Ukuran Etiket

Ukuran etiket bervariasi tergantung jenis etiket yang digunakan. Untuk lebih jelasnya berikut merupakan pembahasan mengenai ukuran etiket yang digunakan pada gambar teknik. 

a. Ukuran Etiket A4

Ukuran etiket pada gambar teknik sebenarnya bervariasi tergantung jenis etiket yang digunakan. Pada kertas A4 panjang etiket merupakan sisa dari ukuran kertas dikurangi dengan garis tepi yaitu 185 mm. Sementara itu untuk tinggi sebesar 40 mm. 
 
Setelah didapatkan ukuran panjang dan lebar maka didalamnya akan terbagi lagi menjadi beberapa kolom yang memiliki ukuran bervariasi tergantung jenis informasi yang akan diberikan. Pada umumnya judul, instansi, dan no gambar memiliki ukuran kolom yang besar. 
 
Untuk lebih jelasnya mengenai ukuran etiket A4 dapat melihat gambar dibawah ini.
ukuran etiket

b. Ukuran Etiket A3

Sementara itu untuk kertas ukuran A3 atau yang lebih besar biasanya digunakan untuk menggambar obyek berukuran besar serta lebih detail. Oleh karena itu ukuran etiket yang digunakan biasanya juga berbeda dengan ukuran etiket pada kertas A4. 

Pada kertas ukuran A3 etiket yang digunakan memiliki informasi yang lebih mendetail. Hal ini berguna agar informasi dapat diberikan ke pembaca secara lengkah. Akibat informasi yang lebih banyak maka ukuran etiket pada kertas gambar A3 memiliki tinggi yang lebih besar dibanding etiket A4. 

Untuk panjang etiket pada kertas gambar A3 sama seperti etiket A4 yaitu sebesar 185 mm. Sementara itu untuk tinggi etiket A3 lebih besar dibanding A4 yaitu 53-68 mm tergantung jenis etiket yang digunakan. Sementara itu untuk ukuran kolom informasi etiket berbeda-beda. 

Untuk lebih jelasnya mengenai ukuran etiket A3 dapat melihat gambar dibawah ini.
ukuran etiket

Diatas merupakan pembahasan mengenai ukuran etiket yang digunakan pada gambar teknik. Semoga menambah wawasan dan ilmu pengetahuan.

1 komentar untuk "Mengenal Ukuran Etiket Pada Gambar Teknik (Ukuran, Dan Posisi)"