Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal 5 Toleransi Gambar Teknik

Toleransi Gambar Teknik - Dalam gambar teknik, toleransi menjadi suatu hal yang sangat penting. Toleransi berguna pada suatu gambar yang akan dilakukan pengerjaan seperti benda metal, benda elektronik berukuran kecil, dan lain sebagainya. Lalu apa saja jenis toleransi pada gambar teknik?

Toleransi gambar teknik adalah dua batas penyimpangan yang masih dapat diizinkan pada gambar. Artinya pada gambar teknik terdapat ukuran dasar yang menjadi pokok gambar serta penyimpangan atau ukuran yang menjadi toleransi. Untuk lebih jelasnya mengenai toleransi gambar teknik akan dibahas pada artikel berikut ini.


Toleransi Gambar Teknik

Terdapat 4 jenis toleransi yang digunakan pada gambar teknik. Untuk lebih jelasnya berikut merupakan pembahasan mengenai toleransi gambar teknik.

1. Toleransi Umum

Toleransi umum merupakan salah satu toleransi yang banyak digunakan pada gambar teknik. Toleransi umum adalah toleransi yang mengikat ukuran dasar. Toleransi umum terbagi menjadi tiga yaitu teliti, sedang, dan kasar. Dari ketiganya yang banyak digunakan adalah tipe sedang.

Toleransi umum pada umumnya diletakkan pada bagian kiri atas gambar. Untuk besarnya tingkat toleransi dapat melihat tabel dibawah ini. Sebagai contoh toleransi 0.1 maka apabila gambar berukuran 20 mm maka dapat dikerjakan antara 19.9 - 20.1 mm.

toleransi gambar teknik

2. Toleransi Khusus

Toleransi khusus digunakan pada beberapa posisi atau letak dari sebuah obyek atau benda pada gambar teknik. Toleransi khusus adalah toleransi yang terletak diluar toleransi umum. Pada toleransi jenis ini diletakkan langsung pada setelah ukuran nominalnya.

toleransi gambar teknik

3. Toleransi Geometri

Toleransi geometri adalah toleransi pada gambar teknik yang mencakup bentuk, posisi, tempat, dan penyimpangan putar. Toleransi geometrik pada dasarnya digunakan untuk memberikan kesempatan memperlebar persyaratan dari toleransi ukuran. Pemakaian toleransi ini dianjurkan untuk digunakan apabila memang perlu untuk meyakinkan ketepatan komponen menurut funginya.

Toleransi bentuk berguna untuk membatasi penyimpangan diri dari sebuah elemen baik titik, garis, sumbu, permukaan, atau bidang meridian dari bentuk geometri yang ideal. Sementara itu toleransi posisi, tempat, dan keseimbangan putar berfungsi untuk membatasi penyimpangan posisi atau tempat dari dua buah atau lebih elemen.

toleransi gambar teknik

Sebagai contoh gambar pada toleransi khsusus merupakan penggunaan toleransi geometrik pada gambar teknik. Pada toleransi pertama menunjukan permukaan ketegaklurusan maksimal 0.02 mm terhadap permukaan B sementara yang lain salah. Toleransi kedua menunjukan kesejajaran maksimal 0.03 mm terhadap permukaan B sementara yang lain salah.

4. Toleransi Linier

Toleransi linier atau yang lebih dikenal dengan toleransi ukuran adalah dua batasan garis ukur yang diizinkan pada setiap elemen. Toleransi ukuran sering ditemukan pada gambar teknik sehingga lebih dikenal dengan toleransi umum.

toleransi gambar teknik

5. Toleransi Suaian

Toleransi suaian adalah suatu istilah untuk menggambarkan tingkat keketatan atau kelonggaran yang dimungkinkan dari penggunaan toleransi pada dua elemen yang saling berpasangan. Sebagai contoh elemen berpasangan adalah as dan poros. Untuk toleransi ini biasanya disimbolkan dengan huruf. Untuk lubang menggunakan simbol huruf kapital. Sementara untuk poros menggunakan simbol huruf kecil. 

Harga toleransi suaian terbagi menjadi tiga jenis yaitu suaian longgar yang menandakan keadaan longgar, suaian luncur yang mana toleransi antara poros dan as berkisar antara 0.002 - 0.02 mm. Sementara yang terakhir adalah suaian sesak yang mana ukuran poros lebih besar daripada ukuran lubang sehingga memerlukan usaha untuk proses pemasangan.

toleransi gambar teknik

Diatas merupakan pembahasan mengenai beberapa toleransi gambar teknik. Semoga dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Mengenal 5 Toleransi Gambar Teknik"