Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal 5 Fungsi Gambar Teknik

Konten [Tampil]

Fungsi Gambar Teknik - Gambar teknik memiliki fungsi yang sangat penting bagi seorang enginer atau ahli. Gambar teknik ini digunakan oleh enginer agar bisa membuat benda sesuai dengan rancangan. Lalu apa saja fungsi gambar teknik?

Dengan gambar teknik, seorang ahli dapat menganalisa, menghitung, dan membuat sebuah benda baik peralatan, mesin, dan lain sebagainya. Dengan begitu benda yang dibuat akan memiliki nilai guna, serta efektifitas dalam pembuatan. Untuk lebih jelasnya mengenai fungsi gambar teknik akan dibahas pada artikel berikut ini.  

Fungsi Gambar Teknik

Terdapat beberapa fungsi terkait penggunaan gambar teknik terutama dalam bidang otomotif. Untuk lebih jelasnya berikut merupakan pembahasan mengenai fungsi gambar teknik.

fungsi gambar teknik

1. Gambar Sebagai Bahasa Teknik

Gambar teknik merupakan salah satu alat yang digunakan untuk menyatakan maksud dan tujuan tertentu. Semua keinginan yang ada didalam otak akan dapat tersampaikan maksud dan tujuan secara keseluruhan menggunakan gambar teknik ini. Oleh karena itu gambar teknik sering disebut dengan bahasa teknik. 

Berbagai goresan didalam gambar teknik mengandung berbagai informasi yang dapat menjadi bahasa untuk menyampaikan maksud dan tujuan. Oleh karena itu pada gambar teknik harus diberikan beberapa keterangan dan lambang. Seberapa banyak keterangan dan mutunya tergantung kreatifitas dari perancang.

2. Gambar Sebagai Media Penyampaian Informasi

Pada permulaan industri, proses perencanaan dan pembuatan dilakukan oleh satu orang saja. Gambar hanya sebagai konsep bagi si pembuat. Namun dengan perkembangan industri maka perencanaan dan pembuatan tidak dilakukan oleh satu orang melainkan berbeda-beda orang, beda perusahan, atau bahkan beda negara.

Oleh karena itu gambar tidak hanya menjadi konsep rancangan saja, melainkan harus dapat menjadi alat untuk menyampaikan informasi dari pihak perencana ke pihak pembuatan. Pihak pembuatan terdiri dari bagian perancangan proses produksi, bagian pengontrol, bagian perakitan, bagian service, dan beberapa bagian lainnya.

3. Gambar Sebagai Bahan Dokumentasi, Pengawetan, Dan Penyimpanan

Fungsi ketiga dari gambar teknik adalah sebagai dokumentasi, pengawetan, dan penyimpanan. Gambar teknik berisikan berbagai informasi teknis mengenai sebuah produk secara detail dan padat. Oleh karena itu gambar teknik perlu di dokumentasi, diawetkan, dan disimpan sehingga informasi informasi ini dapat dipergunakan sebagai bahan pertimbangan bagi rencana-rencana baru dikemudian hari.

4. Gambar Sebagai Cara Cara Pemikiran Dalam Penyampaian Informasi

Selain itu gambar teknik juga memiliki fungsi sebagai cara pemikiran dalam penyampaian informasi. Ide atau gagasan yang masih bersifat abstrak diwujudkan atau dituangkan dalam bentuk gambar melalui beberapa proses analisa dan sistesis. Setelahnya gambar di teliti secara berulang ulang sehingga menghasilkan gambar yang sempurna.

5. Gambar Sebagai Penuangan Gagasan Untuk Pengembangan 

Gagasan atau ide untuk membuat benda benda teknik dimulai dari konsep abstrak. Konsep abstrak kemudian dituangkan dalam sebuah gambar sketsa. Sketsa kemudian digambar kembali menjadi sebuh gambar teknik yang berisikan berbagai informasi detail mengenai benda yang akan dibuat. Dalam hal ini gambar teknik berfungsi sebagai penuang gagasan dari konsep abstrak menjadi sebuah gambar rancangan berdasarkan kreatifitas perancang.

Diatas merupakan pembahasan mengenai fungsi gambar teknik. Semoga dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Mengenal 5 Fungsi Gambar Teknik"