Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Gambar Proyeksi Amerika (Pengertian, Ciri Ciri, dan Contoh)

Proyeksi Amerika - Proyeksi Amerika merupakan salah satu proyeksi orthogonal. Proyeksi amerika digunakan untuk mengambarkan obyek atau benda melalui beberapa pandangan. Dengan begitu informasi akan tersampaikan secara detail dan lengkap.

Proyeksi amerika sering sekali ditemukan pada gambar teknik. Oleh karena itu perlu dipelajari berbagai hal mengenai proyeksi amerika mulai dari pengertian, ciri ciri, dan contoh gambar proyeksi amerika. Semua hal terkait proyeksi amerika tersebut akan dibahas pada artikel berikut ini.

Pengertian Proyeksi Amerika

Proyeksi amerika adalah salah satu jenis proyeksi orthogonal. Proyeksi amerika lebih dikenal atau sering disebut dengan proyeksi sudut tiga atau proyeksi kuadran III. Proyeksi amerika merupakan proyeksi yang letak bidangnya sama dengan arah pandangannya.

Pada proyeksi amerika, benda atau obyek yang digambar seolah olah diletakkan kedalam sebuah peti serta sisi sisi yang tembus pandang sebagai bidang proyeksi. Pada tiap tiap bidang proyeksi akan nampak gambar pandangan dari benda menurut arah penglihatan dan ditentukan oleh anak panah.

Pandangan depan dalam arah A dipilih sebagai pandangan depan. Pandangan pandangan yang lain diproyeksikan menurut bidang proyeksi. Dengan begitu akan didapatkan beberapa pandangan menurut obyek sesuai dengan arah pandang kita seperti pandangan depan, pandangan atas, pandangan samping kiri, pandangan samping kanan, pandangan bawah dan pandangan belakang. Gambar dapat dilihat pada arah pandangan.

Pada setiap pandangan pada proyeksi amerika diletakkan secara berurutan. Mulai dari tengah sebagai patokan adalah pandangan depan, bagian atas pandangan atas, bagian kiri pandangan samping kiri, bagian kanan pandangan samping kanan, bagian bawah pandangan bawah, dan bagian belakang pandangan belakang. Meskipun tidak selamanya pada proyeksi amerika digambar secara utuh dari semua sisi.

Setiap pandangan pada proyeksi amerika akan memberikan informasi detail mengenai bentuk ukuran, dan lain sebagainya dari sebuah obyek yang digambar. Dengan begitu informasi pada gambar teknik akan lebih cepat tersampaikan.

proyeksi amerika

Ciri Ciri Proyeksi Amerika

Terdapat beberapa ciri ciri yang menandakan sebuah gambar termasuk dalam proyeksi amerika atau tidak. Untuk lebih jelasnya mengenai ciri ciri proyeksi amerika adalah sebagai berikut:

1. Letak Kuadran

Salah satu ciri ciri proyeksi amerika adalah letak kudrannya. Pada proyeksi ini terletak pada kuadran III. Oleh karena itu proyeksi amerika sering disebut dengan proyeksi sudut III atau proyeksi kuadran III. 

2. Arah Pandangan

Dari arah pandangannya, proyeksi amerika memiliki arah pandangan yang sama dengan letak bidangnya. Proyeksi ini sama seperti cermin. Ketika kita mengangkat tangan kanan maka pada gambar akan nampak tangan kanan. Sebaliknya ketika mengangkat tangan kiri maka pada gambar akan nampak tangan kiri. Artinya pandangan sesuai dengan yang nampak pada bidang proyeksi.

arah pandangan proyeksi amerika

3. Simbol

Salah satu ciri proyeksi amerika adalah simbol. Simbol proyeksi amerika nampak seperti gambar dibawah ini.

simbol proyeksi amerika

Contoh Gambar Proyeksi Amerika

Untuk lebih jelasnya mengenai proyeksi amerika, berikut merupakan beberapa contoh gambar proyeksi amerika. 

1. Contoh Gambar Proyeksi Amerika 1

contoh gambar proyeksi amerika

2. Contoh Gambar Proyeksi Amerika 2

contoh proyeksi amerika

3. Contoh Gambar Proyeksi Amerika 3

contoh proyeksi amerika

Diatas merupakan pembahasan mengenai proyeksi amerika mulai dari pengertian proyeksi amerika, ciri ciri proyeksi amerika, dan cotoh gambar proyeksi amerika. Semoga menambah wawasan dan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Mengenal Gambar Proyeksi Amerika (Pengertian, Ciri Ciri, dan Contoh)"