Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal 4 Cara Menyetel Wiper Mobil

Konten [Tampil]

Cara Menyetel Wiper Mobil - Wiper mobil merupakan salah satu komponen yang memerlukan perawatan dan penyetelan. Penyetelan pada wiper mobil bertujuan agar wiper dapat menjangkau seluruh bagian pada kaca depan mobil sehingga apabila ada kotoran tidak mengganggu jarak pandang pengemudi. Lalu bagaimana cara menyetel wiper mobil?

Sistem wiper pada mobil berfungsi sebagai penyapu air atau kotoran yang terdapat pada kaca mobil bagian depan maupun belakang. Sistem wiper ini terbuat dari karet dan dapat dikontrol gerakkannya dari dalam ruang kabin pengemudi. Gerakan naik turun wiper ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Namun terkadang dikarenakan baut kendor atau sebagainya menyebabkan wiper tidak dapat menjangkau seluruh kaca kendaraan. Apabila hal ini dibiarkan tentunya akan menyebabkan jarak pandang pengemudi berkurang karena kotoran masih menutupi. Selain itu kerusakan dapat terjadi pada sistem wiper mobil.

Oleh karena itu diperlukan penyetelan agar jarak jangkauan wiper sesuai dengan kebutuhan. Untuk lebih jelasnya mengenai cara menyetel wiper mobil akan dibahas pada artikel berikut ini.

cara menyetel wiper mobil

Cara Menyetel Wiper Mobil

Sebenarnya cara menyetel wiper mobil tidaklah sulit dan dapat dilakukan sendiri dirumah. Selain itu juga tidak memerlukan alat khusus atau sst melainkan hanya menggunakan kunci pass ring ukuran 12. Untuk lebih jelasnya berikut pembahasan mengenai cara menyetel wiper mobil.

1. Mempersiapkan Alat Dan Bahan

Langkah pertama dalam proses penyetelan wiper mobil adalah mempersiapkan alat dan bahan. Sebenarnya alat yang dibutuhkan juga sangat sederhana yaitu hanya menggunakan kunci pass ukuran 12. Kunci pass ring ini yang akan digunakan untuk membuka baut pengunci wiper arm.

2. Membuka Tutup Wiper Arm

Pada bagian bawah dekat dengan engsel wiper arm terdapat tutup wiper arm. Tutup ini berfungsi untuk melindungi baut pengunci wiper arm dari air sehingga akan terjadi oksidasi dan berkarat. Buka tutup wiper arm ini dengan cara menarik keatas. Apabila kesulitan dapat menggunakan obeng (-) untuk membantu mencongkel tutup tersebut.

3. Mengendorkan Baut Pengunci Wiper Arm

Apabila tutup wiper arm sudah dibuka maka akan nampak baut pengunci yang memiliki ukuran 12 Untuk menyetel wiper maka kendorkan baut pengunci ini dengan memutar ke arah kiri atau berlawanan dengan arah jarum jam. Kendorkan sampai baut pengunci terlepas.

Setelah terlepas ketok sedikit pada bagian pengunci wiper arm agar kotoran hilang. Kemudian tarik keatas wiper arm sampai terlepas dari dudukannya. Pasang kembali dan posisikan wiper arm sesuai kebutuhan. Apabila terlalu keatas maka posisi wiper arm sedikit diturunkan. Sebaliknya apabila posisi wiper terlalu ke bawah maka posisikan wiper sedikit ke atas.

Setelah posisi tepat, maka masukkan kembali wiper arm ke dudukannya sambil ditekan secara perlahan agar wiper arm dapat masuk tepat ke dalam dudukannya. Setelah itu pasang kembali baut pengunci wiper arm dan kencangkan dengan memutar ke arah kanan atau searah jarum jam. 

Namun ada beberapa wiper yang tidak menggunakan baut pengunci melainkan menggunakan pengunci yang dapat dilepas dengan cara di congkel menggunakan obeng.

4. Mencoba Setelan Wiper 

Untuk mencegah terjadinya kerusakan maka menaikkan terlebih dahulu posisi wiper (jangan tempelkan ke kaca terlebih dahulu). Setelah itu coba menyalakan saklar wiper, dan pastikan wiper dapat bergerak dengan baik serta jangkauan pergerakan tidak melebihi bidang kaca. 

Setelah wiper dapat bergerak naik turun dengan baik kemudian matikan dan tempelkan wiper ke kaca dan nyalakan kembali untuk mengukur jarak jangkauan wiper apakah sudah sesuai atau belum. Apabila sudah sesuai maka pasang kembali tutup baut pengunci wiper arm. Apabila belum sesuai maka dapat mengulangi langkah 3 sampai ditemukan setelah wiper mobil yang benar atau sesuai kebutuhan.

Diatas merupakan pembahasan mengenai cara menyetel wiper mobil yang benar. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Mengenal 4 Cara Menyetel Wiper Mobil"