Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal 7 Langkah Mudah Cara Menyetel Karburator

Konten [Tampil]

Cara Menyetel Karburator - Karburator memerlukan berbagai perawatan dan penyetelan agar dapat berfungsi dengan baik. Terdapat beberapa cara untuk menyetel karburator. Bagaimana cara menyetel karburator?

Karburator merupakan bagian dari motor atau mobil yang masih menggunakan sistem bahan bakar konvensional. Karburator ini berfungsi untuk mengatur dan mengabutkan bahan bakar agar sesuai dengan kebutuhan mesin. Tanpa karburator yang bekerja dengan baik maka diperlukan perawatan dan penyetelan agar karburator tetap terjaga dalam perfoma terbaik.

Terdapat beberapa cara yang dilakukan untuk menyetel karburator dengan benar. Cara menyetel karburator sebenarnya sangat mudah dan dapat dilakukan sendiri tanpa perlu ke bengkel. Selain itu tidak membutuhkan alat khusus cukup menggunakan obeng dan tang saja. 

Untuk lebih jelasnya mengenai cara menyetel karburator akan dibahas lebih lanjut pada artikel berikut ini.

Ciri Ciri Karburator Perlu Dilakukan Penyetelan

Namun sebelum menyetel karburator perlu diketahui mengenai ciri ciri karburator yang perlu disetel terlebih dahulu. Ada beberapa ciri yang dapat dirasakan maupun dilihat secara visual apabila karburator perlu dilakukan penyetelan yaitu:

1. Mesin Brebet

Mesin brebet biasanya sangat tergantung dari setelan karburator. Hasilnya air fuel ratio tidak sesuai dengan kebutuhan sehingga menyebabkan kerja mesin tidak maksimal. Mesin brebet biasanya dikarenakan setelan angin yang tidak tepat baik berlebihan atau kurang.

2. Mesin Susah Di Hidupkan

Mesin susah di hidupkan atau dinyalakan juga dapat berasal dari setelan karburator yang tidak tepat. Apabila jumlah bahan bakar yang dialirkan terlalu sedikit tentunya akan menyebabkan mesin susah dinyalakan atau bahkan tidak menyala.

3. Busi Motor Basah

Busi motor basah biasanya disebabkan oleh karburator yang banjir. Karburator banjir ini disebabkan oleh setelan yang tidak tepat. Hal ini menyebabkan bahan bakar yang dialirkan keruang bakar menjadi banyak dan sebagian tidak terbakar. Bahan bakar yang tidak terbakar inilah yang menyebabkan busi menjadi basah.

4. Tenaga Mesin Berkurang

Tenaga mesin berkurang merupakan ciri terakhir apabila karburator perlu dilakukan penyetelan. Hal ini biasanya terjadi akibat suplai udara yang kurang sehingga menyebabkan kinerja mesin tidak maksimal. Biasanya karburator tersumbat sehingga suplai udara berkurang.

Cara Menyetel Karburator 

Karburator memiliki peranan penting. Oleh karena itu perlu sekali dilakukan penyetelan karburator. Untuk lebih jelasnya berikut pembahasan mengenai cara menyetel karburator.

cara menyetel karburator

1. Mempersiapkan Alat Dan Bahan

Langkah pertama yang harus dilakukan ketika melakukan penyetelan karburator adalah mempersiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan. Sebenarnya dalam melakukan penyetelan karburator hanya membutuhkan satu alat saja yaitu obeng plus dan minus ukuran sedang. 

Obeng ini digunakan untuk memutar skrup penyetel yang ada di karburator. Terdapat dua jenis sekrup pada karburator. Yang pertama adalah skrup penyetel udara dan yang kedua adalah skrup penyetel gas.

2. Menghidupkan Mesin

Setelah mempersiapkan alat yang digunakan maka cara kedua yang harus dilakukan dalam melakukan penyetelan karburator adalah menghidupkan mesin. Hal ini penting dilakukan untuk mengetahui bagaimana kondisi mesin apakah brebet atau tidak. Selain itu tujuan lain dari menyalakan mesin ketika melakukan penyetelan karburator adalah untuk mendapatkan setelan yang pas.

3. Memutar Skrup Penyetel Gas

Apabila gas dalam keadaan brebet, maka perlu dilakukan penambahan setelan gas pada karburator. Caranya yaitu untuk memutar skrup penyetel gas ke arah kanan atau searah jarum jam dengan menggunakan obeng. Hal ini bertujuan untuk menambah RPM mesin semakin meninggi sehingga mesin tidak akan mati saat dilakukan penyetelan. 

Memutar skrup penyetel gas dilakukan secara perlahan. Selain itu jangan terlalu banyak memutar skrup penyetel gas. Cukup dilakukan 1-2 kali putaran saja sehingga putaran mesin akan meningkat. Usahakan rpm mesin diatas 1500 rpm.

4. Menutup Skrup Penyetel Udara

Langkah selanjutnya yang dapat dilakukan untuk menyetel karburator yaitu menutup skrup penyetel udara.  Pada saat mesin sudah berputar atau memiliki RPM tinggi atau lebih dari 1500 rpm maka dapat dilakukan penutupan skrup penyetel udara. 

Pada saat dilakukan penyetelan skrup penyetel udara pada karburator maka lama kelamaan rpm mesin akan semakin turun. Semakin diputar maka mesin akan semakin brebet karena pasokan udara untuk mesin berkurang. 

Proses penutupan skrup penyetel udara dilakukan terus sampai mentok. Apabila sebelum tertutup penuh mesin sudah mati maka hentikan proses penutupan skrup penyetel udara. Tunggu sampai rpm mesin yang dihasilkan paling rendah.

5. Membuka Skrup Penyetel Udara Sampai RPM Tinggi

Setelah didapatkan setelan skrup penyetel gas yang sudah pas atau berada diatas putaran rpm mesin terendah yang bisa dicapai oleh mesin. Setelah itu putar kembali berlawanan arah jarum jam atau memutar ke arah kiri.

Dalam hal ini maka feeling harus benar benar diutamakan untuk menentukan setelan mana yang dapat menghasilkan rpm mesin tertinggi.

6. Menurunkan Setelan Gas

Setelah mendapatkan setelan skrup penyetel udara yang pas maka langkah selanjutnya adalah menurunkan setelan gas. Hal ini berguna untuk mengatur idle rpm mesin agar sesuai dengan kebutuhan mesin dan sesuai dengan standar spesifikasi.

Caranya yaitu dengan memutar skrup penyetel gas ke arah kiri atau berlawanan arah jarum jam. Pemutaran dilakukan secara perlahan sampai idle rpm mencapai 900-1000 rpm yang merupakan standar dari mesin motor.

7. Mengetes Setelan Karburator

Langkah terakhir dalam menyetel karburator adalah mengetes setelan karburator apakah sudah sesuai atau belum. Hal ini dapat dilakukan dengan memutar gas secara berulang dan pastikan tidak terdengar suarah aneh dari mesin. Selain itu gas yang diputar juga harus ringan.

Diatas merupakan pembahasan mengenai cara menyetel karburator. Namun harrus diketahui terlebih dahulu mengenai ciri ciri karburator yang perlu disetel. Semoga menambah wawasan dan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Mengenal 7 Langkah Mudah Cara Menyetel Karburator"