Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal 2 Penyebab Alarm Mobil Tidak Bunyi Saat Dikunci Dan Cara Mengatasinya

Alarm Mobil Tidak Bunyi Saat Dikunci - Sistem alarm mobil terkadang mengalami permasalahan, salah satunya alarm mobil tidak bunyi saat di kunci. Lalu apa saja penyebab alarm mobil tidak bunyi saat dikunci? Bagaimana cara mengatasi alarm mobil tidak bunyi saat dikunci?

Sistem alarm sudah menjadi hal utama pada kendaraan. Hal ini dikarenakan dengan adanya sistem alarm maka keamanan pada kendaraan akan lebih terjamin. Apalagi kendaraan sering ditinggal atau diparkir dalam jangka waktu yang cukup lama.

Namun dikarenakan bekerja secara terus menerus menyebabkan sering terjadi eror pada alarm mobil. Terdapat berbagai kerusakan, salah satunya adalah alarm mobil tidak bunyi saat dikunci. Hal ini tentu akan membingungkan dan menambah biaya  pengeluaran.

Alarm mobil yang tidak bunyi ketika di kunci dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Ada yang salah penyettingan ataupun murni kerusakan pada sistem alarm mobil. Selain itu cara mengatas alarm mobil yang tidak bunyi saat dikunci juga berbeda tergantung penyebabnya. Untuk lebih jelasnya mengenai alarm mobil tidak bunyi saat dikunci akan dibahas pada artikel berikut ini.
alarm mobil tidak bunyi saat dikunci

Penyebab Alarm Mobil Tidak Bunyi Saat Dikunci

Terdapat dua penyebab alarm mobil yang tidak bunyi saat dilakukan proses penguncian. Untuk lebih jelasnya berikut pembahasannya.

1. Alarm Mobil Mode Vallet

Alarm mobil dapat disetting atau disetel ke mode vallet. Mode vallet ini berfungsi agar alarm tidak berisik atau berbunyi dengan kata lain alarm masuk kedalam mode senyap. Model vallet adalah sebuah modus dari sistem alarm yang digunakan untuk parking vallet. Valet parking adalah layanan yang diberikan oleh restoran, toko, atau bisnis lain yang mana pemilik kendaraan diberikan nomor parkir kemudian kendaraan di parkirkan oleh petugas khusus. 
 
Dikarenakan yang membawa adalah petugas khusus maka keamanan harus sedikit dilonggarkan terlebih dahulu. Cara melonggarkan adalah menonaktifkan sistem alarm terlebih dahulu. Ciri ciri sistem alarm yang masuk kedalam mode vallet yaitu lampu indikator alarm dan alarm tidak bunyi saat di pencet.

2. Kerusakan Sistem Alarm Mobil

Penyebab kedua alarm mobil tidak bunyi saat dikunci adalah kerusakan pada sistem alarm mobil. Apabila terjadi kerusakan pada rangkaian alarm mobil tentunya akan menyebabkan sistem alarm tidak bekerja. Oleh karena itu alarm tidak akan berbunyi ketika dikunci maupun dibuka.

Kerusaan yang memungkinkan terjadinya alarm mobil yang tidak berbunyi saat dikunci adalah kerusakan pada module alarm maupun sirine. Kerusakan pada modul alarm maka akan menyebabkan tidak adanya arus yang dialirkan untuk mengontrol kerja sirine sehingga menyebabkan alarm tidak berbunyi. Begitu juga apabila terjadi kerusakan pada sirine mobil, apabila arus dialirkan dari control module tetap tidak akan membuat alarm berbunyi dikarenakan sirine mati.

Cara Mengatasi Alarm Mobil Tidak Bunyi Saat Dikunci

Cara mengatasi alarm mobil tidak bunyi saat dikunci yaitu menyesuaikan dengan penyebab utamanya. Untuk lebih jelasnya berikut cara mengatasi alarm mobil tidak bunyi saat dikunci.

1. Mode Vallet

Apabila alarm mobil tidak berbunyi dan indikator alarm menyala secara terus menerus maka dapat disimpulkan bahwa alarm sedang memasuki mode vallet. Oleh karena itu untuk menghidupkan kembali sistem alarm mobil perlu dikembalikan ke mode normal. Cara mengubab mode vallet alarm ke mode normal yaitu:
  • Menghubungi pihak security apabila berada dilingkungan terbuka dikarenakan alarm akan menyala beberapa saat untuk menghindari hal yang tidak di inginkan.
  • Membuka pintu kemudi (pintu depan sebelah kanan)
  • Menekan tombol lock (tombol gembok terkunci)
  • Menekan tombol unlock (tombol gembok terbuka)
  • Menekan tombol lock kembali (tombol gembok terkunci)
  • Melakukan langkah diatas (3,4,5) secara cepat sampai lampu indikator alarm mati. Apabila lampu indikator alarm masih nyala maka lakukan kembali langkah (3,4,5) secara cepat sampai lampu indikator mati.

2. Kerusakan Sistem Alarm Mobil

Apabila setelah dilakukan cara 1 mode vallet namun tidak berhasil maka dapat didiagnosa terdapat kerusakan pada sistem alarm mobil. Oleh karena itu perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut bagian mana dari sistem alarm yang mengalami kerusakan. Setelah itu dapat dilakukan penggantian unit komponen semisal module, sirine, dan lain sebagainya.
 
Namun sebelum mendiangosis ke kerusakan komponen wajib dicek terlebih dahulu hal hal sepele seperti sekering, sambungan kabel apabila sistem alarm variasi, serta tegangan baterai apakah cukup atau tidak.
 
Diatas merupakan pembahasan mengenai alarm mobil tidak bunyi saat dikunci. Pembahasan mulai dari penyebab sampai cara mengatasi alarm mobil tidak bunyi saat dikunci. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Mengenal 2 Penyebab Alarm Mobil Tidak Bunyi Saat Dikunci Dan Cara Mengatasinya"