Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Cara Menyetel Ketinggian Dan Jarak Bebas Pedal Kopling

Konten [Tampil]

Cara Menyetel Pedal Kopling - Kopling merupakan salah satu bagian kendaraan yang harus dilakukan perawatan dan penyetelan. Penyetelan ketinggian pedal kopling ini sangat penting untuk dilakukan agar sistem kopling dapat bekerja dengan baik. Lalu bagaimana cara menyetel ketinggian pedal kopling yang benar?

Kopling pada mobil memiliki peranan yang sangat penting yaitu untuk membantu kemudahan pengemudian dan mengontrol perpindahan gigi transmisi selama berkendara. Kopling ini berfungsi untuk memutuskan putaran dari mesin agar perpindahan gigi dapat dengan mudah dilakukan.

Kinerja yang berat dan harus menahan gaya gesek yang sangat besar menyebabkan setelan kopling lambat laun akan mengalami perubahan. Perubahan ini apabila tidak dilakukan penyetelan maka akan menyebabkan kerusakan pada sistem kopling. Untuk lebih jelasnya berikut merupakan cara menyetel ketinggian pedal kopling pada kendaraan.

Cara Menyetel Ketinggian Pedal Kopling

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menyetel ketinggian pedal kopling. Untuk lebih jelasnya berikut merupakan pembahasan mengenai cara menyetel ketinggian pedal kopling.

A. Cara Menyetel Ketinggian Pedal Kopling

Hal pertama yang dilakukan untuk menyetel kopling dengan benar adalah dengan menyetel ketinggian pedal kopling. Ketinggian pedal kopling didapatkan dari pengukuran dasar lantai atau atas karpet dengan ujung pedal kopling.

Ketinggian pedal kopling pada kendaraan memiliki ukuran yang berbeda-beda. Untuk mendapatkan ukuran ketinggian pedal kopling terbaik adalah mengikuti ukuran penyetelan pedal kopling yang terdapat pada manual book. 

Namun apabila tidak mengetahui pedal kopling dapat dilakukan penyamaan dengan standar ketinggian pedal kopling. Pada umumnya standar ketinggian pedal kopling adalah 159,2 - 169, 2 mm. Namun ukuran ini disesuaikan dengan kebutuhan pengemudi itu sendiri.

Cara menyetel ketinggian pedal kopling adalah sebagai berikut:

  1. Mempersiapkan alat yang dibutuhkan untuk menyetel ketinggian pada pedal kopling biasanya menggunakan kunci pas ukuran 12 da 14. 
  2. Memperhatikan letak baut penyetel ketinggian pedal kopling 
  3. Memutar baut pengunci ke arah kiri agar baut penyetel mudah untuk diputar.
  4. Memutar baut penyetel pedal kopling kearah kiri untuk menambah ketinggian pedal kopling dan memutar kekanan untuk mengurangi ketinggian pedal kopling. Untuk lebih mudahnya sesuaikan dengan ketinggian pedal rem. 
  5. Setelah mendapatkan ketinggian pedal kopling yang sesuai atau pas maka baut pengunci harus kembali dikencangkan agar baut penyetel tidak kembali berubah.
    cara menyetel ketinggian pedal kopling

B. Cara Menyetel Jarak Bebas Pedal Kopling

Setelah mengatur ketinggian pedal kopling maka diperlukan penyetelan jarak bebas pedal kopling. Hal ini bertujuan agar kampas kopling tidak cepat habis karena bergesekan dengan flywheel. Selain jarak bebas pedal kopling bertujuan sebagai toleransi apabila kaki tidak sengaja menginjak pedal kopling. Dengan begitu kopling tidak akan bekerja apabila jarak efektif pedal kopling belum terpenuhi. 

Untuk mendapatkan standar jarak bebas pedal kopling yang terbaik adalah dengan membuka pada manual book kendaraan. Hal ini dikarenakan terdapat perbedaan ukuran jarak bebas pada pedal kopling. Namun untuk ukuran standar jarak bebas pedal kopling biasanya berkisar pada 15-25 mm.

Untuk menyetel jarak bebas pedal kopling harus disesuaikan dengan jenis sistem kopling yang digunakan. Tentunya sistem kopling dengan hidrolik berbeda dengan sistem kopling mekanik. Untuk lebih jelasnya berikut cara menyetel jarak bebas pedal kopling.

#Cara Menyetel Jarak Bebas Pedal Kopling Tipe Hidrolik

  1. Mempersiapkan alat yang digunakan yaitu kunci pas ukuran 8 atau 10
  2. Memperhatikan posisi baut penyetel pedal kopling hidrolik
  3. Memutar batang pendorong hidrolik kopling menggunakan tang. Memutar ke kiri untuk menambah jarak bebas pedal kopling dan memutar ke kanan untuk mengurangi jarak bebas pedal kopling. 
  4. Apabila sudah menemukan jarak bebas pedal kopling yang sesuai kencangkan kembali baut penyetel agar jarak bebas pedal kopling tidak berubah.
    cara menyetel jarak bebas pedal kopling

#Cara Menyetel Jarak Bebas Pedal Kopling Tipe Mekanik

  1. Mempersiapkan alat yang digunakan sesuai dengan kebutuhan yaitu kunci pass 10 atau 12
  2. Memperhatikan baut penyetel jarak bebas garpu pembebas kopling.
  3. Memutar mur ke kiri untuk menambah jarak bebas pedal kopling dan memutar kekanan untuk mengurangi jarak bebas pedal kopling
  4. Apabila ditemukan kopling mekanikal dengan tipe lain maka untuk penyetelan jarak bebas pedal kopling yaitu dengan menarik kabel kopling untuk membebaskan adjusting nut. Setelah bebas putar adjusting nut ke kiri untuk menambah jarak bebas pedal kopling dan memutar ke kanan untuk mengurangi jarak bebas pedal kopling. 
    cara menyetel jarak bebas pedal kopling

Diatas merupakan pembahasan mengenai cara menyetel pedal kopling pada kendaraan. Pembahasan mulai dari cara menyetel ketinggian pedal kopling dan cara menyetel jarak bebas pedal kopling. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Mengenal Cara Menyetel Ketinggian Dan Jarak Bebas Pedal Kopling"