Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Ciri Ciri Modul Central Lock Rusak

Konten [Tampil]
ciri ciri modul central lock rusak
Ciri Ciri Modul Central Lock Rusak - Kerusakan sering terjadi pada rangkaian central lock pada sebuah kendaraan. Salah satu kerusakan yang terjadi pada modul central lock. Lalu bagaimana ciri ciri modul central lock rusak?

Central door lock merupakan salah satu perkembangan teknologi yang terdapat pada kendaraan. Central lock digunakan mengunci pintu secara otomatis menggunakan sebuah remote atau tombol. Oleh karena itu kunci pintu dapat dioperasikan dalam jarak jauh. Hal ini tentunya sangat membantu dalam hal efisiensi keamanan pada kendaraan.

Namun tanpa adanya perawatan, central lock juga sering mengalami kerusakan. Kerusakan pada central lock mulai dari sambungan, aktuator, terutama modul central lock. Modul central lock merupakan bagian vital dari rangkaian central lock karena mengontrol kinerja sesuai dengan kebutuhan pengendara. Apabila pengendara menginginkan untuk membuka pintu maka modul central lock akan mengirimkan sinyal agar aktuator membuka pengunci pintu, begitu juga sebaliknya.

Oleh karena itu apabila terdapat kerusakan pada modul central lock maka kinerja central door lock tentu akan terganggu. Selain itu akan timbul berbagai ciri ciri modul central lock yang mengalami kerusakan. Oleh karena itu perlu dilakukan perawatan agar central lock dapat bekerja dengan maksimal. Mengenai ciri ciri modul central lock rusak akan dibahas lebih lanjut pada artikel berikut ini.

Ciri Ciri Modul Central Lock Rusak

Terdapat beberapa ciri ciri modul central lock apabila mengalami kerusakan. Secara langsung modul central lock yang rusak akan mempengaruhi kinerja dari central lock. Untuk lebih jelasnya berikut merupakan pembahasan mengenai ciri ciri modul central lock rusak.

1. Kunci Central Lock Tidak Berfungsi

Modul central lock merupakan komponen utama dari rangkaian central lock. Modul central lock berfungsi untuk mengontrol kerja dari rangkaian central lock sesuai dengan kebutuhan pengemudi. Apabila tombol kunci atau locking ditekan maka otomatis modul central lock akan memerintahkan aktuator untuk mengunci pintu. Sebaliknya apabila tombol buka atau unlock ditekan maka modul central lock akakn memerintahkan aktuator untuk membuka kunci pintu.

Oleh karena itu salah satu ciri yang timbul apabila modul central lock mengalami kerusakan adalah kunci central lock tidak berfungsi sama sekali. Kunci central lock mulai dari remote sampai saklar tidak dapat digunakan untuk membuka atau mengunci pintu. Hal ini dikarenakan module central lock yang mengontrol kerja tersebut. Tanpa adanya perintah dari module maka central lock tidak dapat bekerja.

Namun kunci central lock tidak berfungsi juga dapat disebabkan oleh kerusakan komponen central lock lain. Oleh karena itu perlu diperiksa mendalam apakah komponen lain dapat bekerja dengan baik atau tidak.

2. Kunci Pintu Terjadi Sebentar Sebentar

Modul central lock yang eror menyebabkan arus yang dialirkan ke aktuator tidak stabil. Akibatnya kadang proses penguncian dan pembukaan kunci terjadi sebentar - sebentar. Jadi kadang pintu terkunci terkadang pintu terbuka.

Hal tersebut tentunya akan mempengaruhi keamanan dan keselamatan dalam berkendara. Oleh karena itu apabila terjadi kerusakan tersebut perlu dilakukan pemeriksaan agar central lock dapat bekerja dengan baik.

3. Remote Central Lock Tidak Berfungsi

Ketika remote ditekan maka frequensi dari remote akan dikirimkan ke module central lock. Module central lock akan mengolah dan mengalirkan arus ke aktuator agar dapat bekerja untuk membuka maupun menutup kunci pintu. Tanpa adanya module central lock yang mengolah input dari remote maka central lock tidak dapat bekerja.

4. Tombol Central Lock Tidak Berfungsi

Sama seperti remote, tombol central lock ketika ditekan juga akan mengirimkan sinyal ke module central lock. Apabila module central lock mengalami kerusakan maka tidak ada yang mengolah sinyal dari central lock. Akibatnya aktuator central lock tidak dapat bekerja untuk membuka dan menutup pintu secara otomatis.

6. Bau Gosong atau Ada Bagian Terbakar Pada Module Central Lock

Apabila timbul bau gosong dari module central lock maka perlu dikhawatirkan terjadi konsleting pada rangkaian module central lock. Apabila casing module dibuka maka akan terdapat bagian jalur yang mengalami kerusakan atau gosong.

Jalur yang gosong dapat disebabkan oleh konsleting listrik atau arus berlebihan yang mengalir kedalam module central lock. Oleh karena itu perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui penyebab terjadinya konsleting. Perlu dilakukan pengecekan kabel-kabel yang mengalami konsleting listrik.  
Diatas merupakan pembahasan mengenai ciri ciri modul central lock rusak. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Mengenal Ciri Ciri Modul Central Lock Rusak"