Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Langkah Cara Mengganti Oli Gardan Mobil Yang Benar

Konten [Tampil]
cara mengganti oli gardan mobil
Cara Mengganti Oli Gardan Mobil - Pada artikel kali ini penulis akan membagikan bahasan tentang cara mengganti oli gardan mobil. Sebelum kita mulai pembahasn inti dari cara mengganti oli gardan tentunya kita harus mengerti jenis – jenis oli yang ada pada mobil kita.

Orang awam pada umumnya hanya mengetahui oli yang ada pada mobil kita adalah oli mesin, padahal ada beberapa jenis oli pada mobil kita antara lain adalah oli mesin, oli transmisi dan oli gardan. Oli mesin adalah oli yang melumasi mesin kita sebagai pelindung mesin pada saat komponen mesin bergesekan dengan komponen lain, oli ini biasa kita ganti melalui lubang atas di cylinder head sebagai lubang pengisian dan lubang dibawah mesin terletak di oil pan sebagai lubang drainase atau lubang pengurasan.

Selanjutnya adalah oli transmisi oli transmisi biasanya terletak pada mobil – mobil matic, oli transmisi khusus untuk melumasi sistem transmisi pada mobil. Oli transmisi sengaja dipisah dari oli mesin dikarenakan transmisi membutuhkan pelumasan khusus dengan tingkat viskositas yang berbeda dengan oli mesin. Selanjutnya adalah oli gardan, oli garda pada dasarnya juga sama dengan oli transmisi akan tetapi membutuhkan pelumasan khusus karena letaknya berada jauh di belakang mobil, dan oli gardan juga butuh tingkat viskositas yang berbeda dengan oli mesin.

Sebelum mengganti oli gardan mobil tentunya alat – alat yang kita pakai juga harus tersedia. Alat- alat tersebut adalah dongkrak, bisa dongkrak botol maupun dongkrak buaya penulis menyarankan dongkrak buaya sebagai alat yang mampu menopang secara maksimal. Selanjutnya adalah jack stand untuk menopang mobil secara keseluruhan, Kunci shock 1 set, kunci ring – pas 1 set, dan obeng 1 set. Selain itu ada alat – alat penunjang lain seperti pipa panjang, botol ari minum yang telah dimodifikasi dengan tutup yang disambung dengan selang, balok kayu secukupnya, dan palu, jangan lupakan pula ada juga nampan sebagai tempat penampungan oli gardan yang telah diganti.

Point selanjutnya adalah tingkat kekentalan oli gardan mobil yang harus pembaca sekalian perhatikan. Dalam hal ini penulis mengambil contoh kijang inova dimana tingkat kekentalan oli gardan yang diperbolehkan pada mobil kijang inova adalah jenis API GL 5 dengan viskositas 80 W atau 90 W. Oleh karena itu perlu di cermati viskositasnya oli gardan mobil.

Apabila viskositas oli gardan kurang dari standar maka tidak direkomendasikan karena bisa beresiko akan perlindungan pelumasannya. Jika pembaca sekalian tidak mengetahui tingkat viskositas yang cocok bagi mobil pembaca sekalian, maka cobalah tanyakan pada toko oli terdekat oli apa yang biasanya dipakai oleh pengguna lain. Sedangkan kapasitas oli gardan yang diperlukan pada mobil inova adalah 3 sampai 3.10 liter, jika sobat juga kebingungan tentang kapasitas oli gardan mobil yang pembaca miliki tanyakan juga pada toko penjual oli terdekat. Untuk lebih jelasnya berikut merupakan pembahasan mengenai cara mengganti oli gardan mobil.

Cara Mengganti Oli Gardan Mobil

Langsung saja ke point utama pembahasan kita adalah cara mengganti oli gardan mobil adalah sebagai berikut:

1. Memposisikan Mobil Di Permukaan Yang Datar

Letakkan mobil pada permukaan tanah yang datar agar pengerjaan dapat lebih aman dan mudah. Ganjal dengan balok kayu atau karet ganjal agar mobil tidak tergelincir pada saat kita membongkar oli gardan

2. Mendongkrak Mobil


Dongkrak mobil dengan dongkrak botol atau dongkrak buaya pada roda. Setelah itu pasangkan jack stand sebagai pengganti dongkra, ada beberapa stage pada jack stand. Mengingat pekerjaan penggantian dongkrak membutuhkan fleksibilitas badan yang cukup tinggi, posisikan jack stand pada stage ke 4 atau ke 5. Sika pembaca sekalian tidak mempunyai jack stand gantilah dengan balok kayu yang disusun.
cara mengganti oli gardan mobil

3. Menguras Oli Gardan Mobil

Selanjutnya ada 2 baut pada gardan, baut diatas adalah baut pengisian oli, dan baut yang bawah adalah baut drainase. Lepaskan baut yang atas dengan menggunakan kuci ring dengan ukuran 16 mm. Selanjutnya posisikan nampan pada lubang dibawah baut drainase. Lalu lepaskan baut drainase dengan kunci 18 mm dan biarkan oli gardan menetes sampai habis.

Sembari menunggu putar roda dengan tangan agar oli gardan bersih, ingat ya pembaca sekalian jangan menyemprot oli gardan dengan kompresor karena kompresor mengandung air, jika air tersebut masuk ke sistem pelumasan efek samping yang terjadi adalah oli akan bercampur dengan air dan akan berubah menjadi lumpur, ini menghambat sistem pelumasan karena viskositas menjadi buruk.
cara mengganti oli gardan mobil

4. Mengisi Oli Gardan Mobil

Setelah oli gardan habis dan tidak menetes, selanjutnya tutup baut drainase dan isikan oli gardan kedalam lubang pengisian oli gardan. mengingat akses bergerak sangat terbatas, penulis menyarankan menggunakan bantuan wadah botol air minum dengan tutup yang dilobangi dan deberi selang agar mudah memasukkan oli kedalam lubang pengisian. Tutup baut oli dengan menggunakan kunci 16 mm tadi.
cara mengganti oli gardan mobil
Selanjutnya periode penggantian oli gardan, oli gardan biasa diganti 1 tahun sekalil 20.000 Km atau 2 tahun sekali 40.000 Km, lebih sering lebih baik tergantung dari penggunaan mobil pembaca sekalian. Saya rasa postingan cara mengganti oli gardan mobil cukup dan mudah - mudahan bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Posting Komentar untuk "4 Langkah Cara Mengganti Oli Gardan Mobil Yang Benar"