Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Berbagai Penyebab Injektor Tidak Keluar Bensin

penyebab injektor tidak keluar bensin
Penyebab Injektor Tidak Keluar Bensin - Injektor merupakan salah satu komponen sistem bahan bakar EFI yang sering kali terjadi kerusakan. Terdapat berbagai macam kerusakan pada injektor salah satunya yaitu injektor tidak keluar bensin. Lalu apa penyebab injektor tidak keluar bensin?

Injektor adalah komponen yang memiliki fungsi untuk menyemprotkan atau menginjeksikan bahan bakar bertekanan. Namun perlu diketahui, sebelum disemprotkan bahan bakar sudah diberikan penekanan terlebih dahulu oleh pompa injeksi. Oleh karena itu injektor hanya sebagai port atau saluran yang akan menambah tekanan dari bahan bakar.

Sebenarnya terdapat berbagai kerusakan pada injektor. Namun kerusakan yang paling sering adalah injektor tidak keluar bahan bakar. Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Terdapat berbagai penyebab injektor tidak keluar bensin sebagai yaitu kerusakan pompa, saluran bocor, kerusakan ecu, kerusakan injektor itu sendiri.

Untuk mengetahui penyebab injektor tidak keluar bensin perlu dilakukan berbagai pemeriksaan. Sebagai contoh perlu memeriksan rangkaian injektor, tekanan bahan bakar, dan lain sebagainya sebelum kita memvonis injektor mengalami kerusakan. Untuk lebih jelasnya mengenai penyebab injektor tidak keluar bensin akan dibahas pada artikel berikut ini.

Penyebab Injektor Tidak Keluar Bensin

Terdapat beberapa penyebab injektor yang tidak mau mengeluarkan bensin atau bahan bakar. Untuk lebih jelasnya berikut pembahasan mengenai penyebab injektor tidak keluar bensin.

1. Kualitas Bahan Bakar Rendah

Kualitas bahan bakar rendah adalah salah satu penyebab injektor tidak keluar bensin. Bahan bakar memiliki beberapa jenis dengan berbagai spesifikasi yang berbeda. Tentunya semakin tinggi spesifikasi bahan bakar memiliki kualitas yang lebih baik. Oleh karena itu gunakanan bahan bakar dengan kualitas yang sesuai dengan kebutuhan mesin.

Apabila kendaraan membutuhkan bahan bakar dengan RON 92 maka gunakan pertamax plus yang sesuai dengan kebutuhan. Namun apabila mesin hanya membutuhkan RON 90 maka gunakan pertamax saja. Kualitas bahan bakar yang baik maka tidak akan menghasilkan endapan yang dapat menyumbat lubang injektor. Sumbatan ini yang menyebabkan injektor tidak dapat menginjeksikan bahan bakar.

2. Pompa Bahan Bakar (Fuel Pump) Bermasalah

Pompa bahan bakar atau fuel pump bermasalah adalah salah satu penyebab injektor tidak keluar. Kita ketahui bahwasanya injektor hanya menyalurkan atau menginjeksikan bahan bakar yang bertekanan. Bahan bakar bertekanan ini dihasilkan oleh pompa bahan bakar.

Oleh karena itu apabila pompa bahan bakar tidak mampu menekan bahan bakar atau jebol maka menyebabkan bahan bakar tidak dapat dialirkan menuju injektor. Akibatnya bahan bakar tidak dapat diinjeksikan oleh injektor.

Pompa bahan bakar yang jebol dapat disebabkan oleh berbagai hal. Penggunaan kualitas bahan bakar serta kerusakan pada filter bahan bakar menjadi penyebab utama pompa bahan bakar jebol. Akibatnya kotoran yang terdapat pada bahan bakar akan masuk kedalam pompa bahan bakar yang menyebabkan kerusakan elemen pompa.

3. Kebocoran Saluran Bahan Bakar

Kebocoran saluran bahan bakar adalah salah satu penyebab injektor tidak keluar bensin. Sistem bahan bakar terdapat selang untuk menyalurkan bahan bakar dari tangki menuju injektor. Apabila terdapat kebocoran saluran bahan bakar maka bahan bakar tidak dapat dialirkan menuju injektor. Akibatnya injektor tidak dapat menginjeksikan bahan bakar ke ruang bakar.

Bahan yang digunakan untuk membuat saluran bahan bakar dapat terbuat dari campuran alumunium dan besi serta karet yang tahan terhadapat zat kimia. Oleh karena itu mudah sekali mengalami kerusakan seperti benturan, karat, sobek, dan lain sebagainya.

4. Kerusakan Electronic Control Unit (ECU)

Kerusakan elektronic control unit atau ECU adalah salah satu penyebab injektor tidak keluar bensin. ECU merupakan otak dari sistem EFI yang mengontrol berbagai sistem EFI pada kendaraan. Hal ini termasuk kinerja injektor.

Injektor terdiri dari solenoid yang akan berubah menjadi magnet untuk membuka saluran injeksi. Untuk mengontrol proses penginjeksian maka ECU akan mengatur lamanya arus listrik mengalir ke injektor. Oleh karena itu bahan bakar yang diinjeksikan akan sesuai dengan kebutuhan mesin.

Namun apabila ECU mengalami kerusakan, maka tidak ada arus listrik yang dialirkan ke injektor. Akibatnya solenoid tidak berubah menjadi magnet dan saluran injeksi tidak terbuka. Oleh karena itu injektor tidak keluar bensin ketika dibutuhkan.

5. Injektor Tersumbat

Injektor tersumbat adalah salah satu penyebab injektor tidak keluar bensin. Apabila saluran injeksi tersumbat tentunya bahan bakar tidak dapat keluar dari injektor. Akibatnya bahan bakar yang dibutuhkan oleh mesin tidak ada dan menimbulkan kinerja mesin yang tidak maksimal.

Injektor yang tersumbat disebabkan oleh berbagai faktor. Kualitas bahan bakar juga termasuk salah satu penyebab injektor tersumbat. Kualitas bahan bakar yang tidak baik akan menyebabkan residu atau kotoran yang dapat menyumbat saluran injeksi pada injektor.

6. Solenoid Injektor Rusak

Selain injektor tersumbat, solenoid injektor rusak juga merupakan salah satu penyebab injektor tidak keluar bensin. Solenoid merupakan komponen utama injektor yang akan mengatur pembukaan injektor. Apabila terdapat kerusakan pada solenoid injektor tentunya akan menyebabkan injektor tidak mampu membuka dan menginjeksikan bahan bakar ke ruang bakar.

Solenoid terdiri dari kumparan kawat yang akan berubah menjadi elektromagnet apabila dialiri arus listrik. Akibat terdiri dari kumparan kawat tentunya akan rawan mengalami open circuit atau putusnya kumparan solenoid. Hal ini akan menyebabkan solenoid tidak dapat berubah menjadi magnet untuk membuka saluran injeksi.

Diatas merupakan pembahasan mengenai penyebab injektor tidak keluar bensin. Terdapat berbagai penyebab injektor tidak mengeluarkan bahan bakar sehingga perlu pemeriksaan lebih lanjut.

Posting Komentar untuk "Mengenal Berbagai Penyebab Injektor Tidak Keluar Bensin"