Mengenal Sudut Dwell dan Sudut Pengapian (Pengertian, Dampak)

sudut dwell dan sudut pengapian
Sudut Dwell dan Sudut Pengapian - Sistem pengapian memiliki dua jenis yaitu sistem pengapian konvensional dan sistem pengapian elektronik. Pada sistem pengapian konvensional memanfaatkan sudut dwell dan sudut pengapian untuk menghasilkan api yang kuat untuk proses pembakaran. Lalu apa sebenarnya sudut dwell dan sudut pengapian?

Pada sistem pengapian konvensional menggunakan kontak platina atau breaker point untuk menghasilkan bunga api yang kuat untuk proses pembakaran. Kinerja kontak platina ini berhubungan dengan kedua sudut tersebut. Untuk mengatur bagaimana kontak platina membuka dan menutup, sudut dwell dan sudut pengapian memiliki peranan yang sangat penting. Selain itu sudut dwell dan sudut pengapian akan menyesuaikan kerja kontak platina agar sesuai dengan kebutuhan mesin.

Oleh karena itu sudut dwell dan sudut pengapian memiliki peranan yang sangat penting. Apabila sudut dwell dan sudut pengapian tidak sesuai maka dapat menyebabkan berbagai permasalahan pada kinerja mesin. Untuk lebih jelasnya mengenai pengertian sudut dwell dan pengertian sudut pengapian akan dibahas pada artikel berikut ini.

Pengertian Sudut Dwell

Pengertian sudut dwell adalah sudut yang terbentuk ketika kontak platina menutup sampai kontak platina mulai membuka. Artinya sudut dwell adalah sudut yang terbentuk lamanya kontak platina menutup. Ketika kontak platina menutup maka arus listrik dari baterai akan mengalir ke kumparan primer koil untuk menghasilkan induksi elektromagnet.  

Kontak platina akan menutup ketika breaker point kehilangan tumpuan pada cam lobe. Cam lobe ini adalah tonjolan yang terdapat pada poros distributor untuk mengatur kerja dari kontak platina dan disesuaikan dengan putaran mesin. Selain itu besarnya sudut yang terbentu ketika platina menutup ini juga disesuaikan dengan spesifikasi mesin. Mesin 4 cylinder tentunya memiliki sudut dwell yang berbeda dengan mesin 3 cylinder, begitu pula sebaliknya.

Pengertian Sudut Pengapian

Pengertian sudut pengapian adalah sudut yang terbentuk ketika kontak platina mulai membuka sampai mulai membuka pada tonjolan cam selanjutnya. Artinya sudut pengapian adalah besarnya sudut yang dibutuhkan oleh mesin untuk satu kali proses pengapian. Proses pengapian ini terjadi pada satu langkah tiap cylinder. Oleh karena itu untuk mengetahui besarnya sudut pengapian dapat dilakukan dengan satu putaran atau 360 derajat dibagi Z atau jumlah cylinder.

Cara Menghitung Sudut Dwell atau Sudut Pengapian

Sudut dwell dan sudut pengapian dapat diketahui nilainya melalui perhitungan, buku manual, ataupun menggunakan alat ukur. Didalam buku manual sendiri terdapat berbagai standar termasuk besarnya sudut dwell. Selain itu terdapat juga alat ukur dwell tester yang digunakan untuk mengetahui besarnya sudut dwell secara otomatis. 

Namun selain menggunakan kedua cara tersebut, terdapat cara menghitung sudut dwell dan sudut pengapian. Terdapat rumus perhitungan yang dapat digunakan untuk mengetahui besarnya sudut dwell dan sudut pengapian.
Sudut Pengapian = 360 (1 Putaran) : Z (Jumlah Silinder)
Dengan menggunakan rumus tersebut maka akan didapatkan besar sudut pengapian sebagai berikut:
  1. Sudut Pengapian Mesin 3 Silinder = 360:3= 120 derajat
  2. Sudut Pengapian Mesin 4 Silinder = 360:4= 90 derajat
  3. Sudut Pengapian Mesin 6 Silinder = 360:6= 60 derajat
  4. Sudut Pengapian Mesin 8 Silinder = 360:8= 45 derajat
Sementara itu untuk cara menghitung sudut dwell sedikit berbeda dengan sudut pengapian. Cara menghitung sudut dwell yaitu
Sudut Dwell = 60% x Sudut Pengapian = 60% x (360:Z) (tingkat toleransi lebih kurang sebesar 2
Dengan menggunakan rumus tersebut maka akan didapatkan besar sudut dwell sebagai berikut:
  1. Sudut Dwell Mesin 3 Silinder = 60% x 120 = 72 土 2
  2. Sudut Dwell Mesin 4 Silinder = 60% x 90 = 54 土 2
  3. Sudut Dwell Mesin 6 Silinder = 60% x 60 = 36 土 2
  4. Sudut Dwell Mesin 8 Silinder = 60% x 45 = 27 土 2

Pengaruh Sudut Dwell Terahadap Pengapian

Sudut dwell harus selalu sesuai dengan standar. Oleh karena itu pada proses tune up harus melakukan penyetelan sudut dwell. Penyetelan sudut dwell sebenarnya sangat mudah yaitu tinggal merubah gap atau celah dari kontak platina.

Besarnya sudut dwell berbanding terbalik dengan celah platina. Apabila celah platina terlalu besar maka sudut dwell akan semakin kecil. Sebaliknya apabila celah platina terlalu kecil maka sudut dwell akan semakin besar. Hal ini dikarenakan besarnya celah platina akan mempengaruhi lamanya kontak platina menutu.

Apabila besarnya sudut dwell tidak standar maka akan timbul berbagai permasalahan pada sistem pengapian. Pada sistem pengapian konvensional, besarnya bunga api tergantung dari besarnya tegangan listrik yang terjadi pada kumparan sekunder koil. Lonjakan tegangan listrik ini dihasilkan melalui proses induksi elektromagnet dan pemutusan secara tiba-tiba arus listrik yang mengalir pada kumparan primer koil.  Lalu apa pengaruh sudut dwell terhadap pengapian?

1. Sudut Dwell Terlalu Kecil 

Sudut dwell terlalu kecil menandakan bahwa celah kontak platina yang terlalu besar. Apabila celah terlalu besar maka akan menyebabkan arus yang mengalir ke kumparan primer koil sebentar. Hal ini diakibatkan karena durasi penutupan kontak platina juga sebentar. Akibat dari arus yang mengalir ke kumparan primer koil sebentar menyebabkan timbulnya induksi elektromagnet pada kumparan sekunder kecil. Hal inilah yang akan menyebabkan percikan bunga api menjadi kecil sehingga pengapian tidak optimal.

2. Sudut Dwell Terlalu Besar

Sudut dwell terlalu besar menandakan bahawa celah kontak platina terlalu kecil. Apabila celah terlalu kecil maka arus yang mengalir ke kumparan primer koil akan lama. Durasi aliran arus pada kumparan primer lama akan membuat terbentuknya induksi elektromagnet yang besar pada kumparan sekunder koil. Hal inilah yang akan menyebakan pengapian menjadi besar dan kuat.

Namun aliran arus pada kumparan primer koil yang terlalu lama akan menyebabkan berbagai permasalahan baru. Sebagai contoh adalah terbakarnya kontak platina yang akan menganggu kinerja sistem pengapian dan dapat menyebabkan mobil menjadi mogok. Selain itu diperlukan penggantian kontak platina dengan durasi pemakaian yang lebih pendek sehingga akan menguras isi kantong kalian.

Diatas merupakan pembahasan mengenai sudut dwell dan sudut pengapian. Pembahasan mulai dari pengertian sudut dwell, pengertian sudut pengapian, cara menghitung sudut dwell dan sudut pengapian, serta pengaruh sudut dwell terhadap pengapian

Posting Komentar untuk "Mengenal Sudut Dwell dan Sudut Pengapian (Pengertian, Dampak)"