Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Langkah Mudah Cara Mengganti Kampas Rem Mobil

cara mengganti kampas rem mobil
Cara Mengganti Kampas Rem Mobil - Kampas rem pada sistem rem kendaraan memiliki masa pakai. Oleh karena itu perlu perawatan agar kampas rem dapat bekerja sebagaimana mestinya. Lalu bagaimana cara mengganti kampas rem mobil?

Sistem rem pada sebuah mobil adalah hal yang sangat vital bagi mobil. Fungsi utama rem adalah untuk memperlambat laju mobil agar mobil bisa kita kendalikan, dalam segi keamanan rem berfungsi sebagai pengaman mobil pada saat kecepatan tinggi agar mobil tidak mengalami tabrakan dengan mobil di depannya. Tentunya sangat penting sekali fungsi rem dalam mobil kita maka dari itu rem harus dirawat secara berkala.

Ada berbagai tipe rem pada mobil yang pertama adalah rem tromol, dan rem cakram. Pada kedua jenis rem terdapat kampas rem yang terbuat dari materialkan andesit, atau campuran yang memiliki gaya gesek yang tinggi. Keduanya sama efektif daya pengeremannya terhadap mobil tergantung dari bahan kampas rem maupun kampas tromolnya.

Perawatan atau perbaikan sistem rem pada mobil sangat penting, terutama pemeriksaan kampas rem. Kampas rem merupakan bahan cepat habis dan perlu diperiksa dan diganti secara berkala. Kampas rem tromol biasanya diletakkan di ke dua roda belakang mobil. Rem tromol belakang jadi satu dengan hand brake atau rem parkir atau rem tangan, maka dari itu perlu benar benar diperhatikan cara penggantiannya agar rem bekerja maksimal setelah diganti. 

Kampas rem selalu bergesekan dengan tromol ketika pengereman terjadi. Oleh karena itu perlu penggantian secara berkala. Untuk lebih jelasnya mengenai cara mengganti kampas rem mobil akan dibahas lebih lanjut pada artikel berikut ini.

Cara Mengganti Kampas Rem Mobil

1. Mempersiapkan Alat dan Bahan

Hal pertama kali yang perlu diperhatikan dalam mengganti kampas rem adalah cermati secara penuh dan fahami nama – nama komponen sistem rem agar pembaca lebih faham dalam membaca langkah kerja yang penulis sebutkan baerikut gambar keseluruhan komponen sistem rem tromol. 

Sebelum rem dibongkar persiapkan pula tools atau alat – alat dan bahan – bahan yang diperlukan antara lain:
  • Kunci shock 1 set,
  • Kunci pas ring 1 set, 
  • Obeng min dan plus sepasang ukuran kecil dan sepasang ukuran panjang san sepasang ukuran besar, 
  • Kunci roda cross atau kunci roda leter X, 
  • Dongkrak botol atau dongkrak buaya
  • Jack stand atau balok kayu 
  • Amplas 250 yaitu amplas apabila tidak menemukan amplas 250 pilihlah amplas kasar yang tersedia dan mudah didapatkan,
  • Grease atau vet atau vasaelin,

2. Memposisikan Kendaraan Di Tempat Yang Datar

Langkah pertama adalah posisikan mobil berada pada kondisi lantai datar, ini bertujuan agar mobil tidak tergelincir pada saat kita membongkar roda belakang dan men treatment sistem rem kita, mengingat roda belakang yang akan kita bongkar otomatis hand brake juga kita lepas jadi harap diperhatikan dan bersikap hati – hati dalam bekerja.

3. Mengendorkan Baut Roda Mobil

Langkah ke dua sebelum mobil di dongkrak ganjal roda depan dengan balok kayu di sisi depan roda maupun belakang roda depan baik di kiri maupun kanan roda. Selanjutnya lepaskan baut roda dengan kunci roda cara melepaskan kunci roda dengan pola menyilang contohnya bila baut yang tersedia adalah sebanyak 4 roda mulai dari baut atas kemudian bawah kemudian kiri disusul baut kanan, sesuaikan pola tersebut tergantung banyaknya baut yang tersedia. Lakukan pelepasan baut roda kepada 2 ruda belakan kiri dan kanan, ingat jangan sampai baut terlepas total hanya kendorkan saja, ini mencegah agar roda tidak terlepas sebelum mobil didongkrak

4. Mendongkrak Mobil

Langkah ke tiga dongkrak roda kiri dengan dongkrak buaya atau dongkrak botol tergantung dongkrak mana yang sudah dimiliki pembaca sekalian saran penulis dongkrak yang dipakai adalah dongkrak buaya karena ukurannya lebih menunjang pekerjaan lifting mobil. Posisikan dongkrak pada frame mobil atau pada chasis dengan bagian chasis yang kuat dan tebal dan layak untuk digunakan sebagai tumpuan dongkrak dan usahakan dongkrak berada di depan mobil atau pada as mobil dan sediakan sedikit space untuk tumpuan jack stand

Posisikan jack stand pada space yang telah di sediakan tadi serta realease dongkrak agar jack stand menumpu badan mobil, letakkan roda dibawah tromol mobil sebagai pengaman dan pencegahan apa bila jack stand mleset dari tumpuan. Lakukan langkah tersebut pada roda kanan juga.
cara mengganti kampas rem mobil

5. Pembongkaran Unit Rem

Terdapat 3 lingkaran kecil yang ter capture pada gambar di atas, gambar tersebut diambil dari sisi dalam tromol, lobang baut yang dilingkari merupakan lobang baut untuk me realease tromol rem, masukkan baut 12 mm pada lobang tersebut sampai tromol terlepas, apabila penulis tidak menemukan baut 12 mm maka gunakan palu besar dan pukul tromol dari arah luar dengan pola atas, bawah, kiri dan kanan, maka tromol akan terlepas. 

Selanjutnya lepaskan pegas pengikat kampas rem dengan mencongkel pegas menggunakan obeng min kecil lalu lepaskan kampas rem yang sudah tidak terikat dengan pegas, jangan lupa semprot dengan kompresor seluruh komponen dari rem tromol, apa bila tidak punya kompresor maka bersihkan dengan kuas, amati wheel cylinder yang ada agar tidak terjadi kebocoran fluida atau minyak rem. Amplas kampas rem dengan amplas ukuran 250 tadi jangan sampai habis hanya amplas untuk membuka pori – pori dari kampas rem, ini bertujuan agar kampas cepat sesuai dengan tromol rem.
cara mengganti kampas rem mobil

6. Penggantian dan Penyetelan Kampas Rem

Langkah ke – 6 adalah langkah pemasangan dari kampas rem, sebelum di pasang lumasi seluruh bidang yang bergesekan kecuali permukaan kampas rem dengan tromol rem menggunakan grease atau vet atau faselin agar efisiensi mekanis sistem rem bekerja secara maksimal. Setelah itu pasang kampas rem pada pada tempatnya sesuai dengan posisinya. Pasang pegas pengikat dengan mencungkil sisi ujung dengan obeng min kecil. Setelah itu pasang tromol roda pada sistem rem. Sebelum di turunkan stel daya pengereman pada roda dengan memutar adjusting screw kea rah luar cermati gambar dibawah ini agar lebih paham.

Bidang yang ditandai merah adalah adjusting screw di belakangya terdapat lubang penyetelan lakukan penyetelan melalui lubang tersebut dengan menggunakan obeng min besar. Putar tromol dengan tangan tiap kali selesai menyetel kekencangan rem, batas penyetelan adalah pada saat diputar kampas rem dan tromol terasa bergesek akan tetapi tromol masih bisa berputar. Lalu pasang roda dan pasang baut pengikat roda. Setelah selesai di roda kiri lakukan langkah yang sama pada roda kanan. Jika kedua roda sudah terpasang dan penyetelan rem sudah selesai, maka dongkrak kembali mobil untuk me realease mobil. Dan prosedur penggantian kampas rem pun selesai.
cara mengganti kampas rem mobil
Uraian di atas adalah uraian secara singkat bagaimana cara mengganti kampas rem mobil. Hal tersebut semoga dapat mudah dipahami dan membantu bagi pembaca sekalian agar lebih menambah pengetahuan tentang penggantian kampas rem pada mobil. Penulis selalu berpesan agar tetap memonitor dan memaintain atau merawat sistem rem secara berkala agar kenyamanan berkendara dan keamanan dalam berkendara dapat terjaga.

Posting Komentar untuk "6 Langkah Mudah Cara Mengganti Kampas Rem Mobil"