Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Pengertian, Aturan, dan Rambu Rambu K3

pengertian dan rambu rambu K3
Pengertian dan Rambu Rambu K3 - K3 merupakan kepanjangan dari keselamatan dan kesehatan kerja. Informasi yang berkaitan dengan K3 yang sering kali kita temui adalah rambu rambu. Lalu apa sih pengertian rambu rambu K3? Lalu apa saja rambu rambu K3 yang banyak ditemukan pada dunia industri?

Rambu rambu K3 memiliki peranan yang sangat penting pada dunia industri termasuk otomotif. Hal ini sesuai dengan tujuan K3 yaitu untuk memberikan perlindungan terhadap tenaga kerja, barang, dan alat agar senantiasa sehat dan selamat di tempat kerja. Rambu-rambu K3 memberikan berbagai informasi yang boleh, tidak boleh, atau yang harus dilakukan pada suatu tempat tertentu.

Selain pengertian rambu rambu K3, terdapat berbagai simbol baik bentuk, warna, tulisan yang memiliki arti berbeda-beda. Oleh karena itu sebagai seorang tenaga kerja harus mengetahui berbagai arti rambu rambu K3 aja. Hal ini agar kinerja menjadi lebih efektif.

Oleh karena itu rambu rambu K3 sangat dibutuhkan pada dunia industri. Untuk lebih jelasnya mengenai pengertian dan rambu rambu K3 akan dibahas lebih lanjut pada artikel berikut ini.

Pengertian Rambu Rambu K3

Pengertian rambu rambu K3 adalah simbol yang memiliki warna, bentuk, dan tulisan yang berfungsi untuk memberikan informasi yang boleh, tidak boleh, atau yang harus dilakukan pada suatu tempat tertentu. Rambu rambu ini bertujuan agar tercipta perlindungan bagi pekerja, benda, maupun peralatan yang digunakan agar selalu aman dan sehat.

Selain hal tersebut masih terdapat beberapa fungsi lain terkait rambu rambu K3. Fungsi rambu rambu keselamatan dan kesehatan kerja atau K3 adalah
  1. Memberikan perhatian kepada orang terkait adanya bahaya keselamatan dan kesehatan kerja.
  2. Memberikan informasi terkait potensi bahaya yang tidak terlihat di tempat kerja
  3. Memberikan informasi dan pengarahan secara umum
  4. Memberikan informasi kepada kerja terkait tempat yang harus menggunakan alat pelindung diri (APD)
  5. Memberikan informasi terkait letak peralatan darurat keselamatan kerja diletakkan
  6. Memberikan peringatan waspada serta larangan yang tidak boleh dilakukan di tempat kerja 

Aturan Rambu Rambu K3 

Berbagai informasi mengenai keselamatan dan kesehatan kerja atau K3 memiliki fungsi sangat penting untuk kelangsungan hidup dan pekerjaan. Mengingat pentingnya K3 pada saat bekerja, maka yang terdapat undang undang yang mengharuskan penerapan keselamatan dan kesehatan kerja saat bekerja. Undang undang keselamatan kerja di Indonesia adalah No 1 tahun 1970. 

Munculnya undang undang no 1 tahun 1970 adalah untuk menjamin keselamatan kerja bagi para tenaga kerja Indonesia. Maksud lain munculnya undang undang tersebut diantaranya yaitu
  1. Para pekerja dan setiap orang yang berada pada area kerja selalu dalam keadaan selamat dan sehat
  2. Sumber produksi dapat digunakan  secara efektif dan efisien
  3. Proses produksi dapat berjalan dengan lancar tanpa adanya hambatan

Rambu Rambu K3

Dalam penerapan keselamatan dan kesehatan kerja banyak sekali ditemukan penggunaan rambu rambu K3. Rambu rambu terdiri dari berbagai jenis, bentuk, warna, ataupun tulisan yang menunjukan berbagai informasi terkait K3. Penggunaan berbagai hal tersebut bertujuan untuk menarik para pekerja dan orang yang berada di area kerja tertarik untuk membaca dan mantaati rambu rambu K3.

1. Rambu Rambu K3 Berdasarkan Jenis Informasi

Secara umum, rambu rambu K3 atau keselamatan dan kesehatan kerja dapat dibagi menjadi tiga kelompok yaitu
  1. Rambu rambu perintah, merupakan salah satu jenis rambu rambu K3 yang berisikan berbagai perintah yang harus ditaati atau harus dilakukan. Sebagai contoh dilarang merokok, maka diarea tersebut dilarang merokok atau tidak boleh melakukan kegiatan merokok.
  2. Rambu rambu waspada, merupakan salah satu jenis rambu rambu K3 yang berisikan peringatan terkait adanya bahaya pada area tersebut. Sebagai contoh bahan kimia berbahaya, maka diarea tersebut harus waspada karena terdapat bahan kimia yang berbahaya.
  3. Rambu rambu informasi, merupakan salah satu jenis rambu rambu K3 yang berisikan informasi terkait suatu hal. Sebagai contoh area wajib menggunakan APD, maka diarea tersebut harus selalu menggunakan alat pelindung diri lengkap mulai dari sepatu, wearpack, sampai helm.

2. Rambu Rambu K3 Berdasarkan Penggunaan Warna

Sementara itu, rambu rambu K3 juga terdiri selalu berkaitan dengan penggunaan berbagai warna. Pemilihan warna ini bertujuan untuk menarik perhatian terkait kemungkinan adanya potensi bahaya. Oleh karena itu para pekerja atau orang yang berada di area kerja dapat melakukan tindakan pencegahan dini agar tidak terjadi kecelakaan. 

Tidak semua warna digunakan pada rambu rambu K3. Hal ini disesuaikan dengan standar keselamatan dan kesehatan kerja sebagai berikut:
  1. Warna merah dengan konstras tulisan berwarna putih yang memiliki makna larangan pemadam api.
  2. Warna kuning dengan konstras tulisan berwarna hitam yang memiliki makna waspada atau perhatian terdapatnya atau adanya potensi resiko.
  3. Warna hijau dengan konstras tulisan berwarna putih yang memiliki makna zona aman pertolongan atau tidak adanya potensi bahaya.
  4. Warna biru dengan kontras tulisan berwarna putih yang memiliki makna wajib ditaati. Artinya setiap informasi yang berwarna biru harus ditaati atau dilaksanakan.
  5. Warna putih dengan konstras tulisan berwarna hitam yang memiliki makna informasi secara umum.
    pengertian dan rambu rambu K3

3. Rambu Rambu K3 Berdasarkan Bentuk


Selain isi dan warna, rambu rambu K3 juga memiliki berbagai bentuk. Setiap bentuk atau geometri pada rambu rambu K3 memiliki arti dan tujuan yang berbeda-beda. Untuk lebih jelasnya mengenai arti dari bentuk atau geometri rambu rambu K3 sebagai berikut:

  1. Bentuk geometri lingkaran, merupakan jenis rambu rambu K3 yang memiliki makna atau indikasi sebuah perintah yang harus ditaati atau dilaksanakan.
  2. Bentuk geometri segitiga, merupakan jenis rambu rambu K3 yang memiliki makna atau indikasi perhatian atau terdapat potensi bahaya.
  3. Bentuk geometri bujur sangkar, merupakan jenis rambu rambu K3 yang memiliki makan atau mengindikasikan sebuah informasi.
    pengertian dan rambu rambu K3

4. Rambu Rambu K3 Kombinasi Warna Bentuk Simbol atau Tulisan

Rambu rambu K3 biasanya menggunakan kombinasi ketiga hal tersebut baik warna, bentuk, ataupun simbol tulisan untuk memberikan sebuah informasi secara jelas terkait larangan, perintah, atau sebuah informasi umum. Selain itu diantara bentuk geometri dan warna biasanya terdapat tulisan atau simbol gambar yang memperjelas informasi terkait K3. Untuk lebih jelasnya sebagai berikut

  1. Lingkaran berwarna merah dengan garis miring satu ditengah menunjukan informasi larangan atau perintah yang tidak boleh dikerjakan.
  2. Lingkaran dengan warna background biru menunjukan informasi kewajiban atau perintah yang harus dilakukan atau dikerjakan.
  3. Segitiga dengan warna background kuning menunjukan informasi waspada atau adanya indikasi potensi bahaya
  4. Bujur sangkar dengan warna background hijau menunjukan informasi terkait zona aman atau lokasi pertolongan pertama pada kecelakaan.
  5. Bujur sangkar dengan warna background merah menunjukan informasi terkait peralatan untuk pemadaman api.
  6. Bujur sangkar dengan background putih menunjukan informasi secara umum.
    pengertian dan rambu rambu K3
Selain hal diatas masih terdapat berbagai jenis rambu rambu K3 yang banyak ditemukan di industri termasuk otomotif maupun workshop kendaraan. Untuk lebih jelasnya berikut beberapa contoh terkait rambu rambu K3.

pengertian dan rambu rambu K3
Oleh karena itu perlu dipahami baik pengertian rambu rambu K3 maupun arti dari setiap jenis rambu rambu K3 sehingga tercipta keselamatan dan kesehatan saat melaksanakan pekerjaan.

Posting Komentar untuk "Mengenal Pengertian, Aturan, dan Rambu Rambu K3 "